Misteri danau di Himalaya akhir-akhir ini sedang hangat untuk dibicarakan, ada sebuah danau di Himalaya yang tertutup oleh lapisan es yang berisi ratusan mayat, danau tersebut bernama danau Roopkund yang berada di kawasan Uttarakhand, India. Lapisan es yang setiap bulan meleleh memunculkan beberapa kerangka manusia yang masih awet karena dinginya bekuan es pada saat itu.

misteri danau di himalaya  Misteri Danau di Himalaya Dengan Ratusan Kerangka Awet Di Dalamnya danau misterius
image : blogspot

Kisah pertama kali dituturkan oleh penjaga hutan asal inggris pada tahun 1942 yang menemukan beberapa kerangka di danau tersebut, kerangka tersebut diyakini sebagai mayat dari jasad tentara Jepang yang menyusup ke India saat perang dunia ke 2, namun setelah ditemukan kembali beberapa mayat akhirnya timbul berbagai perdebatan akan asal muasal dari ratusan mayat tersebut.

Penelitian Terbaru Misteri Ratusan Mayat di Danau Roopkund

Seperti yang dilansir dari news.com.au (12/7/15) pada tahun 2014 para ilmuan yang tergabung bersama jurnalis National Geographic membawa sekitar 30 kerangka untuk di teliti di Centre for Cellular and Molecular Biology di Hyderabad dan juga untuk dites DNA. Sampel ini juga dikirimkan ke Radiocarbon Accelerator Unit di Oxford University.

danau roopkund  Misteri Danau di Himalaya Dengan Ratusan Kerangka Awet Di Dalamnya 2076007934 4ff3d0def1
image : blogspot

Yang menggemparkan dari penelitian tersebut jika kerangka tersebut berasal dari tahun 850 masehi. Dari penelitian tersebut juga disebutkan asal muasal kerangka tersebut berasal dari India dan bukan dari China, para peneliti memiliki beberapa petunjuk darimana mereka berasal, seperti ditemukannya cincin, tombak yang berada di dasar danau.

Dari tes DNA menyatakan bahwa mereka memiliki ciri-ciri berasal dari daerah yang sama dengan postur tubuh tinggi bahkan salah satu kerangka seperti kerangka Bima yang menjadi cerita mitos di Negara India.

danau tertutup es  Misteri Danau di Himalaya Dengan Ratusan Kerangka Awet Di Dalamnya IMG 4727
danau roopkund sebelum meleleh (image:blogspot)

Dari penelitian tersebu juga ditemukan penyebab kematian masal dari kerangka tersebut, kebanyakan dari mereka memiliki bekas pukulan fatal dari benda menyerupai tongkat kriket yang mengenai belakang kepala. Para ilmuan masih meyakini jika masih banyak terdapat ratusan mayat di dasar danau tersebut yang terawetkan, banyak juga barang-barang sisa jenazah tersebut hilang yang kemungkinan besar dicuri oleh pendaki Himalaya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here