Menjalani hidup di dunia ini hanya sekali, semua orang berjuang meraih mimpi yang ia inginkkan, mereka melakukan segala cara agar selalu bahagia, mereka ingin menjadikan hidup beruntung, selalu menjadikan semua orang tersenyum, tidak sedikit dari mereka mengalami kendala di tengah jalan, mengalami pahitnya hidup dan masih banyak lagi. Mereka juga harus berhadapan dengan perasaan dari diri sendiri yang seringkali mood kita yang mengganggu dalam kegiatan sehari-hari.

 

Kita pasti sering berfikir, kenapa kadang kita merasa bahagia dan kadang merasa sedih? hal ini ternyata tergantung bagaimana kita mengelola pikiran kita. Untuk itu beberapa tips berikut kita terapkan untuk selalu menjaga kita dalam keadaan bahagia dan terhindar dari stress yang berlebihan.

Cemas, Khawatir, Negative Thinking

Di dalam buku apapun ternyata negative thinking ini sangatlah meresahkan otak kita, rasa cemas, khawatir merupakan penguras terbesar yang ada dipikiran kita. Diibaratkan kita seorang pemain bulu tangkis yang akan bermain dengan pemain kelas internasional, dalam pikiran kita pasti hanyalah kekalahan, kita akan dipermalukan, kita akan kalah dengan mudah, yang kadang pikiran kita yang akan membuat kita cemas dan mengubah perasaan kita, berbeda saat lawan kita adalah kelas lebih bawah daripada kita.

Mengantisipasi keburukan memang baik, namun berlebihan dalam hal itu hanya menimbulkan kecemasan dan kekawatiran yang mengganggu kegiatan dan konsetrasi sehari-hari.

“Berpikir Berlebihan Apa yang Belum Terjadi” Salah Satu Penyebab Utama Hal di Atas

Cemas, khawatir dan perasaan negative lainnya yang mengubah mood kita ternyata disebabkan kuat oleh “berpikir berlebihan tentang apa yang belum terjadi”. Pemain bulu tangkis akan mengalami rasa cemas, dan khawatir akan kekalahannya, padahal hal itu belum terjadi. Seorang pelajar banyak yang stress karena mau ujian, yang mereka pikirkan jika nilai mereka tidak mencapai standar yang berlaku, padahal ujian saja belum dilaksanakan.

Cobalah untuk kita kontrol perasaan kita, rubahlah pikiran kita menjadi hal yang lebih berguna, pelajar yang mau ujian siapkan dan berlajarlah yang rajin sebelum ujian, pemain bulu tangkis pikirkanlah strategi dalam pertandingan nanti, dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Berhenti Memikirkan Masa Lalu dan Masa Depan

 

Masa lalu adalah kenangan dan masa depan adalah impian merupakan salah satu kalimat motivasi sehari-hari. Orang yang terlalu banyak memikirkan masa lalu maupun masa depan pasti memiliki kehidupan yang kurang berkualitas. Banyak diantara kita yang merasa masa lalunya sangat bahagia tidak seperti sekarang, ada juga yang merasa ketakutan masa depan jika terpuruk, yang kadang menjadikan ketidak-adilan dalam hidup ini, inilah hidup kadang kita di atas kadang juga di bawah.

Masa lalu adalah sebuah pengalaman, yang terpenting sekarang adalah bagaimana membuat hari ini menjadi hari yang terbaik. Lakukan apa yang sekarang dilakukan menjadi yang terbaik, hari-hari yang dilakukan dengan baik akan menghasilkan masa lalu yang baik dan juga masa depan yang terbaik.

Janganlah Melakukan Pekerjaan Yang Tidak Berguna

 

Melakukan pekerjaan yang tidak berguna, hanya membuat kita membuang waktu kita. Pekerjaan yang tidak berguna akan mengganggu pekerjaan utama kita, pekerjaan utama kitalah yang akan membuat kita bahagia. Pekerjaan yang tidak berguna seperti seorang progammer perusahaan meninggalkan tugasnya untuk bermain game, seorang pelajar yang meninggalakan belajarnya untuk bermain, pekerjaan yang belum kelar akan menimbulkan masalah kedepannya, selesaikan tugas anda lalu bolehlah kita bermain saat waktu luang.

Hal ini berbeda dengan membantu orang lain, bantuan dari kita dapat berguna bagi orang lain, mungkin bagi sebagian orang berfikir membantu orang lain adalah hal yang tidak berguna, namun bisa kita rasakan bagaimana dampak dari kita membantu, menurut penelitian orang yang banyak memberi akan memiliki kebahagiaan yang lebih dari pada yang menerima.

Janganlah Memikirkan Kelemahan (Kekurangan) Yang Kita Miliki

Setiap orang memang memiliki kekurangan, tapi kita semua memiliki kelebihan, memikirkan kelemahan diri hanya akan membuat kualitas diri semakin buruk, cobalah untuk menunjukan kepada dunia bahwa inilah kelebihan saya.

Memikirkan Sesuatu yang Bukan Milik Kita

Gadget teman kita lebih bagus? Pasangan yang lain sudah dimiliki orang lain? mungkin salah satu hal ini pernah kita rasakan dan menjadikan stress berat, coba kontrol pikiran kita akan kepemilikan sesuatu yang bukan milik kita, berfikirlah bahwa kita bisa mendapatkannya suatu saat nanti setelah kita membutuhkannya, sekarang pikirkanlah hal yang lebih kita butuhkan daripada kita inginkan untuk kebaikan masa depan kita.

Berhenti Berkumpul Dengan Orang Yang Membuat Anda Sedih

Manusia memiliki sifat yang berbeda, kadang banyak diantara kita dikucilkan oleh suatu kelompok ataupun teman anda, kadang juga ada yang iri dan dengki dengan kita sehingga mereka menjelek-jelekan kita ke teman, keluarga bahkan ke atasan kita. Cukuplah mencampuri mereka yang hanya membuat anda semakin sedih, masih banyak orang lain yang membutuhkan anda dan juga membuat anda semakin bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here