Terkadang produktivitas kerja menurun, diakibatkan berbagai faktor. Padahal kondisi ini sangat buruk bila terjadi berkepanjangan. Karena kemungkinan besar bisa menerima surat pemutusan hubungan kerja lebih cepat. Jangan sampai hal itu terjadi pada Anda, karena akan merusak citra diri dalam dunia profesional. Sehingga kesulitan mencari pekerjaan di perusahaan lainnya. Agar bisa kembali semangat dalam bekerja, hal apa yang harus Anda lakukan?

Lihat kembali tujuan bekerja

Sebagai contoh Anda sudah berkeluarga, sehingga mencari nafkah dengan bekerja di sebuah perusahaan menjadi kewajiban. Sehingga bisa memberikan nafkah yang baik untuk istri dan anak-anak. Kalau sampai terkena PHK, maka akan berdampak pula pada kehidupan mereka. Jadi lihat kembali foto mereka, bayangkan berbagai impian mereka yang ingin Anda wujudkan dan lain sebagainya. Sehingga Anda akan lebih terpacu semangatnya untuk bekerja lebih rajin dan produktif.

Dengan prestasi kerja Anda yang gemilang,  perusahaan akan merasakan kehebatan dan selalu memberikan kepercayaan kepada Anda. Apalagi kalau perusahaan semakin berkembang dengan kiprah Anda. Dengan kinerja yang baik, kemungkinan besar perusahaan akan memberikan penghargaan, berupa kenaikan gaji, kenaikan jabatan, memberikan bonus istimewa dan lain sebagainya.

Jangan pernah menunda pekerjaan

Kebiasaan seorang pekerja yang harus dihilangkan selamanya adalah selalu menunda pekerjaan. Sehingga mereka sering kehabisan waktu dan mengharuskannya kerja lembur, agar pekerjaannya bisa diselesaikan tepat waktu. Biasanya dalam kondisi itu hasil pekerjaan tidak maksimal dan kesehatan tubuh serta pikiran akan terganggu. Karena terlalu dipaksa atau diporsir untuk bekerja dengan cara yang tidak tepat. Segera kerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab Anda, sehingga bisa bekerja lebih cermat dengan waktu yang tidak terlalu mendesak. Dengan begitu hasil kerja Anda akan lebih baik dan meningkatkan performa perusahaan.

Membuat daftar prioritas kerja

Semua tugas pekerjaan Anda sangat penting. Untuk memudahkan dalam pengerjaannya sangat disarankan untuk membuat daftar prioritas kerja. Anda bisa membuat daftar yang paling penting untuk dikerjakan. Sehingga proses kerja akan lebih mudah dan meringankan beban pekerjaan Anda.