SHARE

Kuil Baalbeck merupakan salah satu kuil megah peninggalan romawi kuno yang berada di Lebanon timur ternyata menyimpan banyak misteri yang hingga sekarang belum juga terpecahkan.

Baalbeck sendiri merupakan sebuah kota yang dihuni oleh bangsa Punisia dan pertama kali dibangun pada milenium ketiga SM. Karena penyerangan bertubi-tubi oleh bangsa Yunani akhirnya kota tersebut dikuasai oleh Yunani pada tahun 331 SM, sejak saat itulah Yunani memberi nama tempat ini sebagai Helipolis atau kota matahari.

kuil baalbeck

Sejak saat itu pula orang-orang Yunani mulai membangun kuil dengan gaya arsitektur mereka, kuil yang dibangun berjumlah 3 dengan batu dan tembok yang besar yang hingga kini masih menjadi misteri bagaimana cara mereka membangun kuil yang super megah tersebut.

Misteri Kuil Baalbeck yang Belum Terpecahkan

Yang masih menjadi perdebatan hingga sekarang adalah bagaimana kaum Yunani tersebut membuat dan memotong batu dengan ukuran besar dan dengan bentuk yang halus dan juga rapi? inilah yang menjadi perdebatan para ilmuan dalam meneliti asal usul pembuatan kuil tersebut.

misteri kuil baalbeck
lihatlah betapa besar ukuran batu tersebut

Batu penompang kuil dibuat dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran yang lebih besar daripada manusia dan dipotong dengan halus dan juga rapi, batu-batu tersebut di susun dengan tehnik kunci yang sangat bagus, namun berat dari batu penompang bangunan tersebut sangatlah berat bahkan jika dibuat sekarang mungkin butuh banyak crane untuk mengangkat batu tersebut, lalu bagaimana kaum jaman dahulu membuat dan menumpuk batu tersebut hingga tersusun rapi seperti sekarang?

batu kuil baalbeck
Betapa besarnya batu penompang yang ada dibawah jika dibandingkan dengan manusia

Coba perhatikan gambar di atas, terdapat 2 orang yang berdiri diantara bongkahan batu tersebut, dan yang paling bawah adalah batu penompang kuil yang berukuran besar, dengan batu sebesar itu dengan ukuran dan bentuk yang rapi bagaimana mereka membuat dan juga memindahkannya pada jaman dahulu?

Selain itu ditemukan pula sebuah lokasi yang cukup luas yang dipercaya digunakan untuk proses pembuatan batu-batu penompang bangunan tersebut, lokasi tersebut ditemukan banyak batu-batu yang belum sempurna dipotong, yang lebih mengejutkan lagi ditemukan pula batu berukuran raksasa dengan berat yang sungguh tak terkira.

batu bongkahan kuil baalbeck

Batu tersebut dinamai oleh masyarakat sekitar sebagai Stone of the Pregnant Woman dengan ukuran 21.5 x 4.2 meter dan berat mencapai 1.500 ton, bisa bayangkan butuh berapa crane untuk mengangkat bongkahan batu tersebut.

Beberapa arsitek dan ilmuan berkumpul untuk berunding bagaimana orang jaman dahulu membuat dan memindahkannya hingga tersusun rapi sedemikian pula, bagaimana dan alat apa yang mereka gunakan untuk mengangkat batu sebesar itu.

Atas berita ini muncul berbagai teori konspirasi tentang keterlibatan alien dan mahluk lain dalam pembangunan-pembangunan kuil tersebut, namun hal ini masih menjadi misteri hingga saat ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here