SHARE

Asal usul nama rupiah yaitu mata uang indonesia ternyata memiliki sebuah cerita yang sepantasnya kita ketahui. Jika kita semua tahu apa mata uang negara indonesia.

Bagaimana dengan kisahnya atau cerita dibalik uang rupiah tersebut. Jika anda ingin mengetahui bagaimana uang indonesia di namakan rupiah maka simak penjelasan berikut ini.

Asal Mula Nama Rupiah

Untuk mengetahu dari mana asalnya nama rupiah ini kita harus kembali mengenang sejarah uang terlebih dahulu. Pada saat pertama kali sistem keuangan kertas dan koin masuk ke indonesia. Tepatnya saat penjajahan Belanda yang saat itu mata uang indonesia menggunakan Gulden Belanda.

uang gulden belanda

Uang Gulden Belanda ini di perkenalkan pada tahun 1610 samapai 1817. Dan kemudian pada tahun 1818 terdapat uang baru yang bernama Gulden Hindia Belanda. Setelah masa penjajahan Belanda selesai barulah dikenalkan nama rupiah namun masih ada nama panjangnya yaitu Rupiah Hindia Belanda.

Nama baru tersebut ada karena indonesia saat itu kembali di jajah oleh jepang. Dan orang jepang tersebutlah yang memberi nama mata uang tersebut. Namun Nama dari Rupiah ini ternyata bukan karena negara Jepang melanikan dari mata uang India yaitu Rupee.

setelah masa penjajahan Jepang selesai yang di ikuti selesainya perang dunia ke 2. Barulah nama Rupiah di perkenalkan di indonesia yaitu 4 tahun setelah indonesia merdeka 1949. Nama ini di perkenalkan oleh Bank Jawa yang sekarang ini menjadi Bank Indonesia.

Sejarah Uang Rupiah

Asal usul nama rupiah juga memiliki banyak sejarah yang kelam. Pada tahun 1945 hingga 1949 mata uang indonesia masih menjadi perdebatan di negara lain. Untuk itu para pemimpin indonesia mencari solusi bagaimana caranya agar uang rupiah bisa di akui dinegara lain.

rupiah hindia belanda

Dan pada tahun 1950 barulah kerja keras bangsa indonesia membuahkan  hasil yaitu akhirnya rupiah bisa di patok dengan harga tinggi.

Namun ternyata itu hanya di muka umum dunia saja tidak dalam pasar gelap. Dipasar gelap justru rupiah sangat jauh lebih rendah saat di perdagangkan. Kemudian pada tahun 1970 – 1978 terdapat perubahan yang bagus yaitu mata uang rupiah dapat ditentukan nilainya berdasarkan mata uang dolar.

Dan  juga pada tahun yang sama tersebut diberlakukan sistem tukar mata uang. Karena mata uang sudah ditentukan berdasarkan kekayaan negara maka saat itu rupiah masih mata uang yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan kekayaan alam yang banyak sekali terdapat di indonesia.

Krisis Moneter

Terdapat berbagai sejarah yang berhubungan dengan uang Rupiah Indonesia yaitu Krisis moneter. Krisis Moneter adalah dimana kondisi suatu negara mengalami penurunan dalam hal finansial atau memburuknya keuangan negara.

krisis moneter

Pada tahun 1997 bahwa indonesia pernah mengalami krisis moneter atau istilah yang benar adalah Krisis Finansial Asia. Krisis ini menjadikan nilai mata uang rupiah merosot atau turun drastis.

Hal ini menyebabkan semua harga sandang, papan, dan pangan menjadi naik atau mahal. Akibatnya berdampak pada semua masyarakat indonesia dari orang kaya hingga orang miskin.

Namun yang sangat terasa dampaknya adalah orang miskin meskipun banyak pengusaha yang gulung tikar. Namun bahan pokok yang naik hingga 5 kali lipat dari harga sebelum krisis membuat rakyat menderita.

Penyebab Krisis Finansial Di Indonesia Memburuk

  • Hutang negara yang menumpuk dan juga ketergantungan terhadap hutang negara lain.
  • Pengaruh dari krisis Ekonomi Global yang tentu saja tidak hanya indonesia yang mengalami penurunan. Namun juga di alami oleh negara lain.
  • Sektor produksi yang tidak seimbang.
  • Terlalu banyak hutang yang di tanggung indonesia dari negara lain.
  • Kapitalisme yang terjadi di perekonomian imdonesia.

Asal usul nama rupiah memang memiliki banyak sekali cerita di indonesia. Dan sekarang terdapat uang baru yang sudah disebar luaskan ke seluruh indonesia.

Saya rasa semua orang sudah tahu bagaimana wujud dari uang yang baru saja di terbitkan baru – baru ini. Tapi apakah kalian semua tahu siapa saja nama orang yang ada di gambar uang terbaru tersebut. Berikut adalah nama – nama orang yang terdapat di gambar uang kertas tersebut.

Nama Pahlawan Yang Ada Pada Gambar Uang Kertas Baru

nama gambar pahlawan di uang baru

  • Tjut Meutia yang terdapat pada gambar uang pecahan 1000
  • Mohamma Hoesni Thamrin di uang pecahan 2000
  • KH Idham Chalid yang berada di uang 5000
  • Frans Kaisepo ada di pecahan 10000
  • Dr.G.S.S.J Ratulangi ada di uang pecahan 20000
  • Ir. Djuanda Kartawidjaja di gambar uang pecahan 50000
  • Pecahan uang 100000 bergambar Presiden Indonesia Dr.(H.C) Ir.H. Soekarno dan wakil Presiden Indonesia Drs. Mohammad Hatta

Asal usul nama rupiah memang banyak sekali menyimpan sejarah. Dan nama yang sudah di sebutkan di atas merupakan pahlawan yang sudah berjuang untuk indonesia. Agar jasa mereka selalu di kenang oleh masyarakat indonesia di buatlah uang kertas bergambar pahlawan tersebut.

Selain untuk mengenang jasa mereka terhadap indonesia. Hal ini juga bertujuan agar generasi baru bangsa Indonesia bisa mengetahui siapa mereka. Dan jasa apa saja yang diberikan para pahlawan tersebut untuk negeri kita ini.

Ada juga gambar pahlawan di uang logam ternyata yang juga dicetak untuk uang baru tersebut. Berikut adalah pahlawan yang ada pada uang logam.

Nama Pahlawan Yang Ada Di Gambar Uang Logam 2017

Destinasi wisata di gambar uang baru

  • Pada uang pecahan 100 terdapat gambar Prof. Dr. Ir. Herman Johannes
  • Kemudian pada logam pecahan 200 yaitu Dr. Tjiptomangunkusumo
  • Uang logam pecahan 500 bergambar Letjend TNI Purn. TB Simatupang
  • Dan yang terakhir yaitu I Gusti Ketut Pudja yang gambarnya berada di uang logam 1000

Jika anda sudah tahu siapa saja nama yang ada pada gambar uang logam. Anda pasti tidak tahu dengan background yang ada pada uang baru tersebut. Dan ternyata pada bagian background terdapat tempat wisata juga dan wisata tersebut berada di Indonesia.

Apa saja tempat wisata di dalam uang kertas yang baru ini. Berikut adalah tempat wisata yang kemungkinan anda mengetahuinya namun anda sendiri tidak menyadarinya.

Destinasi Wisata Yang Ada Pada Gambar Uang Kertas Baru 2017

  • Wisata yang ada pada uang kertas pecahan 1000 yaitu Banda Neira. Wisata tersebut terletak di Kepulauan Banda berada di Kabupaten Maluku Tengah Ambon. Tempat tersebut pernah dijadikan pusat perdagangan Belanda Pada Abad ke 19.
  • Wisata pada gambar uang 2000 yaitu Ngarai Sianok. Yang terdapat di Sumatra Barat yang menyuguhkan Wisata Alam yang sangat luar biasa. Terdapat lembah dan jurang yang pemandangannya hanya bisa dilihat di tempat tersebut. Dan keindahannya dijamin tidak ada di tempat lain.
  • Wisata pada gambar uang kertas 5000 yaitu Gunung Bromo. Kita semua pasti sudah tahu seperti apa Gunung Bromo. Dan tidak perlu diragukan lagi keindahannya apa lagi bagi para travelers pasti sudah tahu bagaimana Bromo tersebut.
  • Wisata yang ada pada gambar uang pecahan 10000 yaitu Taman Nasioanal Wakatobi. Taman ini juga sudah sangat terkenal dan tidak akan saya jelaskan seperti apa kerennya disana.
  • Wisata pada gambar uang kertas pecahan 20000 yaitu Kepulauan Derawan. Kepulauan ini terletak di Kalimantan Timur yang menyuguhkan Wisata Bahari yang sangat eksotis. Dan sangat di minati oleh wisatawan manca negara karena keindahan bawah lautnya dan sangat cocok untuk penyelam kelas dunia.
  • Wisata di gambar uang 50000 adalah Pulau Komodo. Ini juga tidak perlu saya jelaskan lagi karena semua orang pasti sudah tahu.
  • Wisata yang ada pada gambar uang pecahan 100000 adalah Raja Ampat. Tidak diragukan lagi bahwa Raja Empat menduduki gambar pada uang tertinggi. Karena wisata ini sudah sangat di kenal di luar negri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here