SHARE

Hewan yang memiliki pemimpin. Pada dasarnya setiap makhluk hidup memiliki sebuah koloni seperti hal nya manusia yang dalam realita tidak bisa hidup sendiri. Manusia diciptakan hidup saling berdampingan dan saling membutuhkan.

Bagaimana dengan makhluk hidup lain apakah mereka juga diciptakan saling berdampingan dan membutuhkan. Dalam beberapa hewan memang ada yang hidup saling membutuhkan. Namun sebagian besar masih menerapkan hukum rimba yaitu siapa yang kuat dia yang menang atau berkuasa.

Namun uniknya ada beberapa hewan yang memiliki pemimpin untuk kelangsungan hidup mereka. Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan pemimpin melainkan hewan pun juga mebutuhkan. Berikut adalah 5 hewan yang memiliki pemimpin di dalam koloninya.

Srigala

srigala Spesies alpha

Dalam kawanan srigala ternyata ada pemimpin yang mengontrol para kawanannya saat berburu. Spesies Alpha untuk pemimpin srigala yang sering disebutkan oleh peneliti. Kemudian Beta sebagai bawahannya dan Omega sebagai kambing hitam atau bisa di katakan yang paling lemah dalam koloni.

cara kerja koloni srigala

Omega biasanya sangat di kucilkan oleh koloni tersebut contohnya jika terdapat sedikit makanan dia tidak boleh makan sama sekali. Dan jika terjadi bahaya dia yang pertama kali disuruh maju untuk mengorbankan diri.

Namun srigala adalah makhluk yang memiliki sosial yang sangat tinggi sekali. Berikut adalah contoh dari rasa sosial mereka.

  • Jika salah satu terluka maka srigala yang lain akan mencarikan makanan untuk yang sakit dan menjaganya hingga sembuh.
  • Loyalitas sangat dijunjung tinggi pada srigala seperti srigala betina ikut mengasuh anak srigala lain yang sedang di tinggal induknya.
  • Monogami juga dilakukan oleh srigala tersebut yaitu hanya mengawini satu betina saja hingga salah satu dari pasangan tersebut mati. Barulah bisa mencari pasangan yang lain lagi.
  • Srigala sangat menghormati srigala yang lebih tua entah itu Alpha, Beta dan Omega meraka harus menghormati seniornya.

Lebah Madu

Lebah madu

Dalam sebuah koloni lebah madu ada beberapa jenis lebah yaitu lebah pekerja. Lebah perawat dan juga satu pemimpin lebah atau biasa di sebut lebah ratu. Dalam sistem kerja mereka lebah pekerja sebagai pencari nektar pada bunga. Dan lebah perawat yang seumur hidupnya hanya merawat ratu dan juga di dalam sarang.

Pemimpin lebah atau ratu lebah ini bisa memproduksi sekitar 2.500 butir perhari. Namun siklus hidup mereka sangatlah cepat untuk itu sang ratu memproduksi telur sebanyak itu agar koloninya tetap banyak.

Lebah madu perkerja

Siklus hidup ratu yang berbeda dari lebah lain yang bisa mencapai 2 samapi 3 tahun. Berbeda dengan lebahpekerja dan perawat yang hanya hidup sekita 6 sampai 8 minggu saja. Namun jika lebah menggunakan sengatannya maka setelah itu dan tidak butuh waktu lama leahtersebut akan mati.

Semut

Semut prajurit

Hewan yang memiliki pemimpin berikutnya adalah semut. Biasanya dalam koloni semut terdapat ratu sebagai pemimpin dalam koloni tersebut dan juga semut pekerja. Sama halnya seperti lebah terdapat ratu didalam koloninya dan juga terdapat pekerjanya.

Terdapat berbagai macam semut didalam koloni yaitu semut pejantan, prajurit, dan pekerja. Mereka pun memiliki tugas sendir – sendiri dalam koloni tersebut.

  • Pejantan – yang bekerja untuk kawin dengan ratu untuk menghasilkan telur.
  • Prajurit – yang bekerja untuk menjaga koloni jika terdapat bahaya.
  • Pekerja –  semut ini memiliki peran bekerja untuk mencari makanan dan juga menjaga telur di dalam sarang.

Semut pekerja

Ada berbagai hal yang unik dari semut ini yaitu adalah semut pekerja yang ternyata mereka adalah semut betina. Namun bisa dikatakan mereka merupakan semut yang mandul. Karena tidak bisa reproduksi menghasilkan bayi semut.

Rayap

Rayap yang sering kita kenal sebagai pemakan kayu dan juga buku – buku bekas. Ternyata juga memiliki koloni dan juga pemimpin seperti lebah dan juga semut.

rayap ratu

Ratu rayap berperan sebagai penghasil telur dan hanya berada di sarang saja. Namun siklus hidupnya berbeda dari ratu semut dan juga lebah yang hanya hidup beberapa bulan saja. Yaitu sekitar 20 tahun ratu rayap bisa hidup dan dalam masa hidupnya hanya bertelur saja.

Raja rayap yang selama hidupnya akan menemani sang ratu. Dan hanya terdapat satu raja. Namun ukuran dari raja rayap lebih kecil dari sang ratu.

Nimfa adalah bayi rayap yang akan menjadi rayap pekerja, prajurit, atau laron. Biasanya bayi rayap akan di kontrol oleh sang ratu sesuai kebutuhan koloni entah pekerja atau prajurit.

Rumah rayap

Rayap pekerja yang bertugas untuk membuat sarang dan juga mencari makanan. Dari kelangsungan hidup rayap tersebut bergantung pada pekerja sekitar 80%. Jika populasi pekerja berkurang maka koloni tersebut juga akan terancam kelangsungan hidupnya.

Rayap prajurit populasinya lebih sedikit dibandingkan dengan yang pekerja sekitar 15% saja dari semua koloni. Layaknya sebuah prajurit manusia yang menjaga pemimpin dan rakyatnya. Rayap pun juga seperti itu menjaga pekerja dan juga siap berjuang dan rela mati untuk menjaga koloninya.

Singa

singa betina

Hewan yang memiliki pemimpin berikutnya adalah singa. Mungkin sebagian orang sudah tau bahwa dalam satu keluarga singa atau koloni terdapat satu pemimpin yaitu singa jantan. Tapi singa pejantan justru sangatlah manja atau malas bekerja.

Raja rimba singa jantan

Yang biasanya berburu adalah singa betina dan sang raja rimba ini hanya tidur menunggu makanan datang. Dalam koloni tersebut singa jantan diharuskan sangat kuat dan juga tangguh dalam hal asmara.

Karena betina tidak akan puas dengan kawin dengan satu pejantan saja melainkan bisa melayani lebih dari dua pejantan. Jika betina tidak merasa puas maka pejantan akan ditinggalkan dan akan mencari pejantan lain.

Hewan yang memiliki pemimpin yang sudah di jelaskan di atas mungkin beberapa orang sudah ada yang tau. Dan masih ada banyak lagi hewan yang memiliki pemimpin pastinya. Terimakasih sudah membaca semoga informasi ini bisa bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here