SHARE

Pastinya ketika kamu kecil dulu sering di nyayiin lagu nina bobok oleh orang tua mu ketika mau tidur. Lagu itu pun juga sukses membuat kamu tertidur di setiap malamnya. Mungkin kebanyakan orang tidak tahu asal usul dan siapa pencipta dari lagi tersebut. Menurut bebrapa sumber, lagu tersebut sudah ada sejak jaman penjajahan belanda.

lagu Nina Bobo ternyata menyimpan sebuah kisah kelam yang mengerikan. Alkisah ada seorang pria bangswan asal belanda yang menikahi putri jawa yang bernama mustika. Dari hasil pernikahan tersebut lahirlah buah ahti mereka dan di beri nama dengan Helenina Mustika Van Rodjnik yang biasa di panggil Nina.

Nina pun menjalani kehidupan masa kecilnya seperti halnya kebanyakan anak yang lain, sayang nya Nina mempunyai sebuah penyakit insomnia yang menyebakan Nina selalu menangis gelisah dan menangis ketika malam hari. Sang ibu pun khawatir dengan keadaan yang Nina alami, lalu sang ibu menyanyikan  sebuah lagu untuk membuatnya tertidur. Lagu tersebut pun di nyanyikan oleh sang ibu setiap malam dan menjadikan hal tersebut seperti kebiasaan yang harus di lakukan.

Sayangnya sebuah kejadian yang tidak dinginkan terjadi, ketika Nina sudah berusia 6 tahun Nina menderita penyakiut dan akhirnya meninggal dunia.

Kepergian Nina tentunya membawa duka yang mendalam bagi pasangan Mustika dan Van Rodjnik. Saking sayangnya dengan Nina, Mustika jadi sering mengalami halusinasi yang membuat nya terus-menerus menyanyikan lagu nina bobo pada saat menjelang tidur selama bertahun-tahun dan  hingga akhirnya Mustika pun meninggal.

Van Rodjnik yang sendirian di rumah tidak jarang  merasakan hal mistis sepeninggalan  Mustika. Kerap dia  mendengar suara anak kecil menangis yang mirip suara Nina. Puncaknya suatu malam Van Rodjnik kembali mendengar tangisan tersebut dan kemudian melihat bayangan Nina yang sedang berdiri sambil berkata “Papa.. kok papa tidak menyanyikan lagu lagi buat Nina?”

Setelah kejadian itu pikiran Van Rodjnik menjadi terganggu, hingga akhirnya dia sendiri menyanyikan lagu nina bobo terus setiap malamnya menjelang tidur. Kebiasaan ini dia ulangi terus-menerus sampai akhirnya meninggal dunia.

“ Nina Boboo ooh Nina Bobo Kalo tidak Boboo Di gigiitt Nyamukkkk ”

Begitulah kutipan lagu yang di lantunkan oleh sang ibu unutk membuat nina bisa tertidur lelap. Lagu yang sampai sekarang bahakan masih banyak ibu ibu di Indonesia yang menyanyikan lagu Nina Bobo untuk sang buah hati menjelang tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here