Misteri Indonesia yang belum terpecahkan hingga saat ini memang banyak, setelah sebelumnya kita membahas misteri di Indonesia part 1, sekarang kita akan melanjutkan misteri apa saja yang masih belum terpecahkan di Indonesia sampai saat ini.

Jika kita mengamati Indonesia merupakan negara dengan kepulauan dan keaneragaman yang tidak dimiliki oleh negara lain, Indonesia merupakan sebuah negara yang masih menyimpan banyak mister.

Setelah sebelumnya kita membahas beberapa misteri di Indonesia mulai dari benua atlantis yang diperkirakan berada di Indonesia, kapal hantu Ourang medan hingga gunung padang yang diperkirakan merupakan sebuah piramida tertua dan terbesar di bumi. Berikut beberapa misteri di Indonesia part 2.

Manusia Hobbit

misteri di indonesia

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim gabungan dari Indonesia dan Australia meneliti sebuah tempat yang biasa disebut Liang Bua, sebuah gua yang berada di pulau flores, penggalian ini dilakukan pada tahun 2003 dan menemukan adanya tengkorak manusia hobbit atau hominid (manusia purba) kecil.

Ukuran dari tengkorak yang ditemukan tersebut lebih kecil daripada manusia biasa, hanya berukuran sekitar 3 kaki paling besar, hal ini menjadi perbincangan hangat karena umur dari tengkorak tersebut 180 ribu tahun dan mematahkan penemuan manusia kecil di negara lain.

manusia hobbit

Selain ditemukannya tengkorak dari manusia “hobbit” tersebut juga ditemukan berbagai alat yang digunakan pada masa itu, tim peneliti mengungkapkan jika pada masa itu sudah menggunakan api dalam kehidupan seperti untuk menerangi ruangan maupun untuk memasak.

Misteri Borobudur

misteri borobudur

Misteri borobudur hingga saat ini memang mengundang banyak tim peneliti dari berbagai negara, mulai dari sejarahnya hingga bagaimana cara pembangunan dari candi terbesar di dunia tersebut. Candi ini banyak menuai kontrofersi mulai dari cara pembangunan yang tidak mungkin di bangun oleh orang jaman dahulu, ahli konstruksi yang luarbiasa pada saat itu, dan juga misteri menyebutkan dulunya merupakan sebuah danau dan candi tersebut berada di tengah danau yang luas.

Sebelum ditemukan candi ini terkubur secara terlantar oleh pasir vulkanik gunung berapi yang ditumbuhi pepohonan, sehingga sebelum ditemukan candi borobudur terlihat seperti bukit yang pada akhirnya ditemukan kembali pada masa pemerintahan Britania (Inggris) pada kurun 1811 hingga 1816.

Candi borobudur dibangun oleh penganut Budha mahayana pada tahun 800 Masehi yang merupakan candi Budha terbesar di dunia, candi ini dibangun pada masa wangsa Syailendra.

Beberapa bukti pembangunannya tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga yang ditulis menggunakan aksara yang banyak digunakan pada abad ke 8. Diperkirakan pembangunan candi ini memerlukan waktu 75-100 tahun.

Selengkapnya misteri borobudur : Misteri dan Sejarah Candi Borobudur

Itulah beberapa misteri di Indonesia yang belum terpecahkan hingga saat ini juga diakui sebagai misteri dunia yang patut untuk diteliti lebih lanjut.