Rencana hidup kadang dibutuhkan oleh sebagian orang, mereka bertanya apakah rencana hidup ini penting bagi kita? rencana hidup biasanya mengarah pada sebuah tujuan yang harus dicapai, tujuan hidup kita hidup di bumi ini.

“Hidup cuma sekali, maka berbuat yang terbaik untuk hidup anda” salah satu pepatah di jalanan

Tujuan Hidup

Ada pepatah mengatakan hidup tanpa tujuan sama saja dengan berjalan tanpa arah, di buku apapun tujuan hidup itu penting bagi kita, tujuan hidup akan memberikan arti siapakah kita, mau jadi apa kita nanti, dan bagaimana kita mendapatkannya? tujuan hidup bisa kita ibaratkan dengan perkiraan berikut :

Jika kita ingin pergi dari Jakarta dengan tujuan Bandung melalui jalan tol, dan ternyata di jalan tol ada kabar bahwa terjadi pemutusan jalan dikarenakan rusak dll, mungkin kita bisa melewati jalan alternatif lain selain jalan tol. Dan jika kita berjalan dari jakarta dengan tujuan tidak tentu, maka bisa anda bayangkan sendiri bagaimana proses akhirnya.

Dari contoh ungkapan di atas bisa kita bayangkan, jika kita hidup perlu sebuah tujuan, dalam menggapai sebuah tujuan semua orang pasti pernah mengalami gagal, jika kita berjalan dari arah jakarta ke bandung dan di jalan tol ternyata ada kerusakan yang membuat kita tidak bisa lewat, maka kita bisa mengambil jalan alternatif lain, sama saja dengan kita, jika kita sudah mempunyai sebuah tujuan dan ternyata ada hambatan, pasti Tuhan telah mempersiapkan jalan lain jika kita selalu berusaha.

Rencana Hidup Untuk Menggapai Sebuah Tujuan

 

Kebanyakan dari kita akan bertanya, rencana hidup untuk lima tahun mendatang atau 10 tahun mendatang, sebuah usaha akan matang jika sudah direncanakan, pepatah lama tujuan tanpa rencana akan menghasilkan tujuan yang kurang maksimal.

Rencana memang dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan, rencana berguna bagi kita dalam menentukan arah dan tindakan dari sebuah tujuan, jika dalam perang diperlukan sebuah strategi, jika dalam sepak bola diperlukan tatanan pemain untuk mendapat sebuah gol dan masih banyak lagi contoh dari sebuah rencana. Untuk itu sebuah rencana penting untuk kita perhitungkan dalam hidup ini. Lalu bagaimana menyusun rencana yang baik? berikut beberapa tips landasan bagi anda yang ingin menyusun rencana :

Tujuan Akhir

Dalam menyusun rencana kita harus mengetahui tujuan utama kita dalam hidup ini, dalam perang tujuan utama adalah memenangkan peperangan, dalam sepak bola tujuan utamanya adalah mencetak gol, koki memiliki tujuan utama untuk menghasilkan makanan yang enak dan disukai oleh banyak orang, begitu juga kita, mau jadi apakah kita nanti? hal ini bisa dikaitkan dengan harapan dan cita-cita kita.

Kapan Kita akan melakukannya?

Waktu salah satu hal yang tabu, bagi negara-negara maju waktu sangatlah mahal, mereka mengisaratkan bahwa waktu adalah uang, waktu tidak bisa berputar ulang, dalam memproses suatu tujuan kita harus tentukan kapan kita akan memulai, kapan kita akan bertindak, hal ini menjadi utama untuk diperhatikan, lebih cepat akan lebih baik karena anda akan melewati waktu yang tak pernah kembali, kendala dan kegagalan memang menjadi hal utama dalam menyusun rencana, namum mereka akan menjadi teman kita, mereka akan mengajarkan kepada kita tentang pelajaran sebuah hidup yang sebenarnya.

Tindakan yang Akan Dilakukan

Selanjutnya langkah yang apa yang perlu kita tempuh? melalui siapa dan dengan proses apa kita akan mencapai sebuah tujuan, jika kita sudah memperkirakan maka kita tulis dan bertindaklah untuk mencapapi tujuan, namun bagaimana jika rencana tindakan kita tidak sempurna? jangan kawatir, karena setelah anda “memulainya” maka anda akan dihadapkan dengan tantangan-tantangan baru yang akan memberi anda pelajaran dalam menyusun rencana baru dan menyempurnakan langkah anda dalam mencapai tujuan.

Rencana Memang Baik, Lebih Utama Adalah Bertindak Atas Rencana Yang Sudah Disusun

 

Rencana tanpa sebuah tindakan? mungkin hanya akan menjadi sebuah mimpi, akan tetapi mimpi yang disertai tindakan akan menghasilkan sebuah tujuan nyata dalam hidup anda. Tindakan itu lebih penting, walau rencana belum matang dan anda berani bertindak untuk memulainya, jangan takut, karena pengalaman akan menyempurnakan rencana anda. Yang terpenting sekarang bagaimana kita melakukan yang bisa kita lakukan sekarang.

Rencana Kita Gagal Total, Rencana Tuhan Akan Lebih baik

Kadang diantara kita banyak yang bertanya, bagai mana jika rencana yang kita buat ternyata gagal total? sebenarnya gagal dalam hidup kita bukanlah yang terakhir, gagal adalah sebuah guru yang mengantarkan kepada keberhasilan, saat anak kecil mencoba bermain korek api dan ternyata tangannya terkena api, anak kecil tersebut akan tahu bahwa api sakit jika mengenai tangannya, begitu juga dengan kita, kegagalan akan memberikan pelajaran bagi kita, bagaimana menyempurnakan rencana kita.

Kadang banyak yang bertanya pada diri sendiri, jika rencana pertama gagal saya harus bagaimana? dari Bong Chandra mengatakan bahwa kita janganlah sibuk untuk mencari rencana cadangan, karena Tuhan sudah memiliki rencana yang terbaik bagi anda.

You don’t need a Plan B, when You have God’s Plan. Bong Chandra

Yang terpenting sekarang adalah bagaimana kita bertindak yang sekarang kita bisa, bahkan ketika anda berani bertindak dengan ketakutan dan dan rasa sakit sekalipun, pada akhirnya anda akan terkejut betapa jauhnya orang lain dibelakang anda.