SHARE

Misteri Gunung Salak – Gunung salak merupakan salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung salak ini banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama para pecinta alam, gunung salak memiliki keindahan yang tidak dimiliki oleh Gunung lain, banyak yang mengenal akan keindahan gunung ini dan masyarakat sekitar sudah paham jika gunung ini untuk ilmu pengetahuan bagi para pecinta alam, namun dibalik semua itu Gunung salak menyimpan misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini.

Misteri Gunung Salak mulai muncul di pembicaraan masyarakat seiring banyaknya hal janggal yang terjadi di tempat tersebut mulai dari banyaknya kecelakaan pesawat, pendaki hilang dan yang lain, semua kecelakaan tersebut menimbulkan misteri tersendiri akan keberadaan Gunung Salak.

Misteri Gunung Salak Sukabumi Jawa Barat

Misteri gunung salak mulai mencuat ke publik menjadi topik paling hangat pada saat itu terakhir karena kejadian jatuhnya pesawat canggih dari Rusia yaitu Sukhoi Superjet 100 yang banyak menimbulkan pertanyaan akan sebab terjadinya kecelakaan tersebut, sejak saat itu timbul banyak perdebatan akan misteri gunung salak itu sendiri, masyarakat sekitar sudah menyadari akan keangkeran misteri gunung salak itu sendiri, ternyata selain pesawat asal rusia tersebut sudah banyak pesawat yang jatuh di tempat ini diantaranya adalah :

Helikopter Sikorsky

misteri gunung padang

Pada tanggal 29 Oktober 2003 dimulainya misteri Gunung Salak mulai mencuat, Helikopter Sikorsky S-58 jenis Twinpac tiba-tiba jatuh tanpa sebat di areal kebun kacang dan singkong Bogor, helikopter ini milik TNI Angkatan Udara dimana pangkalan udara terletak di kaki gunung salak, atas kecelakaan ini setidaknya 7 anggota TNI AU meninggal ditempat.

Pesawat Cessna

pesawat jatuh di gunung padang

Kecelakaan pesawat yang ada di gunung salak selanjutnya adalah Pesawat Cessna 185 Skywagon yang jatuh di Danau Lido sekitar Gunung Salak, kejadian ini terjadi pada tanggal 20 Juni 2004 dan menjadi misteri gunung salak mulai ramai dibicarakan terutama bagi masyarakat sekitar.

Pesawat Cassa TNI AU

Kecelakaan selanjutnya adalah pesawat Cassa TNI AU pada tanggal 26 Juni 2008 dengan no seri A212-200 yang jatuh dikawasan Gunung Salak Bogor, Jawa Barat, akibat kecelakaan tersebut setidaknya 18 penumpang meninggal dunia.

Pesawat Sundowner

Pada tanggal 30 April 2009 pesawat latih jenis Sundowner tiba-tiba jatuh di daerah Tenjo Bogor. Korban sempat bernafas namun saat dibawa ke rumah sakit tiba-tiba meninggal di perjalanan. Koraban adalah instruktur penerbangan yang bernama Nicholas

Helikopter Puma

Pada tanggal 12 Juni 2009 terjadi kecelakaan lagi yaitu pesawat milik TNI jenis Helikopter Puma yang jatuh dikawasan Lanud Atang Sendjaja Bogor. Beruntung dalam kecelakaan ii tidak semua penumpang meninggal, ada yang selamat yaitu pilot Mayor (pnb) Sobic Fanani dan kopilot Lettu Wisnu, serta tiga anggota TNI lainnya. Akibat kejadian kecelakaan yang tergolong dalam waktu sangat dekat ini membuat misteri gunung salak mulai meluas dan timbul berbagai kejanggalan.

Pesawat Sukhoi Superjet 100

Pada tanggal 9 Mei 2012 terjadi kecelakaan pesawat baru buatan Rusia dengan nama Sukhoi Superjet 100 dimana pesawat ini baru datang dan sedang melakukan Joy Flight namun tiba-tiba hilang kontak di kawasan Gunung Salak, atas kejadian inilah misteri Gunung salak melebar keseluruh nusantara dan menimbulkan banyak berita misteri akan daerah tersebut. Untuk saat ini gelut.com akan mencoba memabahas tuntas tentang kejadian kecelakaan dari pesawat baru Sukhoi Superjet 100 buatan Rusia ini sehingga menjadikan Misteri Gunung Salak semakin mnjurus ke pelosok negeri.

Misteri Kecelakaan Pesawat Sukhoi Superjet 100 di Gunung Salak

misteri gunung salakSehari setelah kejadian hilang kontak dari pesawat buatan Rusia itu ditemukannya badang pesawat yang telah pecah berkeping-keping, uji coba pesawat itu dilakukan oleh pilot senior Aleksandr Yoblontsev. Dalam uji coba tersebut terdapat 45 penumpang yang terdiri dari 8 kru Rusia, 2 asal Italia, 1 warga Prancis, dan satunya lagi warga Amerika, beberapa anggapan kecelakaan tersebut terjadi karena kesalahan manusia.

Pada tahun 2012 pesawat ini mulai diperkenalkan di dunia karena kehandalannya dan kecanggihannya dalam hal teknologi, namun kecelakaan ini menimbulkan banyak pertanyaan karena pesawat tersebut tergolong masih baru dan belum mengalami kerusakan sama sekali. Beberapa prediksi penyebab terjadinya kecelakaan ini diantaranya adalah :

Kecelakaan Pesawat Akibat Pengaruh Angin

Kecelakaan yang menyebabkan munculnya kabar misteri Gunung salak ini ada yang beranggapan hal ini terjadi karena pengaruh angin, rute penerbangan normal namun tiba-tiba pilot merubah rute karena adanya angin dari arah selatan, biasanya warning alarm akan berbunyi jika ada hal tersebut, namun pilot meminta penurunan ketinggian.

Entah apa maksud penurunan ketinggian ini namun ketinggian pesawat pada saat itu lebih rendah daripada puncak gunung salak itu sendiri, ada beberapa orang beranggapan jika penurunan ketinggian dan mendekati puncak itu untuk menguji kemampuan dari pesawat dimana pesawat akan mencoba menikung tajam menghindari puncak gunung salak, namun pendapat ini banyak yang tidak menyetujui.

Kaitan Dengan Misteri Gunung Salak

Masyarakat sekitar percaya hal ini ada hubungannya dengan misteri gunung salak yang terkenal angker, adanya kabut ataupun benda aneh yang mencoba mengganggu sang pilot sehingga mengganggu penerbangan pesawat tersebut, mitos ini banyak dipercayai oleh masyarakat yang tinggal disekitar Gunung Salak ini.

Baca Juga : Misteri Gunung Padang Merupakan Piramida Terbesar di Dunia

Kejadian Lain Misteri Gunung Salak

Tidak hanya kecelakaan pesawat saja yang terjadi di kawasan Gunung salak tersebut, namun ada kejadian yang terjadi tahun 1987 dimana pada bulan April terdapat 7 pendaki yang berasal dari STM Pembangunan Jakarta Timur, semua pendaki tersebut ditemukan tewas terperosok ke Jurang Curug Orok.

Kejadian ini menimbulkan banyak pertanyaan karena yang terperosok ke jurang tersebut hampir seluruh siswa, entah bagaimana hal itu bisa terjadi namun misteri Gunung salak ini tetap menjadi misteri hingga saat ini.

Sisi Lain Gunung Salak

Gunung Salak memang terkenal sebagai tempat pendidikan bagi pecinta alam khususnya terutama di daerah punggungan Salak II. Gunung ini terkenal dengan jalur yang cukup sulit dan tidak dianjurkan untuk pendaki pemula karena hutannya yang tergolong rapat dan jarang pendaki yang mengunjungi tempat ini.

Di wilayah gunung ini para pendaki harus berhati-hati dalam mencari sumber mata air, karena kebanyakan mata air di tempat ini masih mengandung banyak sulfur yang tidak baik bagi tubuh.

Tidak hanya pada mata airnya, di kawah puncak yang biasa disebut dengan kawah ratu terdapat banyak sulfur dalam bentuk air maupun uap gas sehingga pendaki tidak dapat mendekat karena akan berbahaya bagi tubuh. Para pendaki percaya jika kawah ratu adalah kawah angker yang dihindari oleh para pendaki lainnya.

Namun dibalik misteri Gunung Salak yang beredar di masyarakat, tempat ini memiliki pemandangan dan jalur pendakian yang tidak dimiliki oleh tempat lain, setelah anda sampai di puncaknya anda akan melihat indahnya dunia dari tempat ini. Semua ini merupakan kuasa Tuhan dan kita perlu percaya akan keberadaan misteri tersebut dan lebih menggunakan ilmiah dalam menyimpulkan segala hal.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here