SHARE

Siput Laut Naga Biru

siput naga biru

Hewan yang jenisnya merupakan keluarga siput ditemukan di Australia yaitu tepatnya di pantai timur Gold Coast. Spesies ini ( Glaucus Atalanticus ) ditemukan di pasir putih pantai Gold Coast.

Jika anda menyangka hewan ini sangat lucu dan juga keren anda salah besar. Dari warnanya saja yang sangat cerah yaitu biru menyala mirip seperti naga. Merupakan peringatan bagi para predator untuk jangan mendekatinya.

Karena hewan ini sangat beracun dan juga sangat berbahaya jika menyengat manusia. Penemuan spesies siput ini menjadi perhatian masyarakat Australia karena langkanya hewan ini di sana.

Pika China

pika cina

Memiliki telinga seperti boneka beruang dan hidung yang mirip kelinci. Yaitu bernama Pika yang berasal dari China alhir – akhir ini selama 2 dekade jarang sekali terlihat.

Warga cina mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat hewan ini bisa saja punah. Dan menurut pihak konservasi bahwa hewan ini sering ditangkap karena sangat lucu dan semua orang yang melihat pasti menyukainya. Dan mereka beranggapan bahwa spesies dari cina ini bisa di jadikan hewan peliharaan.

Katak Merah Atau Katak Api

katak api

Leptophryne Cruentata merupakan nama latin dari jenis kodok ini yang populasinya mulai berkurang dan sangat jarang di temukan. Di indonesia walaupun hewan ini terancam punah tapi belum di kategorikan hewan langka di indonesia.

Namun ICUN menganggap hewan ini berstatus kritis arau Critically Endangered. Yang intinya hewan ini harus dijaga karena populasinya sangat kritis di alam liar. Orang – orang sering menyebutnya hewan berdarah karena warnanya yang sangat mencolok yaitu merah cerah.

Belum diketahui penyebab dari berkurangnya spesies ini. Namun kemungkinan berkurangnya katak api atau katak merah ini di sebabkan oleh kondisi alam yang berubah. Sehingga kemungkinan juga katak ini tidak bisa bertahan oleh perubahan iklim yang sangat ekstrim ini.

Hiu Sentani

hiu sentani

Pristis Microdon adalah spesies hiu yang di indonesia sering disebut Hiu Gergaji. Meraka terdapat di perairan indo pasifik dan juga hiu ini bisa hidup di sungai untuk melangsungkan siklus hidupnya.

Hewan ini juga pernah di temukan di berbagai negara seperti Vietnam, Australia, India, Madagascar, Kemudian Afrika timur. Namun populasi yang kian hari kian menyusut ini membuat Hiu gergaji ini salah satu spesies yang terancam punah.

Ikan Arwana Irian

ikan arwana irian

Hewan yang hampir punah di indonesia berikutnya adalah Ikan Arwana yang berasal dari irian. Untuk itu ikan ini terdapat kata irian di namanya yang dalam bahasa latin disebut dengan Sceloropages Ieichartidti).

Banyak pecinta ikan yang sangat menginginkan spesies ini namun keterbatasan ikan ini membuat harganya menjadi sangat mahal. Karena langkanya spesies ikan ini menjadikan spesies ini di lindungi oleh indonesia.

Namun bagi para pecinta ikan hias jangan khawatir karena anda bisa memiliki atau memeliharanya. Namun hanya orang tertentu saja yang bisa memeliharanya dan harus memiliki ijin. Serta jika ingin memeliharanya anda juga diharuskan mengembangbiakkan ikan ini.

Merak Hijau

merak hijau

Jika anda sedang membaca tentang artikel hewan langka yang ada di indonesia maka salah satu hewan tersebut adalah Merak Hijau. Dalam bahasa latin (Pavo Muticus) merupakan salah satu dari 3 jenis merak yang ada di indonesia.

Burung ini terdapat di kepulauan Jawa dan sekarang hanya tinggal sedikit saja. Kebanyakan spesies ini terdapat di kebun binatang dan hanya beberapa saja yang ada di alam bebas. Hal ini karena perburuan liar yang mereka mengambil bulunya untuk di jual.

Untuk itu pemerintah indonesia sangat menjaga populasi ini untuk tetap hidup. Dan diberikanlah undang – undang tentang Burung Merak Hijau ini karena saat ini populasinya sudah berkurang dan sangatlah langka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here