SHARE

Permainan anak kecil jaman dahulu. Dari sekian banyak permainan di Jaman ini kebanyakan anak kecil sudah menggunakan Gadget dalam bermain.

Bukan hanya itu dalam segi permainan juga bisa bermacam – macam genre game yang ingin di mainkan oleh anak. Ada permainan yang bersifat edukasi yang pastinya sambil bermain sekalian anak belajar. Namun ada juga yang justru tidak ada edukasi melainkan cinderung ke kekerasan seperti game balapan, fighting, dan lain sebagainya.

Dan kemungkinan permainan jaman dahulu ini bisa saja punah dalam dunia ini. Sebelum semua permainan ini punah mungkin kita paling tidak bisa menceritakan pada anak cucu kita kelak.

Bahwa dulu ada permainan yang sangat mengasikkan pada Jaman kita. Apa saja permainan pada zaman dulu yang lambat tahun mulai punah dan mungkin sudah tidak di mainkan lagi sekarang.

Permainan Jaman Dahulu Yang Sekarang Mulai Punah

Permainan Kelereng

Kelereng adalah bola kecil yang terbuat dari kaca yang berbentuk bulat yang didalam nya seperti terdapat motif. Meskipun terbuat dari kaca namun kelereng ini sangat keras dan tidak mudah pecah walaupun jatuh atau di pukul sekalipun.

Permainan anak kecil jaman dahulu

Umumnya pada tahun 1978 – 2008 kelereng ini sangat populer pada saat itu yang di gunakan dalam sebuah permainan. Permainan ini biasanya terdapat beberapa gamers yang terlibat didalamnya paling tidak lebih dari 2 gamers.

Cara bermain permainan ini semua gamers harus memiliki kelereng sendiri – sendiri dan kelerengnya pun harus beli tidak download pastinya. Kemudian buat sebuah gambar kotak di tanah kemudian misalkan masing -masing gamers harus mengisi kotak tersebut dengan 5 kelereng. Semua gamers harus mengisi sebanyak yang mereka isikan ke kotak di tanah tersebut dan harus sama semua.

Setiap gamers biasanya membawa 1 buah kelereng untuk dijadikan hero mereka. Jika saat bermain anda melempar kearah kotak yang berisi kelereng tersebut. Kemudian terdapat kelereng yang keluar dari kotak berarti itu menjadi milik anda.

Bermain kelereng

Istilah Dalam Permainan Kelereng

Dalam istilah permainan ini tiap – tiap kota pasti berbeda dalam menyebutnya. Tetapi dalam artinya pun sama dan jika berbeda mungkin setiap kota sudah upgrade permainan tersebut. Yang jelas supaya permainan ini lebih asik pastinya dan lebih memacu adrenalin mungkin.

  • Doth –¬†yaitu jika gamers saat melaukan permainan kelereng yang dia pakai berhenti atau terdapat di dalam kotak. Dan jika itu terjadi kelereng yang sudah anda dapat sebelumnya harus di kembalikan semua kedalam kotak tersebut.
  • Dor – adalah ketika bermain laju kelerng tersebut terhenti terkena kaki lawan. Dan harus di lempar sesuai arah laju kelereng tersebut.
  • Leb –¬†kondisi dimana laju kelereng harus di berhentikan oleh pemain lain.

Jika salah satu gamers lain yang sudah banyak mendapat kelereng berada di dekat kita. Kemudian masuk giliran kita untuk mengarahkan hero kita.

Anda bisa langsung mengarahkan ke kelereng teman anda jika hero anda mengenainya maka teman anda akan dianggap gugur. Dan semua kelereng yang di miliki teman anda menjadi milik anda semua atau bisa dikatakan reward.

Lompat Tali

Lompat tali adalah permainan yang terbuat dari karet yang disambung menjadi satu sehingga berbentuk panjang. Dalam permainan ini harus terdapat paling tidak 3 orang lebih. Umumnya dalam permainan ini didominasi oleh kaum hawa atau perempuan.

Permainan jaman dahulu lompat tali

Namun dalam realita tetap saja ada anak laki – laki juga yang ikut dalam permainan ini. Lompat tali sebetulnya permainan yang bisa juga disebut atau bergenre sport. Karena saat melakukan lompat tali pasti akan terasa capek dan juga berkeringat layaknya olah raga.

Tidak ada trik khusus dalam permainan ini selama pemain bisa melompat dan tidak mengenai karet yang di putar tersebut. Tidak akan jadi masalah dan anda tetap bisa bermain.

Bermain Monopoli

Dalam permainan ini terdapat 4 pemain yang sudah dibagikan uang dari permainan monopoli tersebut. Permainan ini terdapat berbagai tempat atau kota dan banyak jenisnya.

permaian monopoli

Permainan ini bergenre tentang bisnis yaitu dimana tiap pemain jika berhenti menurut perhitungan dadu. Maka jika anda misalkan di kota bandung anda bisa memilih membeli tempat tersebut dan ingin di bangun hotel atau rumah.

Jika lawan bermain anda berhenti di tempat yang sudah anda beli. Maka anda harus membayar sewa sebesar yang sudah ada dicantumkan dalam permainan monopoli tersebut.

Permainan Bola Bekel

Permainan bola bekel

Bola bekel adalah bola yang terbuat dari karet dan juga bekel yang terbuat dari kuningan atau besi menyerupai huruf S. Cara bermainnya dengan melempar bola kemudian anda mengambil bekel yang sudah di sebar hingga terambil semua. Ada beberapa level yang di mainkan tentu saja masing – masing level selanjutnya akan lebih sulit tentunya.

cara bermain bola bekel

Ada berbagai hal yang tidak boleh di langgar seperti bola dan bekel tidak boleh terlepas jika sudah di genggaman tangan. Umumnya permainan ini dilakukan oleh anak perempuan yang jika mereka sudah benar – benar pro atau jago. Dalam berbagai level mereka bisa melakukan tanpa ada kesalahan sedikit pun hingga selesai.

Plethokan

Plethokan adalah sejenis tembakan yang terbuat dari rotan kecil yang di isi kertas basah. Kemudian jika di tusuk akan terjadi bunyi tembakan dan kertas akan meluncur layaknya peluru.

plethokan permainan jaman dahulu

Jika kalian sudah pernah memainkan plethokan ini sudah pastikan bahwa teman anada pasti banyak waktu kecil. Karena permainan ini membutuhkan teman banyak walaupun secara solo juga bisa.

Namun akan lebih asik dan seru jika bermainkan bersama – sama. Tidak ada aturan yang khusus di permainan ini hanya saja seperti kita sedang melakukan perang – perangan.

Petak Umpet

Petak umpet adalah dimana ada berbagai anak yang salah satunya di tugaskan untuk mencari teman – teman lain yang sedang bersembunyi. Pada dasarnya permainan ini hanya untuk mencari teman yang sedang bersembunyi.

petak umpet permainan jaman dahulu

Dan biasanya yang pertama kali di temukan di giliran berikutnya akan menjadi yang jaga atau yang mencari teman yang bersembunyi. Aturannya hanya jika semua teman sudah ketemu maka game ini akan di reload kembali dengan penjaga yang berbeda.

Namun jikasalah satu teman tidak ketemu hingga penjaga atau yang mencari menyerah karena tidak bisa menemukan. Maka dia biasanya akan menjadi pennjaga lagi atau melakukan pencarian lagi.

Permainan anak kecil jaman dahulu bukan hanya yang sudah di jelaskan di atas saja namun masih banyak lagi. Karena setiap kota atau daerah pasti memiliki genre permainan yang berbeda – beda. Jika semua ini punah maka sudah dipastikan permainan ini bisa saja masuk kedalam buku sejarah atau hanya sekedar cerita saja.

Dan juga walaupun permainanya sama pasti setiap[ daerah mempunyai caradan sebutan yang berbeda pula. Itulah keragaman indonesia walaupun berbeda – beda namun tetap satu permainan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here