SHARE

Bencana alam atau musibah memang sering terjadi di dunia ini apa lagi sekarang. Banyak sekali tragedi bencana alam yang sangat banyak dan terjadi di berbagai belahan dunia. Entah itu bencana gempa bumi atau sebagainya.

Namun apa lagi bencana yang sering terjadi namun kita sendiri tidak menyadari bahwa hal tersebut sangat berbahaya. Salah satunya adalah bencana terburuk yaitu seperti pencemaran lingkungan atau lainnya yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

Bencana alam yang sering di lakukan manusia ini ternyata juga berdampak sangat buruk bagi manusia. Yang ternyata bisa memicu macam macam bencana alam salah satunya adalah banjir. Banjir juga disebabkan oleh manusia sendiri yaitu karena tidak menjaga kebersihan seperti sampah. Yang menyebabkan hal buruk seperti bencana alam di indonesia yang sering sekali kita rasakan yaitu banjir.

5 Bencana Alam Lingkungan Terburuk Yang Di Rahasiakan Dari Publik

Bencana alam yang disebabkan oleh manusia termasuk dalam golongan bencana alam lingkungan. Walupun tidak semua bencana akibat dari ulah manusia namun juga sebagian besar karena ulah manusia. Jenis – jenis bencana alam yang terjadi pun juga bermacam – macam. Apa saja bencana alam lingkungan tersebut yang ternyata di rahasiakan dari publik berikut penjelasannya.

Tragedi Chernobyl Di Ukraina

tragedi Chernoblyl di ukraina

Kecelakaan yang terjadi pada tanggal 26 April 1986 ini bukanlah kecelakaan biasa. Namun kecelakaan yang sangat fatal ini adalah Kebocoran PLTN Chernobyl yang membuat radioaktif berbahaya terlepas ke udara. Kecelakaan paling mengerikan di dunia ini ternyata menimbulkan hal yang sangat buruk. Bagi warga Utara Ukraina yang tinggal di sekitar tempat tersebut.

Terdapat penduduk yang berjumlah kurang lebih sekitar 6,6 juta jiwa terkena paparan materi radioaktif dari reaktor nuklir. Dampak bencana alam lingkungan ini ternyata membuat efek buruk bagi para penduduk. Yaitu terjadi beberapa kasus yang membuat seseorang mengalami kelainan.

Salah satunya adalah bayi yang lahir cacat, kanker ganas, dan kelainan lainnya. Namun tidak banyak yang tahu kejadian ini hanya penduduk yang terkena musibah ini saja yang mengetahuinya. Seakan akan pemerintah Uni Soviet menutupi kejadian yang mengerikan ini dari publik dunia.

Yang akhirnya akibat bencana alam yang disebabkan oleh manusia ini membuat kota ini mati. Yang tadinya terdapat 50.000 jiwa yang terdapat di kota ini. Kini sama sekali tidak terdapat satu orang pun yang berada di kota tersebut.

Pencemaran Kapal Minyak Exxon Valdez

pencemaran kapal minyak exxon valdez

Bencana alam lingkungan terburuk berikutnya adalah pencemaran minyak. Penyebab dari pencemaran ini merupakan salah satu bencana yang disebabkan oleh manusia. Yaitu kapal besar yang bernama Exxon Valdez ini tenggelam di laut beserta minyak yang di angkut juga ikut tenggelam. Minyak tersebut sekitar 12 juta galon mencemari perairan Alaska yaitu pada tanggal 23 Maret 1989.

Dampak yang paling mengerikan yaitu pada ekosistem yang ada di perairan tersebut. Dan juga hewan yang mencari makan di sekitar perairan alaska ini pun juga ikut mati seperti burung pemakan ikan. Kematian masal ini dari biota laut dan juga unggas diperkirakan mencapai 250.000 ekor lebih yang mati. Dan masih bisa bertambah lagi.

Untuk membersihkan tumpahan minyak tersebut yang di perkirakan kapal Exxon Valdez kerugiannya mencapai 2.1 milyar dolar. Membutuhkan sekitar 11.000 orang termasuk relawan dikerahkan untuk membersihkan minyak di perairan Alaska tersebut.

Tragedi Bocornya Gas Bhopal

bocornya gas bophal di india

Kebocoran ini terjadi pada tanggal 3 Desember 1984 yaitu pada saat malam hari. Gas yang berasal dari pabrik pestisida yang sangat beracun ini ternyata bocor dan meracuni warga disekitar kebocoran tersebut.

Tragedi ini merupakan salah satu kecelakaan industri yang terburuk di dunia. Yaitu bencana yang disebabkan oleh manusia ini menelan korban sekitar 35.000 jiwa. Namun korban paling banyak adalah sekitar 150.000 orang mengalami penyakit yang sangat kronis. Dampak dari gas beracun dari pabrik Union Carbide di Bhopal India.

The Great Smog

the great smog

Bencana ini terjadi pada tahun 1952 yang bernama tragedi The Great Smog. Yaitu kejadian polusi udara yang paling parah dan terburuk di London. Penyebabnya dikarenakan penggunaan batu bara yang berlebihan di kota london sehingga menimbulkan asap sangat tebal.

Asap tersebut ternyata membuat warga London menjadi terserang berbagai macam penyakit selang waktu beberapa minggu. Dan juga terdapat korban yang meninggal karena asap tersebut yaitu sekitar kurang lebih 12.000 orang yang berhasil di identifikasi.

Penyebab bencana yang disebabkan oleh manusia ini yaitu asap dari batubara pabrik industri. Belum diketahui siapa yang disalahkan atau yang bertanggung jawab. Apakah pabrik industri tersebut yang harus bertanggung jawab atau di diamkan saja oleh penegak hukum London. Namun selang beberapa bulan di terbitkanlah undang – undang tentang pencemaran udara atau polusi udara pada tahun 1956.

Lumpur Panas Lapindo Sidoarjo

lumpur panas lapindo

Bencana alam di indonesia ini ternyata berasal dari dalam tanah yaitu gunung lumpur yang meletus. Pemicunya adalah ledakan gas yang menekan lumpur keatas sehingga lumpur meluap keatas atau kepermukaan.

letusan gunung lumpur ini ternyata terjadi karena pengeboran yang di lakukan PT Lapindo Brantas di jawa timur. Sehingga gas dan lumpur yang terkunci di dalam bumi menjadi keluar. Untuk itu hal ini merupakan bencana yang disebabkan oleh manusia.

Volume lumpur yang keluar pun tak tanggung – tanggung beberapa desa tenggelam oleh lumpur. Dan juga terdapat rumah yang hancur akibat lumpur yang kian hari kian bertambah hingga saat ini.

Lebih Menarik Baca : Misteri Inti Bumi Yang Tersulit Untuk Di Pecahkan Ilmuan

Namun saat ini pemerintah terkesan membiarkan hanya waktu awal – awal saja pemerintah menanggapi hal ini. Dan saat ini masih belum diketahui bagaimana nasib dari korban semburan lumpur panas lapindo ini yang ada di sidoarjo.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here