SHARE

Cerita masyarakat indonesia ternyata terdapat banyak sekali. Salah satunya adalah Nyi Roro Kidul salah satu penguasa pantai selatan atau ratu laut selatan. Hingga sekarang legenda Nyai Roro Kidul ini masih sangat diyakini oleh masyarakat pulau jawa.

Terdapat beberapa sebutan nama yang diberikan orang – orang jawa untuk tokoh penguasa pantai selatan ini. Yaitu Kanjeng Ratu Kidul, Ratu Laut Selatan, dan Gusti Kanjeng Ratu Kidul. Setiap nama memang tertuju pada satu orang namun di jawa nama tersebut dari beberapa kalangan mungkin berbeda.

Asal Usul Nyi Roro Kidul

misteri nyi roro kidul

Nyai Roro Kidul pada zaman dahulu merupakan salah satu putri dari Kerajaan Sunda. Yang waktu itu di usir oleh ayahnya dikarenakan kesalahan yang di buat oleh ibu tirinya. Putri tersebut bernama Dewi Kandita yang sangatlah cantik dan juga mempesona ada juga yang menyebutnya Dewi Nawang Wulan.

Didalam cerita tersebut Dewi Kandita meninggalkan kerajaan karena sesuatu hal yang membuatnya marah. Ia di guna – guna oleh orang yang merupakan saingannya di dalam istana sehingga Dewi Kandita menderita penyakit kulit yang cukup parah. Soal marahnya Nyi Roro Kidul atau Dewi Kandita ini menyebabkan ia melompat ke laut kidul yang waktu itu ombak dari laut tersebut sangatlah besar.

asal usul nyi roro kidul

Namun entah kenapa ia menjadi sembuh dan kembali cantik setelah melompat ke laut tersebut. Dan pada akhirnya setelah kejadian tersebut di angkatlah Penguasa Laut selatan oleh para lelembut yaitu Nyi Roro Kidul yang sangat legendaris dan penuh dengan misteri.

Dari beberapa kisah atau cerita ini yang berkembang di masyarakat orang jawa terdapat beberapa cerita yang berbeda mengenai asal usulnya. Tetapi pada intinya tetap mengarah ke penguasa pantai selatan atau laut kidul. Namun terdapat beberapa cerita yang juga menarik untuk di ketahui yaitu pendapat orang islam tentang kisah ini.

Nyi Roro Kidul Menurut Islam

Misteri Nyi Roro Kidul jika dalam legenda orang jawa merupakan penguasa atau ratu laut selatan. Bagaimana dengan pandangan orang islam apakah berbeda atau tidak. Dan ternyata sosok ratu ini ternyata sudah diterangkan di Al Qur’an yang terdapat pada surat Al – Hijr ayat 27.

nyi roro kidul menurut islam

Yang isinya dapat kita simpulkan bahwa selain yang maha kuasa menciptakan sosok manusia. Allah juga menciptakan Jin yang dibiarkan oleh yang maha pencipta untuk hidup di dunia. Meskipun mereka para jin hidup di alam yang berbeda dari manusia. Jika kita jelaskan secara akal sehat maka terdapat beberapa fakta tentang surat tersebut.

Yaitu jin tersebut yang jika di kaitkan dengan Nyi Roro Kidul memang benar adanya. Ia di biarkan oleh Yang Maha Pencipta hidup di alam yang sangat berbeda dengan manusia yaitu sebagai ratu penguasa laut kidul.

Selain penjelasan di atas ternyata ada lagi beberapa cerita yang behubungan dengan Nyai Roro Kidul ini yang tentu saja sangat menarik untuk di ketahui. Kemungkinan masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cerita ratu pantai selatan ini dengan manusia. Berikut adalah beberapa cerita yang berhubungan dengan Nyai Roro Kidul.

Kisah Nyi Roro Kidul Dan Soekarno

nyi roro kidul dan soekarno

Presiden pertama indonesia yaitu Ir. Soekarno dikenal oleh masyarakat indonesia sebagai seseorang yang sangat berwibawa dan juga memiliki kesaktian tinggi. Menurut orang – orang bahwa Soekarno diyakini masih tetap hidup hingga kini namun hal ini masih menjadi misteri yang masih tersembunyi.

Menurut cerita yang beredar bahwa salah satu kesaktian Soekarno yang di milikinya. Yaitu terdapat di sebuah benda yang di pakai cincin merah delima. Meskipun cerita ini belum diketahui kebenarannya namun bayak yang meyakini bahwa merah delima merupakan salah satu kesaktian soekarno.

Merah Delima Dari Nyi Roro Kidul

merah delima soekarno

Merah delima ini dalam cerita masyrakat jawa merupakan pemberian dari Nyai Ratu Roro Kidul kepada Presiden Soekarno. Namun cincin tersebut telah hilang pada tahun 1963 yaitu ketika beliau sedang melakukan lawatan di Yogyakarta. Dan konon cincin tersebut diambil kembali oleh pemiliknya yaitu Nyi Roro Kidul.

Sejarah Nyi Roro Kidul Dan Prabu Siliwangi

prabu siliwangi

Prabu siliwangi merupakan ayah dari Nawang Wulan yaitu Penguasa pantai selatan Nyi Roro Kidul. Yang waktu itu telah terjadi perang antara Sunan Gunung Jati dengan Prabu Siliwangi. Perang ini merupakan salah satu perang saudara yang akhirnya berlanjut dengan perang antara Sunan Kali Jaga dan Prabu Siliwangi. Perang ini terjadi karena Sunan Gunung Jati ingin memuat saudaranya yaitu Prabu Siliwangi memeluk agama Islam.

Kisah Sunan Kalijaga Dan Nyi Roro Kidul

Kisah yang terjadi antara Sunan Kali Jaga dan Dewi Nawang Wulan terjadi ketika Sunan meminjam senjata berupa tombak diPantai kidul. Senjata tersebut digunakan untuk mengalahkan prabu siliwangi yang sangatlah sakti karena beliau telah mengalahkan Sunan Kali Jaga.

Kesaktian dari Prabu siliwangi bukan hanya berperang saja namun dalam taktik dan strategi berperang beliau sangatlah ahli dan juga hebat. Sehingga Sunan Kali Jaga berdoa meminta petunjuk dari Allah SWT yang akhirnya diberikanlah petunjuk tersebut. Yaitu meminjam senjata yang berupa tombak yang berada di Laut Selatan.

Memang benar berkat petunjuk tersebut akhirnya perang ini bisa berakhir dan di menangkan oleh Sunan Kali Jaga. Namun ada kisah lain yang juga menarik yaitu hubungan antara Sunan Kali Jaga Dengan Nyi Roro Kidul.

Awal Kisah Cinta Sunan Kali Jaga Dan Nyi Roro Kidul

kisah cinta nyi roro kidul dan sunan kali jaga

Ketika sunan meminjam tombak yang berhasil mengalahkan prabu siliwangi terdapat hal yang sangat mengejutkan. Nyai Roro Kidul menolak permintaan Sunan Kali Jaga dikarenakan dia tidak datang bersama Sunan Gunung Jati. Sehingga dibawalah penguasa laut kidul ke sunan gunung jati.

Ketika berhadapan dengan Sunan Gunung Jati sang ratu merasa malu. Karena dia tahu bahwa pikirannya bisa di ketahui oleh Sunan Gunung Jati. Dan akhirnya diberikanlah tombak tersebut namun Sunan Gunung jati meminta sesuatu kepada Kalijaga. Yaitu agar Sunan Kali Jaga menikahi Nyi Roro Kidul atas nama islam bukan karena hawa nafsu.

Karena ketaatan dari murid kepada sang guru maka Sunan Kali jaga mau menikahinya. Namun justru Nyai Roro Kidul lah yang tidak dinikahi dengan orang yang tidak benar – benar mencintainya. Dan akhirnya Nyai mengujinya dengan menyuruh Sunan Kali Jaga mencari Tasbih Kecubung Wulung yang berasal dari laut merah.

Untuk membuktikan ketaatannya kepada gurunya akhirnya saat mencari Tasbih tersebut atas seijin yang maha kuasa. Diberikanlah peti ukir dari alam Azrak oleh sang ratu agung Bilqis yang didalamnya terdapat Tasbih Wulung tersebut. Dan akhirnya Nyi Roro Kidul mau menerima Sunan Kali Jaga.

Nyi Roro Kidul Dan Nyi Blorong

Misteri Nyi Roro Kidul berikutnya adalah terdapat cerita yang berhubungan dengan Nyi Blorong. Nyi Blorong merupakan salah satu panglima terkuat yang di miliki Ratu Pantai Selatan. Yang sering dianggap kekuatannya hampir sama hebatnya dengan Ratu Pantai Kidul.

nyi roro kidul dan nyi blorong

Menurut kepercayaan orang jawa bahwa Nyi Blorong merupakan penguasa keratn yang ada di pantai selatan. Ia memiliki berbagai macam pengikut lelembut atau makhluk halus. Dikalangan para makhluk halus Nyi Blorong terkenal dengan kesaktiannya yang sangatlah luar biasa.

Pengikut tersebut ditugaskan untuk menyesatkan orang – orang yang syirik atau yang terjerumus kedalam kemusrikan seperti pesugihan. Orang tersebut yang melakukan pesugihan di tempat yang di jaga pengikut Nyi Blorong akan dijadikan budaknya.

Nyi Blorong dulunya ketika masih menjadi manusia adalah anak dari Ratu Anginangin. Waktu itu ia dijodohkan dengan Jaka Linglung. Yang ketika itu jaka berhasil membunuh siluman buaya putih yang ternyata merupakan penjelmaan dari Prabu Dewatacengkar. Kemudian Jaka Linglung setelah dijodohkan akhirnya menikah dengan Nyi Blorong.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here