SHARE

Negara yang tidak memiliki gunung. Dalam dunia ini bahwa fakta menunjukan terdapat 2 dataran yaitu daratan tinggi dan rendah. Sebagai contoh dataran tinggi adalah bukit, tebing, dan gunung.

Namun bagaimana jika dalam negara tidak memiliki dataran tinggi tersebut. Karena ternyata ada berbagai negara yang tidak memiliki gunung di wilayahnya.

Sedangkan di indonesia banyak sekali dataran tinggi dan juga gunung. Data yang sudah ada dan di publikasikan pada tahun 2012 bahwa indonesia memiliki 127 gunung yang masih aktif hingga sekarang.

Dan disekitar gunung tersebut terdapat kurang lebih 5 juta penduduk yang bertempat tinggal di sekitar pegunungan tersebut. Bagaimana dengan negara yang tidak memiliki pegunungan. Berikut adalah beberapa negara yang tidak memiliki gunung.

Belarusia

Dari sebagian wilayah yang terdapat di Belarusia rata – rata hanya berupa tanah datar saja. Dataran tertinggi di negara ini hanya 340 meter dan selebihnya seperti perbukitan masih banyak namun tidak terlalu tinggi.

Belarusia

Namun walaupun tidak memiliki gunung negara ini termasuk negara yang subur karena berbagai pertanian di Belarusia juga bagus. Dan bukit hijau yang meninggalkan kesan sangat indah apa lagi saat malam hari dengan pemandangan kota yang sangat keren.

Estonia

Estonia

Negara ini terletak di Benua Eropa bagian utara dan memiliki luas sekitar 45.227 km2 . Dengan jumlah penduduk tergolong sangat sedikit yaitu sekitar 134 juta jiwa saja. Sehingga negara ini merupakan salah satu negara yang jumlah penduduknya paling sedikit di Uni Eropa, NATO, dan Zona Euro.

Negara ini sama sekali tidak memiliki gunung sehingga banyak sekali orang Estonia yang tertarik dengan pegunungan. Rata – rata dataran tinggi disana hanya 50 meter saja dan titik paling tinggi mencapai 318 meter. Walaupun tidak ada pegunungan menurut Bank Dunia bahwa negara Estonia terdaftar sebagai Ekonomi Berpenghasilan Tinggi.

Hebatnya lagi yaitu Perserikatan Bangsa – Bangsa menyatakan bahwa negara Estonia merupakan negara yang maju. Meski tidak ada pegunungan sepertinya warga Estonia bisa berlibur untuk melihat gunung di negara lain.

Moldova

Moldova

Kebanyakan negara yang tidak memiliki pegunungan terdapat di Eropa. Seperti Negara Moldova yang terletak di antara 2 negara yaitu Rumania dan Ukraina di Eropa Timur.

Dengan luas negara tersebut kurang lebih 33.846 kmdan memiliki penduduk sekitar 3.555.200 orang data 2015. Dan dataran tertinggi yang bernama Balanesti Hill yang memiliki tinggi kurang lebih 430 meter.

Selain tidak memiliki gunung Moldova juga tidak punya pantai hal ini disebabkan karena tidak ada akses ke pantai atau laut. Yang menyebabkan harga ikan di Moldova sangat tinggi karena akses yang sangat jauh.

Dan juga jika warga negara tersebut ingin menikmati indahnya pantai maka mereka harus membuat paspor dan visa. Karena untuk menikmati indahnya laut mereka harus pergi keluar negeri berbeda dengan indonesia. Yang sangat banyak memiliki pulau dan juga pantai yang bisa dinikmati kapan saja anda inginkan.

Kuwait

kuwait

Negara yang tidak memiliki gunung berikutnya adalah Kuwait yang berbatasan dengan Arab Saudi dan juga Irak. Memang tidak terdapat gunung disana tetapi Kuwait murapakan salah satu penghasil minyak terbesar dan terkaya di dunia.

Dan titik tertinggi pun hanya 306 meter saja yaitu bernama Mutla Ridge. Dengan luas wilayah kurang lebih 17.820 kmnegara Kuwait juga tidak memiliki danau.

Sebagian besar daratan disana adalah gurun pasir namun sekarang karena perkembangan jaman dan juga negara Kuwait sangat maju. Banyak bangunan yang sangat bagus yang didirikan disana yang membuat negara tersebut tidak tampak gersang karena terdapat banyak gurun.

Latvia

latvia

Sebelum negara ini terbentuk atau berdiri sendiri sebelumnya merupakan bagian dari negara Uni Soviet. Dengan memiliki penduduk sekitar kurang lebih 2 juta orang dan luas wilayah sekitar 64.589 km. Ketinggian daratan negara tersebut berkisar 200 meter saja dan puncak tertinggi adalah 312 meter yaitu di Gaizinkalns.

Walupun negara ini tidak memiliki gunung tetapi Latvia memiliki pantai yang sangat indah. Tidak seperti Moldova yang tidak memiliki pantai sama sekali.

Negara yang tidak memiliki gunung ini ternyata memiliki banyak keunikan salah satunya adalah memiliki ekosistem alami. Yaitu seperti laut dan juga hutan yang masih asli dan belum terjamah oleh manusia karena di jaga dengan sangat bagus.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here