Awal tahun 2016 ditemukan sebuah penemuan bangunan kuno yang ternyata didalamnya terdapat bunker yang penuh dengan uang, bangunan ini terletak di Rhineland, Palatinate Cochem, Jerman.

Masyarakt merasa kaget atas temuan ini, ternyata terdapat bunker milik Bank Sentral Jerman di desa mereka, dimana didalamnya terdapat uang yang banyak dan masyarakat sekitar pun tak tahu keberadaan tempat ini sebelumnya.

bunker 4  Ditemukan Bungker Penuh Uang di Bawah Sebuah Desa bunker 4

Bungker dengan kedalaman 30 meter ini berada dibawah tanah seluas 8.700 dan dibangun dengan tembok beton tebal yang digunakan untuk menyimpan uang milik Bank Sentral dan untuk persediaan dana jika dalam keadaan darurat.

Bunker_Jerman3  Ditemukan Bungker Penuh Uang di Bawah Sebuah Desa Bunker Jerman3 1

Bungker ini dibangun pada tahun 1964 hingga 1988 pada saat perang dingin berlangsung, uang yang ada didalam bunker ini dulunya setara dengan 8 miliar Pounsterling yang menjadi cadangan negara jika terjadi pertempuran, hiperinflasi dan sebagainya.

bunker 3  Ditemukan Bungker Penuh Uang di Bawah Sebuah Desa bunker 3

Masyarakat sekitar bercerita dulu pada awal mula pembangunannya pemerintah hanya menegaskan bunker tersebut digunakan untuk tempat perlindungan orang-orang penting di negaranya. Oleh karena itu masyarakat tidak terlalu dan belum berfikir bahwa didalamnya ternyata ada sebuah harta karun negara yang tersimpan.

Memang pemerintah membangun tempat tersebut bukan hanya untuk menyimpan uang saja namun juga untuk tempat perlindungan orang penting dalam masa peperangan, semisal tempat tersebut terjadi peperangan para orang penting dapat aman berada di bunker itu, di dalamnya juga terdapat cadangan air dan makanan yang dapat digunakan untuk 175 orang yang dapat bertahan hidup selama 2 pekan.

bunker 2  Ditemukan Bungker Penuh Uang di Bawah Sebuah Desa bunker 2

 

Kenapa tempat tersebut menjadi pilihan untuk pembangunan bungker? karena tempat tersebut adalah tempat paling aman, jika Jerman Barat dijatuhi bom atom area ini akan aman karena berada di lembah Moselle.

Setelah pembangunan selesai tempat tersebut dikunci dengan aman dan hanya pejabat tinggi di Frankfurt yang dapat memasukinya, hingga pada akhirnya pada tahun 1988 seluruh isi di dalam bungker tersebut dipindahkan karena peperangan telah usai.

bunker 1  Ditemukan Bungker Penuh Uang di Bawah Sebuah Desa bunker 1

Pintu dari bunker ini memiliki berat 1 ton dan perlu memasukan beberapa kunci dan kode kombinasi untuk bisa memasukinya, semua pekerjanya dijaga ketat menjaga rahasia akan pembangunan tempat tersebut pada dahulu kala, hukuman mati adalah ganjaran bagi mereka yang memberitahukan rahasia itu dulunya.

bunker 5  Ditemukan Bungker Penuh Uang di Bawah Sebuah Desa bunker 5

Hingga sekarang gudang tersebut ditutup dan hanya tersisa uang sedikit sebagai benda bersejarah di dalamnya, bunker ini mulai dibuka untuk umum pada 19 maret 2016. Bungker ini dibeli oleh penduduk setempat kemudian dimodifikasi untuk dijadian museum, 2 rumah yang ada diatasnya juga rencana akan mereka ubah menjadi sebuah hotel yang nantinya diharapkan dapat menambah perekonomian masyarakat setempat.

Sumber : liputan6.com

Tunggu, sedang memuat. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here