SHARE

Koruptor saat ini sedang gencar – gencarnya di brantas oleh semua negara di dunia. Karena hal ini sangat merugikan sekali negara tersebut dan juga rakyatnya. Namun bagaimana jika koruptor tersebut mengambil uang negara dengan nominal yang hampir tidak bisa kita bayangkan.

Terdapat beberapa daftar negara terkorup di dunia yang sampai saat ini masih menduduki peringkat pertama dalam sejarah. Dan ternyata salah satu peringkat tertinggi korupsi adalah indonesia. Negara mana saja dan siapa saja koruptor yang menduduki peringkat paling atas sepanjang sejarah.

Presiden Terkorup Sepanjang Sejarah Dunia

Bagaimana menurut anda apakah semua perbuatan ini bisa di maafkan. Jika kita berbicara tentang politik di dunia maka sepertinya sangat jarang pemimpin yang benar – benar bisa memimpin dengan bersih.

Dan sepertinya kemungkinan akan muncul kembali koruptor baru yang bisa saja melakukan korupsi lagi. Walaupun semua orang di negara ini tidak ingin adanya hal tersebut. Lantas siapa saja presiden terkorup di dunia ini berikut penjelasannya.

Slobodan Milosevic

slobodan milosevic

Slobodan Milosevic merupakan seseorang yang pernah menjabat presiden di negara Serbia Yugoslavia. Namun seharusnya dia sebagai pemimpin paling tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. Ternyata Presiden ini justru tidak melakukan contoh yang baik tersebut melainkan menyalah gunakan kekuasaan nya.

Namun selama 11 tahun dia menjabat sebagai presiden negaranya mencapai prestasi yang sangat mencengangkan. Yaitu Negara Serbia Yugoslavia masuk dalam daftar negara terkorup di dunia. Tindakan korupsi tersebut tidak tanggung – tanggung mencapai 1 milliar USD.

Sani Abacha

sani abacha

Presiden Nigeria yaitu Sani Abacha menjabat pada tahun 1993 sampai  dengan 1998. Dalam kurun waktu jabatannya tersebut Nigeria yang termasuk dalam Afrika bagian selatan kala itu sedang mengalami perang sipil. Namun kesempatan yang datang ketika negaranya sedang mengalami peperangan digunakannya untuk mengambil uang negara.

Jumlah korupsi Sania Abacha ini mencapai kurang lebih 2 sampai dengan 5 milliar USD. Sungguh angka yang sangat mengejutkan dikala negaranya sedang dilanda perang yang membutuhkan uang banyak untuk biaya perang. Presiden Nigeria ini justru melakukan korupsi.

Untuk itu Sania Abacha menjadi salah satu orang terkenal di negaranya akibat tindakannya tersebut. Tidak hanya di negaranya melainkan juga salah satu koruptor terkenal di dunia.

Mobutu Sese Seko

mobutu sese seko

Mobutu Sese Seko merupakan Presiden Negara Zaire yang saat ini menjadi Republik Demokratik Kongo. Ia menjabat selama 26 tahun yaitu 1971 sampai dengan 1997. Presiden ini sebenarnya sangat berjasa bagi rakyat kongo karena Mobutu Sese Seko ini lah yang mendirikan negara ini.

Namun tindakannya lah yang membuat semua rakyat kongo atau zaire geram. Ia melakukan korupsi yang sangat luar biasa besarnya kurang lebih 5 milliar USD. Yang membuat heran adalah bagaimana caranya dia melakukan tindakan korupsi tersebut selama puluhan tahun menjabat presiden.

Namun akhirnya tindakan korupsinya ini berhasil di ketahui oleh publik. Yang membuat Negara Zaire menduduki peringkat 3 korupsi terbesar sepanjang sejarah.

Ferdinand Marcos

ferdinand marcos

Ferdinand Marcos merupakan salah satu pemimpin terkorup di asia bagian tenggara yaitu di negara Filiphina. Selama masa jabatannya menjadi Presiden Filiphina yaitu 14 tahun. Ternyata dia mampu melakukan korupsi dengan nilai yang fantastis yaitu kurang lebih 5 sampai 10 milliar USD.

Sehingga Ferdinand Macos merupakan presiden terkorup sepanjang sejarah dunia nomor 2. Dan tindakannya tersebut sangat berdampak besar terhadap negaranya dan juga sangat merugikan sekali.

Muhammad Soeharto

muhammad soeharto

Kasus korupsi terbesar di indonesia pada era presiden Soeharto. Peringkat korupsi indonesia di dunia ternyata sangat mengecewakan yaitu nomor 1. Selama hidupnya soeharto lebih banyak hidup di gedung kepresidenan karena lamanya masa jabatannya yaitu 31 tahun.

Dari hasil korupsi yang dilakukan presiden di dunia yang sudah di jelaskan di atas. Tidak ada yang mampu menandingi jumlah korupsi indonesia yaitu sekitar kurang lebih 15 sampai 35 milliar USD. Apakah prestasi ini bisa di banggakan atau tidak karena jarang sekali indonesia mendapat peringkat satu dunia.

Next : Sejarah Alun – Alun Kenapa Ada Di Setiap Kota

Namun walaupun beliau menjadi presiden terkorup sepanjang sejarah dunia. dan juga memiliki hutang negara yang cukup banyak. Tetapi rakyat indonesia sewaktu soeharto menjabat presiden beliau sangat mengedepankan rakyat apa lagi terhadap petani di indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here