SHARE

Carica Dieng atau sering disebut dengan pepaya gunung adalah buah khas daerah dataran tinggi di kota Wonosobo yaitu Dieng. Buah ini menjadi primadona kota tersebut karena hanya tumbuh di Wonosobo.

Produk olahannya berupa manisan carica berwujud buah yang dimasukan kedalam sirup. Produk ini memang sangat terkenal menjadi oleh oleh khas kota Wonosobo terutama bagi wisatawan yang datang ke Dieng.

Kemarin tim Gelut Media sempat mampir di salah satu home industri Carica Sumbing. Walau masih tergolong industri rumahan namun pabrik ini mengutamakan kualitas dan kebersihan. Tepat seperti misi dari pabrik itu sendiri yaitu menghasilkan produk yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi. Namun sebelum kami bercerita tentang kelanjutannya, mari kita simak apa itu carica.

Carica Dieng Sejarah dan Asal Usulnya

buah carica dieng

Carica atau dalam bahasa latinĀ (vasconcellea cundinamarcensis) merupakan salah satu tanaman keluarga pepaya. Buah ini tumbuh pada ketinggian sekitar 1500 hingga 3000 mdpl.

Mitos yang beredar mengatakan jika buah ini hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng. Pernah dilakukan percobaan penanaman di daerah lain namun buah pepaya yang muncul.

Sejarah carica berasal dari Dataran Tinggi Andes, Amerika Selatan. Buah ini mulai ada di Dieng sejak jaman penjajahan Belanda. Buah ini juga dapat kita jumpai di Bali dengan nama Gedang Memedi.

Bentuk Buah dan Pohon Carica Dieng

Jika kita datang ke Wonosobo dan berwisata ke Dieng, anda akan banyak menemukan tumbuhan Carica. Sekilas bentuk pohon carica mirip dengan pohon pepaya. Pohon carica dapat tumbuh hingga 2-4 meter.

Bentuk buahnya sendiri berbeda dengan pepaya. Jika buah pepaya berukuran besar, Carica memiliki bentuk lebih kecil dan bergelombang. Saat mentah berwarna hijau tua dan ketika matang akan kekuningan.

Rasa Buah Carica

Jika kita memakan buah carica secara mentah maka akan merasakan gatal dan pahit. Namun ketika matang pada bagian biji carica akan berasa asam manis. Apalagi jika sudah dalam bentuk manisan carica.

Asal buah carica itu sendiri memang dari Amerika. Namun ketika anda menikmatinya anda akan merasakan keaslian kreatifitas produk lokal. Jika anda berkunjung ke Wonosob jangan lupa untuk menikmati buah Khas Wonosobo ini.

Manfaat Buah Carica

Ternyata carica mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Khasiat buah carica ini ternyata dapat kita ketahui setelah tahu kandungan dari buah ini. Nutrisi yang terkandung dalam buah khas Dieng ini ternyata bagus untuk kesehatan tubuh. Berbagai manfaat manisan carica diantaranya adalah :

  • Kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan BAB dan baik untuk kesehatan pencernaan
  • Enzim papain berguna untuk menetralkan pH dalam usus sehingga dapat mematikan bakteri jahat
  • Vitamin A lebih besar dari wortel untuk kesehatan mata
  • Vit. E dan Vit. C juga besar sehingga baik untuk kesehatan kulit
  • Carica dapat mencegah kanker karena kandungan zat agrinin dalam buah ini sangat baik untuk menangkal kanker

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari buah carica. Masih banyak manfaat yang lain dalam produk khas kota Wonosobo ini.

Cara Membuat Manisan Carica

Ketika kami berkunjung ke home industri Carica Sumbing, kami penasaran bagaimana cara membuat manisan carica. Cara pembuatannya diantaranya adalah :

  • Buah carica dikupas dan dipotong menjadi lebih kecil
  • Kemudian potongan tersebut direbus terlebih dahulu agar melunakkan tekstur
  • Larutkan gula dalam air untuk pembuatan sirup, biasanya akan ditambahkan sari biji carica di dalamnya
  • Campurkan antara buah yang sudah di rebus dengan sirup yang sudah siap
  • Kemas kedalam kemasan baik cup maupun gelas
  • Carica siap dihidangkan

Merk Carica Paling Enak di Wonosobo

Jika disuruh untuk memilih mana merk carica paling enak maka jawaban setiap orang berbeda. Merk Carica Sumbing yang kami datangi memiliki tempat produksi yang bersih dan higienis. Mereka memiliki misi yang tertempel besar di dinding sebagai tujuan mereka. Yaitu menciptakan produk sesuai GMP, higienis, berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

carica dieng sumbing segar

Jika anda datang ke Wonosobo, banyak toko oleh-oleh berjejeran. Banyak juga varian dari merk carica ini untuk menjadi pilihan. Ada kemasan Cup, Gelas hingga berbagai kemasan luarnya.

Pabrik Carica Sumbing

Berawal dari mengetahui pabrik carica di web resmiĀ carica di google. Kami dan tim mengunjungi pabrik carica yang terletak di Reco, Kertek, Wonosobo.

Begitu banyaknya pabrik carica di Wonosobo. Carica sumbing hadir sebagai produsen dan suplier carica yang berbeda dari produsen carica lain.

Di sana terbagi menjadi beberapa bagian tim yaitu tim produksi, tim marketing dan admin. Kami tertarik dengan cara pemasarannya yaitu menjadikan agen di setiap kota.

Berkat kualitas produk yang terjaga hingga kini banyak konsumen yang memilih carica sumbing. Agen Carica yang terdaftar juga hampir menyeluruh di Pulau Jawa, sudah mulai beranjak ke luar Pulau.

Hebatnya lagi mereka tetap konsisten untuk menjunjung tinggi Agen di kota masing-masing. Setiap ada konsumen yang menghubungi secara online mereka selalu mengarahkan ke agen terdekat.

Tidak sedikit agen yang sukses bermitra dengan Carica Sumbing. Setiap hari ada puluhan kiriman yang siap dikirim ke berbagai kota di Indonesia.

Yang lebih unik lagi adalah varian dari produk carica sumbing dari segi kemasan. Mulai dari kemasan cup kecil, cup besar hingga gelas kaca.

carica sumbing
Carica Sumbing Kemasan Gelas
Manisan Carica Dieng
Kemasan Cup Kecil
oleh oleh khas Wonosobo
Carica Kemasan Cup Besar

Baca Juga : Sejarah Alun Alun

Bagi anda yang datang ke Dieng jangan lupa untuk membawa oleh oleh khas Wonosobo ini. Selain enak juga memberikan manfaat untuk tubuh. Cocok untuk santapan setiap hari keluarga anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here