SHARE

Gempa bumi merupakan suatu aktivitas pergerakan tanah atau guncangan bumi yang diakibatkan oleh pelepasan energi dari dalam. Aktivitas ini juga bisa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi).

Namun pernahkah kita berfikir gempa bumi terbesar di dunia pernah terjadi di berbagai tempat. Jika aktivitas tanah ini terlalu besar bisa kita ibaratkan sebuah bola yang berguncang sangat hebat sehingga menghancurkan benda dan bangunan di atasnya.

Gempa Bumi Terbesar di Dunia

Berikut beberapa gempa bumi terbesar di dunia yang pernah terjadi.

Gempa Bumi Hokkaido Jepang

gempa bumi terbesar di dunia

Siapa tidak kenal dengan negara Jepang, negara dengan teknologinya luar biasa. Negara Jepang sudah biasa terjadi Gempa bahkan gempa tersebut dibarengi dengan tsunami. Hal ini disebabkan karena negara tersebut terletak di cicin api pasifik.

Pada tahun 1730 pernah terjadi gempa bumi terbesar di dunia yaitu gempa Hokkaido Jepang dengan kekuatan 8 skala ritcher. Pada jaman dulu teknologi masih belum maju seperti sekarang. Oleh karena itu gempa tersebut menewaskan lebih dari 135.000 jiwa.

Damghan Iran

gempa bumi di iran

Pada tanggal 22 Desember 1856 pernah terjadi gempa bumi terdasyat yaitu di Damghan Iran. Gempa ini berkekuatan 7.9 skala ritcher. Akibat gempa ini seluruh kota rata oleh tanah.

Hampir sama dengan gempa yang terjadi di Hokkaido Jepang. Di Damghan Iran juga menewaskan hampir 200 ribu jiwa. Gempa ini dulunya menjadi gempa paling mematikan di seluruh dunia.

Gempa Bumi Port Au Prince Haiti

gempa bumi haiti

Republik Haiti merupakan salah satu negara kecil yang berada pada wilayah laut Karibia. di tempat yang indah ini pernah terjadi gempa besar yang meratakan seluruh kota. Walau tidak sebesar gempa di Jepang namun gempa ini berdampak buruk bagi Republik Haiti.

Pada tahun 12 Januari 2010 terjadi gempa sebesar 7 skala ritcher yang terjadi di pusat kota Port Au Prince. Kota tersebut memiliki gedung gedung penting penunjang aktivitas pemerintah. Tidak tanggung-tanggung sebanyak 230.000 jiwa tewas atas kejadian ini.

Tangshan China

gempa bumi china

Selain jepang ternyata negara tetangganya yaitu China juga pernah mengalami gempa bumi terbesar di dunia yang mengerikan. pada tahun 1976 negara China terjadi gempa hebat berkekuatan 7.8 skala ritcher pada pukul 03.42 pagi. Waktu dimana seseorang sedang beristirahat dan tiba tiba terjadi bencana hebat.

Karena bencana tersebut terjadi pada waktu dini hari banyak orang yang tidak sempat menyelamatkan diri.

Yang lebih mengerikan lagi terjadi gempa susulan dengan kekuatan 7.1 skala ritcher. Akibat bencana ini lebih dari 250 ribu jiwa dinyatakan meninggal.

Gempa Shaanxi China

gempa di china

Negara China juga pernah terjadi gempa hebat selain di Tangshan, yaitu di Shaanxi China. Pada 23 JanuariĀ 1556 pernah terjadi gempa hebat yang melanda kota tersebut dengan kekuatan lebih dari 8 skala ritcher.

Bencana ini menjadi bencana mematikan di dunia karena menewaskan lebih dari 830 ribu jiwa. Hampir 60 persen populasi kota tersebut dinyatakan hilang dan meninggal. Seluruh kota luluh lantak menjadi dataran yang bisa dipandang sejauh mata.

Gempa Bumi Aceh Sumatra Indonesia

gempa bumi di aceh

Pada tanggal 26 Desember 2004, Indonesia juga pernah dilanda duka dengan terjadinya bencana gempa dan tsunami di Aceh. Gempa yang terjadi cukup besar yaitu berkekuatan 9.3 Sekala Ritcher.

Getaran ini berpusat di Samudera Hindia, pantai barat Aceh tepatnya. Karena hal inilah timbul tsunami dengan ketinggian mencapai 30 meter menerjang kota Aceh. Sedikitnya 230.000 jiwa melayang atas bencana ini.

Gempa Aleppo Suriah

gempa bumi aleppo

Pada tanggal 9 Agustus 1138 pernah terjadi gempa bumi hebat di Aleppo Suriah, gempa ini tercatat sebagai bencana terdasyat pada masanya. Berada di pusat kota dengan kekuatan 8.5 SR membuat kota ini luluh lantak menjadi dataran.

Sebanyak 230.000 jiwa melayang atas kejadian ini. Guncangan hebat ini hingga terasa sampai Damaskus dan sekitarnya.

 

Itulah beberapa gempa bumi terbesar di dunia yang pernah terjadi dan tercatat dalam sejarah. Mungkin kita tidak tahu akan terjadi bencana apa selanjutnya yang terpenting adalah lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Sumber Refrensi : wikipedia. liputan6. Anehdidunia

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here