SHARE

Kopi luwak merupakan kopi yang berasal dari Indonesia, kopi ini memang tergolong unik karena dihasilkan dari kotoran luwak yang telah memakan kopi, memang pertama kali kita mendengar proses pengolahan yang berasal dari kotoran hewan ini terkesan jijik, namun kopi yang dihasilkan menjadikan produk termahal di dunia.

Harga kopi luwak ini tergolong fantastis, ia bisa mencapai US$ 150 atau sekitar 2 juta per 500 gram kemasan, sungguh fantastis bukan? dengan harga ini kopi luwak menempati kopi termahal di dunia, banyak juga yang membuka kedai kopi luwak di luar negeri, karena aroma dan rasa yang dihasilkan kopi ini tergolong lebih enak daripada kopi yang lain.

Selain kopi luwak juga terdapat beberapa kopi lain dari berbagai negara yang memiliki harga termahal, berikut beberapa kopi lain yang memiliki harga mahal seperti yang dikutip dari therichest.com.

Kopi Termahal Di Dunia

kopi luwak
image : pexels

Kopi Luwak (Indonesia)

Kopi luwak yang berasal dari kotoran luwak yang memakan kopi kemudian dibersihkan dan diolah menjadi kopi ini memiliki peringkat tertinggi untuk harga kopi, yaitu mencapai US$ 150 atau sekitar 2 juta per 500 gr kemasan.

Kopi yang berasal dari Indonesia ini terkenal hingga ke berbagai negara karena aroma dan rasanya yang nikmat, tidak sedikit dari wisatawan datang ke Indonesia untuk menikmati kopi luwak yang nikmat.

Hacienda La Esmeralda (Boquete, Panama)

Kopi Hacienda La Esmeralda hanya tumbuh di Bouquete, Panama. Kopi ini biasa dibudidayakan di bawah pohon jambu sehingga memiliki aroma dan rasa yang unik, harga dari kopi ini mencapai 1.4 juta per 500 gram.

St. Helena Coffee Company Island (St. Helena)

Kopi Helena dibudidayakan di Pulau St. Helena yang terletak sekitar 1.200 kilometer (km) dari pantai Afrika. Kopi ini menjadi populer karena pertama kali ditemukan oleh Napoleon Bonaparte ketika mengunjungi pulau ini. Harga dari kopi tersebut mencapai US$ 79 atau sekitar 1 juta per 500 gram kemasan.

El Injerto (Huehuetenango, Guatemala)

Kopi El Injerto merupakan kopi mahal dari Huehuetenango, Guatemala, memang tidak semahal dari kopi luwak di Indonesia, namun kopi ini pernah mendapatkan penghargaan dan piala dari Excellence.

Kopi ini menjadi mahal karena mendapatkan penghargaan tersebut, harga kopi El Injerto mencapai 700 ribu per 500 gram.

Fazenda Santa Ines (Minas Gerais, Brazil)

Kopi Fazenda Santa Ines tidak kalah dengan El Injerto, kopi ini juga memiliki harga yang hampir sama yaitu berkisar 690 rb per 500 gram kemasan.

Kopi yang berasal dari Minas Gerais, Brasil ini memiliki rasa yang nikmat dan manis seperti caramel, entah bagaimana cara pengolahannya sehingga mendapatkan rasa tersebut, banyak wisatawan yang datang ke Minas untuk mencicipi kopi tersebut.

Blue Mountain (Wallenford Estate, Jamaika)

Dari namanya saja kopi ini sudah terdengar keren, Blue Mountain. Biasa tumbuh di Blue Mountain Jamaika, kopi ini memiliki rasa pahit dan sedikit ringan, harga dari kopi ini mencapai 680 rb per 500 gram.

Los Planes (Citala, El Salvador)

Kopi Los Planes biasa tumbuh di Citala, El Salvador. kopi ini terkenal dengan kualitasnya yang bagus, rasa dan aromanya juga enak dan disukai oleh pecinta kopi.

Asal mula nama Los Planes sendiri berasal dari nama sebuah perkebunan milik José Onofre Ticas dengan cucunya yang bernama Sergio Yeyes Ticas, mereka mengembangkan biji kopi Bourbon dan Pacamara sehingga menghasilkan kopi Los Planes yang enak dan segar.

Itulah beberapa daftar kopi termahal di dunia, selain kopi luwak Indonesia masih banyak yang lain kopi dengan aroma yang tidak kalah nikmatnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here