SHARE

Masa remaja merupakan masa dimana terjadi pergolakan batin. Ini karena pada masa ini, mereka umumnya sedang mencari identitas. Dari pencarian identitas itulah, akan mengkategorikan mereka pada gaya hidup mereka. Masing-masing remaja memiliki gaya hidup mereka sendiri. Ini melalui beberapa sebab dan alasan.

Gaya hidup remaja tidak datang begitu saja. Mereka datang melalui sebuah karakter dan pengaruh dari beberapa orang. Oleh karena itu, bimbinglah anak sedari kecil agar saat remaja memiliki filter tersendiri untuk membedakan mana gaya hidup yang baik dan yang buruk.

Pengaruh pada Remaja

Remaja umumnya rentan terpengaruh oleh beberapa kelompok seperti kelompok pertemanan dan kelompok permainan. Mereka akan mengikuti apa yang saat ini banyak digemari terutama pada cara berpenampilan dan cara bertingkah laku. Beberapa kelompok pertemanan dan permainan itu seperti teman sekolah, teman ngobrol dan teman dalam dunia maya.

Teman sekolah memberikan dampak tersendiri karena sebagian waktu mereka dihabiskan di sekolah. Mereka akan saling membujuk untuk mengikuti apa yang disukainya. Contohnya, bagi sebagian remaja yang suka film Korea, maka akan mengikuti gaya hidup orang Korea. Dengan itu banyak muncul restoran khas Korea yang mulai banyak bermunculan.

Teman ngobrol dan teman dalam dunia maya juga memiliki andil dalam membentuk pola gaya hidup pada remaja. Mereka akan memberikan pengaruh dalam topik percakapan yang sering dibahas dan media sosial yang sering digunakan.

Gaya Hidup Masa Kini

Kecanggihan teknologi saat ini pun berdampak pada gaya hidup. Saat ini, para remaja lebih menyukai budaya luar daripada budaya sendiri. Oleh karena itu, gaya hidup mereka pun rata-rata mengikuti budaya barat. Contoh yang nyata seperti adanya pergaulan bebas, laki-laki yang meniru gaya perempuan dan juga gerakan badan dan ucapan.

Kesimpulannya, remaja yang memiliki kelompok pertemanan yang baik, maka mereka juga akan baik. Begitu pula sebaliknya, kelompok pertemanan yang buruk menyebabkan tingkah laku mereka juga akan buruk. Karena itu, pilihlah teman yang akan membawamu ke arah kebaikanm terutama dalam hal penampilan atau gaya hidup.

Untuk menciptakan gaya hidup masa kini, para remaja memiliki sosok yang diidolakan. Nah, untuk menghindari hal buruk, maka banyak sekolah yang memberi peraturan ketat dalam hal pakaian dan kebiasaan. Selain itu, budaya lokal kini juga mulai melakukan akulturasi untuk menciptakan kebaruan. Dengan itu, para remaja sedikit demi sedikit akan menyukai budaya lokal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here