SHARE

Tidak hanya di indonesia saja yang terjadi perburuan liar yang menyebabkan spesies hewan menjadi lebih sedikit. Namun juga terjadi di berbagai belahan dunia yang menyebabkan banyak sekali spesies di negara lain juga ikut berkurang. Entah apa yang dipikirkan oleh orang – orang yang membunuh atau berburu hewan.

Apakah hanya untuk kesenangan saja dan hobi atau mereka berburu untuk dijual kepasar gelap. Semua itu hanya bisa kita cegah dengan edukasi sejak dini yang diterapkan mungkin pada saat masih sekolah.

Daftar Hewan Langka di Dunia Yang Terancam Punah

Di dalam artikel hewan langka ini menjelaskan beberapa beberapa hewan yang terancam punah. IUCN ( International Union for the Conservation of Nature and Natural Resources ) merupakan organisasi untuk menangani flora dan fauna. Mereka bekerja sama dengan berbagai negara besar di dunia yang juga menangani hewan langka di dunia. Yang dikategorikan berpotensi hilang atau punah.

Komodo

komodo

Jika anda hanya mengetahui 10 hewan langka saja yang terancam punah maka anda salah besar. Terdapat 20 hewan langka bahkan lebih yang kini terancam punah dan salah satunya adalah Komodo.

Hewan yang berasal dari Pulau Komodo ini sudah sangat populer di dunia. Bahkan banyak sekali wisatawan dunia yang datang ke pulau yang penuh komodo ini. Habita Komodo ( Varanus Komodoensis ) yang terdapat di alam bebas kini mulai menyusut dan hanya tinggal beberapa ratus ekor saja.

Untuk itu pemerintah Indonesia menjaga kelestarian hidupnya komodo. Karena indonesia merupakan satu – satunya negara yang memiliki hewan ini.

Macan Tutul Amur

macan tutul amur

Macan ini memiliki bulu yang khas sekali yang sangat indah dan juga tebal. Hewan yang berasal asli Rusia ini sering sekali diburu karena bulu yang di milikinya. Karena kualitas bulu yang sangat bagus sering di jadikan jaket dan juga pakaian yang lain.

Selain bulu yang sangat tebal dan lembut corak dari macan ini juga sangat bagus jika di jadikan pakaian. Hal tersebut yang membuat hewan ini menjadi langka akibat perburuan liar di Rusia. Untuk itu sekarang hanya terdapat kurang lebih 30 ekor saja di dunia.

Untuk menjaga kelestarian Macan Tutul Amur ini beberapa negara ikut menjaganya. Seperti Negara Perancis yang ikut menjaga kelangsungan hidup macan ini yang di tangkar di kebun binatang Mulhause.

Gorila Dataran Rendah

gorila dataran rendah

Hingga kini hewan ini masih sering di buru oleh orang – orang yang tak bertanggung jawab. Parahnya mereka berburu bukan untuk di ambil bulunya melainkan di ambil dagingnya untuk dijadikan makanan.

Selain dari pemburu yang membuat spesies Gorila ini berkurang. Virus Ebola juga berperan sangat besar yang menyebabkan berkurangnya populasi hewan ini. Diberitakan bahwa terdapat kurang lebih sekitar 90% Gorila dataran rendah telah mati di kawasan Gabon.

Saola

saola

Unicorn Asia merupakan julukan yang sering disebut orang – orang. Nama tersebut diberikan karena tanduk yang sangat runcing mirip dengan kuda imajinasi Unicorn. Yang ada di film kartun dan juga boneka.

Menurut para peneliti hewan ini hanya tinggal beberapa ekor saja. Mungkin hanya terdapat kurang lebih puluhan ekor saja di alam liar. Dan di prediksi akan segera punah jika tidak ada penanganan khusus.

Ikan Vaquita

ikan vaquita

Ikan ini mirip sekali dengan lumba – lumba namun mereka berdua sangat berbeda. Vaquita satwa laut yang keberadaannya terancam punah yang hanya tersisa kurang lebih 100 ekor saja.

Lagi – lagi perburuan yang membuat ikan ini populasinya menjadi berkurang. Spesies yang berasal dari Teluk California ini ternyata insangnya sangatlah mahal. Hal tersebutlah yang membuat para pemburu mejadi sangat tertarik untuk mencari atau menangkap hewan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here