SHARE

Harimau Siberia

harimau siberia

Jika di indonesia terdapat Harimau Sumatra maka di Siberia ada juga Harimau endemik di negaranya. Harimau Siberia sering dijuluki Harimau Amur yang kini keberadaannya juga sudah sangat berkurang di alam liar.

Harimau ini merupakan harimau terbesar satu – satunya di dunia dibanding dengan harimau yang lain. Namun sekarang populasinya hanya sekitar 400 sampai 500 ekor saja. Akibat dari berkurangnya hewan ini adalah perburuan dan juga habitat yang sekarang mulai berkurang. Karena keberlangsungan hidupnya sangat tergantung dengan habitat aslinya.

Badak Hitam

badak hitam

Di pasar gelap cula dari badak hitam ini sangatlah mahal namun tidak tahu di gunakan untuk apa. Apakah hanya sekedar hobi atau digunakan untuk hal lainnya. Namun karena mahalnya harga dari cula badak hitam ini banyak pemburu yang berlomba – lomba untuk memilikinya.

Dari daftar hewan langka di dunia yaitu badak hitam ternyata merupakan hewan purba yang masih ada hingga sekarang. Yang habitatnya berada di afrika namun kekurangan pengetahuan dan juga biaya perlindungan hewan. Menyebabkan kurangnya pengamanan dari serangan pemburu liar yang menjadikan berkurangnya spesies hewan ini.

Dari data yang di teliti oleh ilmuan bahwa hewan ini hanya tinggal sedikit saja di habitatnya. Kurang lebih hanya tersisa 4.800 ekor saja di alam liar. Namun jumlah tersebut hanya perkiraan saja yang kemungkinan jumlahnya bisa lebih banyak atau bahkan lebih sedikit.

Penyu Belimbing

penyu belimbing

Hewan bertubuh paling besar di dunia ini ternyata adalah Penyu Belimbing. Yang ternyata habitatnya berada di Indonesia yaitu tepatnya di Papua Barat. Namun pemicu terbesar berkurangnya spesies ini bukan karena penangkapan liar atau perburuan.

Melainkan kualitas air laut yang kian hari semakin memburuk. Apa lagi Penyu belimbing ini tiap tahunnya melakukan migrasi dari satu tempat ke tempat lain. Untuk mencegah punahnya hewan bertubuh besar di dunia ini. Indonesia bersama ahli biota laut dan juga bekerja sama dengan Universitas Alabama. Melakukan konservasi terhadap hewan ini agar spesies ini akan tetap terjaga keberadaannya.

Lemur Bambu Besar

lemur bambu besar

Hewan yang dahulu memenuhi negara Madagascar ini ternyata sekarang populasinya mulai berkurang. Tepatnya berada di Madagascar pada bagian tenggara yang ternyata hanya tersisa kurang lebih 200 ekor saja. Hal ini di sebabkan karena perubahan iklim yang sangat ekstrim akhir ini.

Perubahan yang sangat drastis pada cuaca di madagaskar sangat berperan penting terhadap kelangsungan hidup Lemur Bambu Besar ini. Yang jika tidak di bantu oleh campur tangan manusia kemungkinan hewan ini bisa saja punah.

Gorila Gunung

gorila gunung

Di negara Republik Demokratik Kongo terdapat Gorila yang juga terancam punah. Karena berkurangnya populasi gorila ini pemerintah Kongo memberikan penanganan yang sangat khusus terhadap hewan ini.

Karena penyebab terbesar dari berkurangnya Gorila Gunung ini adalah penyakit yang menyerang spesies ini. Untuk itu walaupun terdapat di penangkaran hewan namun tidak boleh sembarangan orang bisa masuk untuk melihatnya.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan gorila yang kian hari kian berkurang populasinya. Hingga sekarang hanya sekitar kurang lebih 850 ekor saja yang di alam bebas. Jumlah ini hanya perkiraan saja dari survei yang dilakukan oleh para peneliti dan kemungkinan bisa lebih atau bahkan kurang.

Tupai Jepang

tupai jepang

Tupai ini berasal dari jepang atau dalam bahasa latin disebut dengan Sciurus lis yang merupakan spesies endemik jepang. Spesies ini tersebar di berbagai tempat di jepang yaitu di pulau Honsu, Shikoku, Dan Kyushu. Yang ternyata di beritakan spesies ini sangat berkurang drastis.

Dari survei yang diakukan peneliti jepang mengatakan tupai yang berada di Honshu bagian barat daya berkurang. Bahkan parahnya di bagian Kyushu justru tupai ini tidak ada sama sekali disana bisa di katakan menghilang. Penyebabnya adalah berkurangnya habitat asli mereka untuk tempat tinggal yang disebabkan oleh ulah manusia seperti pembalakan liar dan pembangunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here