SHARE

Gunung Padang merupakan salah satu situs megalitikum yang sedang diteliti hingga sekarang tentang misteri yang masih tersembunyi di dalamnya. Situs ini terletak di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Kecamatan Campaka, Jawa Barat. Luas dari situs ini kurang lebih mencapai 900 meter persegi dengan ketinggian 885 meter di atas permukaan air laut, untuk hasil sementara para tim peneliti mengungkapkan jika tempat ini merupakan punden berundak tersebesar di Asia Tenggara.

Gunung Padang Menjadi Tempat Keramat

Gunung Padang merupakan tempat yang dikeramatkan oleh desa setempat hingga sekarang, karena mereka percaya jika Gunung ini merupakan gunung buatan yang dibuat oleh Prabu Siliwangi yang berencana membangun istana dalam satu hari, masyarakat setempat percaya jika dulu kala nenek moyang mereka sering melakukan pemujaan di tempat tersebut, hal ini dikemukakan oleh salah satu tim peneliti Rolan Mauludy dan Hokky Situngkir.

Masyarakat dari jaman dulu masih mengetahui jika tempat tersebut hanya sebuah bukit besar atau sebuah gunung, hingga beberapa penemuan yang mengejutkan jika tempat tersebut merupakan salah satu situs megalitikum besar yang ada di daerah mereka.

Misteri Situs Gunung Padang

Jika kita lihat secara jelas bentuk dari Gunung Padang membentuk sebuah piramid dengan bentuk yang simetris, karena sudah lama dan banyak ditumbuhi pepohonan membuat tempat ini menyerupai sebuah bukit atau gunung.

Penggalian situs ini sudah mencapai 100 meter dan banyak menemukan berbagai kesimpulan yang membuat kita kaget pertama mendengarnya, gunung padang memiliki tinggi 3 kali dari Borobudur dan luas 10 kali dari Borobudur.

misteri gunung padang

Ada beberapa orang berpendapat jika situs ini memiliki hubungan erat dengan situs piramida Mesir, dengan bentuk yang mirip dan juga umur lebih tua daripada piramida di Mesir, beberapa penelitian mengungkapkan jika umur dari Gunung Padang ini diperkirakan 4.700 – 10.900 SM, lebih tua daripada Piramida Giza di Mesir yang memiliki umur 2.500 SM.

Komunitas pecinta teori konspirasi pasti suka untuk menguak lebih dalam akan situs yang ada di Jawa Barat ini, sebuah kontrobersi juga sempat muncul setelah Andi Arief (wikipedia) menulis jika di bawah Gunung Padang terdapat ruang seperti yang ada di Mesir, ruang-ruang tersebut dibuat oleh tangan manusia.

Penelitian Gunung Padang

Beberapa penelitian telah dilakukan sejak tahun 2011 kemarin hingga sekarang, untuk pertama kalinya dilakukan oleh tim peneliti katastrofi purba oleh kantor staf khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana yang mendapatkan hasil bahwa di dalam Gunung ini tidak ada intrusi Magma, kemudian mereka membuat penelitian baru dengan metode geofisika yang semakin membuat lebih yakin jika tempat ini merupakan buatan manusia pada jaman dahulu.

Jika memang benar Gunung Padang merupakan salah satu buatan manusia berarti tempat ini bisa jadi menjadi situs megalitikum besar di Indonesia, bahkan bisa memecahkan beberapa misteri jaman dahulu tentang Negara Indonesia.

gunung padang

Beberapa survey yang sudah dipresentasikan dari berbagai hasil penelitian yang melibatkan beberapa ahli dan lebih luas lagi di bidangnya salah satunya Dr. Ali Akbar yang merupakan salah satu ahli sejarah dari Universitas Indonesa, ada juga Pon Purajatnika M. Sc., dan masih banyak yang lain, lebih unik lagi jika semua penelitian ini masih dibiayai oleh anggota tim peneliti dan bantuan dari luar negeri.

Penelitian yang dilakukan menggunakan banyak metode, seperti uji radiometrik karbon yang diteliti di laboratorium Beta Miami, AS, mengungkapkan hasil batu yang diambil dari kedalaman 5 – 12 meter berusia antara 14000-25000 tahun dan lebih tua daripada Piramida Giza di Mesir.

Punden Gunung Padang Cianjur

situs megalitikum

Pembukaan semak dan tumbuhan liar yang dibantu oleh masyarakat sekitar dengan budaya gotong royong berhasil menemukan 20 tingkat punden (terasering) dan mematahkan penemuan dahulu yang mengatakan jika Gunung Padang memiliki 5 punden. Setelah dibukanya area punden ini diperkirakan situs ini memiliki luas sekitar 25 Ha dari sebelumnya hanya sekitar 900 meter persegi.

Penemuan Gerbang Buatan Manusia Kuno

Tim peneliti yang melakukan uji menggunakan Georadar menemukan bentuk yang menyerupai struktur gerbang buatan manusia, hal ini ditemukan pada sisi timur teras 2 dengan kedalaman 27 meter. Dari penggalian ini menemukan rongga-rongga yang diperkirakan sebuah ruangan pada dulu kala yang berisi pasir dengan butiran berukuran sama.

Aksara dan Cekungan pada Batu

Selain itu ditemukan pula batu dengan ukiran menyerupai aksara dan sebuah batu dengan cekungan yang diperkirakan dibuat oleh tangan manusia, mungkin hal ini berhubungan erat dengan Naskah Bujangga Manik yang dibuat pada abad ke 16 yang menyebutkan sebuah tempat yang biasa disebut kabuyutan yang berada ditempat ini, konon katanya tempat tersebut sering menjadi tempat pemujaan bagi kelompok penganut agama asli Sunda pada jaman dahulunya.

Ruangan di Dalam Gunung Padang

Beberapa tim peneliti dari Badan Geologi dan tim Arkeologi Nasional sudah menetapkan sebuah kesimpulan jika di tempat tersebut tidak terdapat sebuah ruangan, namun berbeda dengan tim Riset Mandiri yang berkesimpulan masih ada ruang tersembunyi di dalam Gunung Padang ini, tim Riset Mandiri mengungkapkan jika ada beberapa ruangan yang menyusun situs ini, bahkan lebih besar dari yang diduga sebelumnya.

Apakah Gunung Padang Adalah Piramida?

Jika kita lihat dari atas bentuk dari situs ini sangat menyerupai Piramida di Mesir, peneliti masih terus meneliti untuk mengungkapkan apa sebenarnya situs ini, jika benar terbukti gunung padang merupakan sebuah piramida maka akan menjadi piramida tertua dan terbesar yang ada di dunia ini, namun hal ini masih menjadi penelitian hingga saat ini.

Hasil Penelitian Tahun 2012

Pada tahun 2012 tim peneliti Tim Terpadu Riset Mandiri mengadakan rapat untuk berdiskusi lebih lanjut hasil survey yang dilakukan selama tahun tersebut, penelitian tersebut sudah mendapatkan data sekitar 99 persen dari target yang ditentukan pada awal penelitian. Data lengkap dari uji geolistrik, georadar maupun geomagnetik dikumpulkan yang dikuatkan dengan bukti paleosedimentasi pengeboran di beberapa titik Gunung Padang yang menghasilkan kesimpulan gunung tersebut merupakan buatan manusia pada jaman dahulu. Bawah dari situs tersebut juga terdapat ruangan atau bisa jadi gua atau lorong yang belum ditemukan dan juga banyaknya artefak yang menyimpan banyak misteri.

Penelitian Tahun 2013

Penelitian kembali dilakukan pada Januari hingga Maret 2013 yang dipimpin oleh Dr. Danny Hilman Natawidjaja yang menemukan hal tak ilmuah dari situs tersebut, penggalian dalam penelitian tersebut menemukan beberapa benda ataupun struktur bangunan yang sulit dibuat pada jaman dahulu atau memerlukan bantuan teknologi canggih pada jaman sekarang.

 

Ditemukannya batu berbentuk kolom yang diisi oleh sebuah material, para tim peneliti sepakat menyebut material tersebut sebagai semen purba untuk merekatkan batu kolom yang dibentuk secara simetris tersebut.

situs gunung padang

Penelitian tersebut masih terus diteliti untuk diketahui bagaimana sejarah asli dari situs tersebut. Jika tim peneliti menemukan beberapa bukti ruangan yang ada di dalam situs tersebut Gunung Padang akan menjadi salah satu situs penting di Indonesia yang dibangun pada jaman dahulu lebih tua dan lebih besar daripada Piramida Giza di Mesir dan menjadi objek wisata edukasi terkenal di Indonesia.

Sumber Penelitian : Wikipedia, liputan6, dan berbagai media terpecaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here