Kadang kita sering berpikir kenapa negara tidak mencetak uang sebanyak mungkin untuk mensejahterkan masyarakat dengan cara meberikan bantuan keapada rakyat miskin, mebangun akses jalan ke semua penjuru negeri dan yang lainya yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat.

Oke kita akan membahas permasalahan tersebut yang sederhan tersebut tapi cukup membuat kita penasaran di point-point berikut :

Dapat Menyebabkan Inflasi

Nah dampak pertama apabila negara menectak uang sebanyak banyaknya adalah dapat menyebabkan inflasi. Nah inflasi tersebut intinya adalah kenaikan harga barang kebutuhan dalam suatu negara. Coba bayangkan ketika uang yang beredar di masyarakat begitu banyak maka harga kebutuhan pokok akan naik derastis. contohnya kita akan makan di wrateg harus mengeluarkan uang sebsar 2 juta rupiah, hal tersebut akan membuat ke tidak stabilan ekonomi dalam suatu negara.

Menurunya Nilai Mata Uang

Hal tersebut bisa di gambarkan ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat terlalu banyak maka daya beli masyarakat pun akan semakin tinggi. Akibatnya jumlah barang yang akan di beli pun akan berkurang dan tentunya harganya akan melambung tinggi. Rumusnya adalah banyaknya jumlah uang yang beredar harus seimbang dengan jumlah barang yang di butuhkan.

Hal terbut akan membuat nilai mata uang menurun derastis dan hal yang paling takutkan adalah ketika mata sudah tidak ada harganya lagi.

Dan hal yang paling tidak mengenakan adalah ketika nilai tukar mata uang dengan negara lain sangat jauh. hal tersebut sudah terjadi di negara tercinta kita ini yaitu dimana nilai tukar untuk 1$ dolar amerika setara denga 13.900 rupiah utnuk saat ini. Keadaan tersebut membuat nilai mata uang kita hampir tidak harganya di negara lain/

Berikut Negara di Dunia yang Ternyata Pernah Ngalamin Inflasi Besar Besaran

Jerman

Inflasi tersbut terjadi ketika jerman kalah di masa pernag dunia dan harus mebayar hutang-hutangya. Jerman mencetak uang sebamyak mungkin  untuk membayra hutang perang dan berakibat inflasi besar besaran terjadi di jerman. Ketika itu mata uang jerman sungguh tidak berarti bahkan ada yang menjadikan uang untuk bermain.

Zimbabwe

Nah ini yang kemaren sempat menjadi pembicaran hangat di kalangan netizen. Zimbabwe telah mengalami inflasi yang sangat besar dimana untuk membeli sebuah roti di butuhkan uang miliaran rupiah dolar zimbabwe

Hungaria

Hungaria juga mengalami nasib yang sma dengan jerman dimana terdapat mata uang kertas yang bernominal 1 miliyar triliun. Hungaria mengalami inflasi disebabkan karena kalah dalam perang dunia ke dua.