SHARE

Mendidik anak merupakan sebuah tanggung jawab dan bukan suatu hal yang mudah bagi orang tua. Dan setiap orang tua pun memiliki metode tersendiri untuk mendidik anak dengan baik. Oleh karena itu disini penulis akan berbagi bagaimana cara mendidik anak secara benar dan islami dari ustad Farid Ahmad yang mungkin belum pernah anda ketahui sebelumnya.

 

Berikut 7 Rahasia Mendidik Anak dari Ustdz Farid Ahmad

1. Ketika Anak Menangis

Ketika anak mu sedang menangis maka janganlah kamu membuang waktu untuk mendiamkanya. Coba tunjuk burung di langit agar sang anak melihatnya, ia akan segera terdiam. Karena psikologis manusia di saat menangis ialah merunduk.

2. Ketika Anak Tidak Mau Berhenti Bermain

Ketika anak tidak mau berhenti unutk bermain jangan langsung berkata “ ayo sudah mainya “ tetapi cobalah katakan kepada merka “mainya 10 menit lagi ya dek”  kemudian kembali ingatkan “ 5 menit lagi ya dek “ dan kemudian katakan kepada mereka “ ayo waktu untuk bermain sudah habis  ”. dengan begitu mereka akan berhenti dengan sendirinya.

3. Ketika Mereka Berbuat Gaduh

Ketika ada sekelompok anak sedang bermain di halaman rumah dan berbuat gaduh jangan lah langsung menegur. Keluarlah dan katakan kepada mereka “ ayo siapa yang mau dengerin cerita saya ” dengan begitu salah satu akan unjuk jari dan di ikute oleh teman teman yang lainya dan semuanya akan diam.

4. Ketika Menjelang Tidur

Ketika anak mau tidur katakan kepada mereka “ ayoo tidur dek, besok pkan kita harus sholat subuh “ dengan begitu anak akan terbiasa mengingat sholat. Jangan katakan “ayo tidur, besok kan adek harus sekolah “ .

5. Nikmatilah Masa Kecil Anak

Nikmatilah masa kecil anak anakmu, karena waktu akan berlalu sangat singkat. Kekanak kanakan dan Kepolosan  mereka tidak berlangsung  lama, ia akan menjadi kenangan. Tertawalah bersama mereka, bermainlah bersama mereka,becandalah bersama mereka. Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dengan cara yang menyenangkan sambil bermain.

6. Habiskan Waktumu Dengan Anak-anak

Tinggalkanla HP sebentar  kalau bisa, dan matikan TV juga . Jika ada teman yang menelpon, katakan “Maaf saat ini aku sedang sibuk mendampingi anak-anak”. Semua ini tidak menyebabkan jatuhnya wibawamu, atau hilangnya kepribadianmu. Orang yang bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu dan menguasai pendidikan anak.

7. Berdoa

Selain itu, jangan lupa berdoa dan bermohon kepada Allah, agar anak-anak kita menjadi perhiasan yang menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here