Di sebut juga pulau pesumpahan, terletak di provinsi Sumatra Barat dan tepatnya berada di daerah sekitar  kota padang. Selain mempunyai cerita legenda malin kundang  yang menjadi cerita sampai saat ini, di sisi lain pulau pesumpahan juga mempunyai pesona alam yang menabjubjab dan tak terlupakan bagi wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

malin kundang

Pulau ini di beri nama pesumpahan karena merujuk pada kepercayaan penduduk sekitar dengan peristiwa dikutuknya malin kundang menjadi batu karena durhaka kepada ibunya. Menurut bahasa minang, pesumpahan mempunyai arti disumpah atau mendapatkan sumpah. Oelh sebab itu penduduk setempat semakain mempercayai  jika malun kundang memang benar-benar menjadi batu kareni dikutuk oleh ibunya sendiri.

Meskipun mempunyai cerita legenda yang mengerikan, pulau pesumpuhan ternyata mempunyai keindahan alam yang tak kalah indah nya dengan tempat wisata lain di indonesia. Akses untuk menuju lokasi juga tidak begitu sulit kok karena letak pulau pesumpahan ini dekat dengan kota padang sehingga wisatawan dapat dengan mudah menjangkau wilayah pulau pesumpahan ini.  Pulau tersebut merupakan   salah satu pulau terindah dari yang ada di sepanjang 84 KM garis pantai di kota padang. Letaknya berada di sebelah barat pulau kecil yang namanya juga unik yaitu pulau setan dan berjarak 200 meter dari pulau Sikuai yang berada di kecamatan Bungus Teluk Kumbang, Padang.

Salah satu pesona alam yang dimiliki pula Pesumpahan yaitu pantai air manis, pantai yang terletak di padang Sumatra Barat ini mempunyai hamparan pasir putih yang luas dan indah.

pantai air manis
Hamparan pasir putih dan air yang tenang cocok untuk di nikmati bersama keluarga

Di pantai air manis juga bisa menyewa perahu motor untuk mengunjungi pulau di sekitarnya yaitu pulau pisang kecil dan pulau pisang besar, kepulauan yang berjarak sekitar 500 meter dari pesisir pantai air manis.

pantai air manis
BARRY KUSUMA

Selain itu di pantai air manis juga terdapat kios-kios yang menjual berbagai macam souvenir, seperti pakaian, kerajinanan khas pulau Pesumpahan, tas dan masih banyak lagi. Dengan harga mulai dari 5000 rupiah pastinya anda bisa membeli berbagai macam oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.