SHARE

Majapahit adalah kerajaan yang berada di Jawa Timur atau dalam bahasa jawa di sebut Karaton Majapahit. Dahulu sekitar pada tahun 1293 hingga 1500 Masehi Kerajaan Majapahit ini pernah mecapai puncak tertinggi. Puncak yang di capai adalah menguasai berbagai wilayah yang sangat luas di seluruh nusantara.

misteri benda peninggalan majapahit

Waktu itu Kerajaan Majapahit sedang di pimpin oleh Hayam Wuruk pada tahun 1350 sampai dengan tahun 1389. Namun bukan sejarah majapahit yang akan kita bahas melainkan benda bersejarah indonesia yang ada di luar negeri.

Peninggalan Benda Bersejarah Indonesia di Luar Negeri

Dari semua benda bersejarah di indonesia yang terdapat dalam museum indonesia. Ternyata masih banyak benda benda bersejarah lain yang masih belum ada di indonesia atau tidak ada di indonesia. Bahkan mungkin terdapat ribuan benda bersejarah indonesia yang masih tersebar di negara lain. Yang tentunya masih belum bisa kita bawa ke indonesia.

Padahal hal ini sangat berarti bagi sejarah indonesia dan juga misteri di indonesia yang belum terpecahkan. Entah pada Zaman kerajaan Majapahit atau yang lainnya yang masih memerlukan bukti – bukti dari benda peninggalan tersebut. Apa saja benda bersejarah tersebut berikut adalah penjelasannya.

Benda Bersejarah Pedati Perunggu

benda bersejarah pedati perunggu

Dari penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat benda ini yaitu Pedati Perunggu di duga berasal dari indonesia. Dan dipercayai bahwa benda tersebut berasal dari Zaman Majapahit. Belum diketahui kenapa benda bersejarah dari indonesia ini berada di Amerika.

Benda Bersejarah Babi Perunggu

benda bersejarah babi perunggu

Bentuk babi yang terbuat dari perunggu ini sebagai lambang kemakmuran. Dan lagi – lagi benda ini berada di museum Amerika Serikat. Benda yang berbentuk babi perunggu ini di duga juga berasal dari indonesia yaitu pada masa kerajaan Majapahit.

Benda Bersejarah Tombak Pataka Sang Padmanaba wiranagari

Tombak-Pataka-Sang-Padmanaba-Wiranagari

Senjata yang mirip dengan tombak ini ternyata berasal dari era kerajaan majapahit. Terdapat lambang dari majapahit yang di taruh di tombak pataka ini. Dan Benda bersejarah ini berada di Museum yang berada di USA.

Benda Bersejarah Tombak Pataka Sang Dwija Naga Nareswara

tombak Pataka Sang Dwija Naga Nareswara

Tombak ini diselamatkan oleh Sang Rama Wijaya saat terjadinya serangan dari Kerajaan Gelang – gelang. Dan pada saat itu senjata ini diberikan bendera kerajaan Majapahit yang bernama Gula Kelapa yang artinya Merah Putih.

Yang sekarang diwariskan kepada bendera indonesia yaitu Bendera Sang Saka Merah Putih. Namun benda bersejarah ini tidak terdapat di indonesia melainkan berada di Amerika Serikat.

Benda Bersejarah Patung Ken Dedes Pertama

patung kendedes pertama

Jika kita mengamati sejarah yang ada di indonesia pada masa kerajaan. Ken Dedes merupakan sosok yang sangatlah penting untuk sejarah bangsa indonesia ini. Karena jika tidak ada beliau tidak akan muncul raja – raja besar di indonesia.

Benda ini berada di negara Belanda yang saat itu di temukan di sekitar Jawa Timur oleh seseorang berkebangsaan Belanda. Namun pihak Belanda setuju untuk pengembalian benda bersejarah tersebut ke Indonesia.

Belasan Prasasti Penting

prasasti

Prasasti sangatlah penting untuk menjelaskan bagaimana sejarah indonesia. Karena terdapat cerita atau tulisan di prasasti tersebut. Yang memungkinkan terdapat sejarah yang belum diketahui pada tulisan prasasti tersebut.

Namun beberapa dari banyak prasasti di indonesia di bawa ke Belanda. Seperti Prasasti Sangsang dan juga Wujanaka yang terdapat di museum Tropen. Kemudian Prasasti Guntur yang ada di Rotterdam dan terdapat 6 prasasti lagi yang terdapat di Museum Leiden di Belanda.

Keris Dan Senjata Raja

keris raja

Jika anda mengamati benda ini pasti anda akan berfikir. Bahwa yang memiliki benda ini pastilah orang yang hebat dan juga penting. Dari segi bentuk pasti anda akan ter kagum – kagum dengan senjata yang digunakan para raja ini.

Naskah Keraton Kasunanan Surakarta Yang Hilang

naskah keraton

Naskah ini bisa di bilang benda kuno yang ternyata berisi cerita para leluhur Keraton. Namun ternyata benda tersebut berada di belanda dan masih belum ada kepastian kapan Naskah Kuno ini kembali ke indonesia.

Artefrak Patung Anushapati

patung anusapati

Patung ini di ambil oleh bangsa belanda di Candi Kidal yang terdapat di Malang. Dari berbagai macam artefak terdapat beberapa patung lain yang ikut di ambil oleh belanda. Entah orang Belanda kenapa suka sekali dengan barang antik yang ada di indonesia.

Apakah mereka memang hobi untuk mengumpulkan barang – barang bersejarah tersebut. Ataukah mereka sedang meneliti tentang misteri benda bersejarah karena tidak hanya satu benda bersejarah saja. Melainkan sangat banyak sekali benda bersejarah indonesia yang ada di belanda.

Artefak Patung Ganesha

patung ganesha

Jika artefak patung Anusapati di temukan di Candi Kidal. Artefak ini juga di bawa oleh orang Belanda tidak jauh dari Anusapati yaitu di Candi Singasari. Patung Ganesha tersebut juga terletak tidak jauh dari Candi kidal yang masih sama – sama berada di Malang.

Ketika indonesia mempunyai banyak sekali ragam budaya dan juga sejarah yang sangat luar biasa. Ternyata banyak sekali negara besar yang justru ingin sekali memiliki kekayaan yang ada di indonesia. Seperti halnya benda – benda bersejarah yang sudah di jelaskan di atas.

Begitu pentingnya benda bersejarah di negara lain seperti Amerika Serikat dan juga Belanda. Mereka susah payah membawa benda tersebut dari indonesia ke negara mereka.

Lebih Menarik : Misteri Nyi Roro Kidul Yang Tersembunyi

Bagaimana dengan bangsa indonesia yang justru diam saja begitu banyaknya peninggalan bangsa indonesia yang tidak ternilai harganya. Jika diluar negeri benda bersejarah sangatlah penting maka di indonesia harusnya benda – benda tersebut haruslah di jaga. Karena hanya benda – benda tersebut yang kelak akan mewakili saksi sejarah di indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here