Peradaban kuno banyak diteliti oleh peneliti dari berbagai dunia, biasanya banyak ditemukan sisa-sisa peninggalan dari peradaban kuno tersebut. Banyak teori konspirasi dan pendapat dari beberapa ilmuan atas hilangnya kota secara misterius. Berikut beberapa peradaban kuno yang hilang secara misterius.

Peradaban Kuno Indus Valley Civilization, Pakistan

peradaban kuno

Peradaban kuno yang pertama adalah lembah Indus, terletak di daerah yang saat ini sebagai negara Pakistan, peradabaan ini diperkirakan ada sekitar 4.500 tahun yang lalu. Peradaban ini ditemukan ketika dilakukan penggalian dan ditemukan sisa sisa peninggalan peradaban lembah indus. Penggalian ini dilatarbelakangi karena legenda di masyarakat tentang peradaban modern yang pernah ada di tempat tersebut. Dalam penggalian tersebut ditemukan sisa-sisa bangunan, sistem sanitasi kota modern, dan juga beberapa bukti matematika yang pernah ada pada jaman dulu. Sampai sekarang belum ditemukan teori hilangnya peradaban ini.

Kekaisaran Khmer, Kamboja

kekaisaran khmer

Salah satu peradaban kuno yang hilang secara misterius adalah kekaisaran Khmer, peradaban kuno ini ditemukan dari legenda masyarakat disertai bukti tulisan prasasti dan diskusi beberapa ilmuan. Kekaisaran Khmer salah satu imperium di Asia Tenggara yang paling kuat, Diprediksi jika peradaban ini hilang karena wabah penyakit maupun perang antar keluarga kerajaan.

Kekaisaran Aksumite, Ethiopia

kekaisaran peradaban kuno

Peradaban kuno ini diyakini ada sejak abad ke 4 SM, Salah satu peradaban yang menguasai timur laut Afrika, Kekaisaran ini menyebar mulai dariĀ Eritrea, Ethiopia utara, Yaman, Arab Saudi selatan dan utara Sudan, mereka memiliki alfabet tersendiri, Obelisk Axum merupakan salah satu bukti dari peradaban ini, mereka hilang secara misterius, berbagai pendapat peradaban ini hilang karena beberapa invasi dari kerajaan lain atau perubahan iklim yang ekstrim.

Minoa, Crete

minoa

Peradaban yang ditemukan berkat penemuan puzzle yang berkembang 7000 tahun yang lalu, peradaban ini awal mula hanya mitos masyarakat semata, penggalian dan pencarian terus dilakukan dan akhirnya menemukan sisa-sisa peninggalan peradaban ini, diperkirakan hilangnya peradaban ini karena bencana besar yang melanda wilayah kerajaan.

Nabatean, Yordania

peradaban kuno

Bangunan megah dan kokoh yang berdiri dari bongkahan tebing batu jordan dengan keindahan tiada tara, Petra, biasa mereka menyebut tempat ini yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah dari peradaban Nabatean, Peradaban ini mulai meninggalkan Petra tanpa sebab, ada yang mengatakan karena invasi dari kekaisaran romawi, ada juga yang mengatakan jika mereka berpindah karena seluruh tempat telah dikuasai oleh bangsa Arab.

Dan masih banyak lagi beberapa peradaban kuno yang hilang secara misterius.