SHARE

Mungkin anda sendiri pernah mengunjungi tempat seperti lapangan yang berada di tengah – tengah kota. Alun – alun orang – orang biasa menyebutnya seperti itu yang identik dengan pohon beringin.

Apakah anda sering bertanya kenapa setiap kota mempunyai lapangan di tengah kota atau alun – alun ini. Padahal di negara lain tidak ada hal semacam ini dan sepertinya hanya ada di indonesia saja. Apa sih manfaat alun – alun ini kenapa setiap kota memiliki lapangan ini. Sebelumnya kita ketahui terlebih dahulu sejarah dari alun alun dan berikut penjelasannya.

asal usul alun alun

Sejarah Alun Alun Di Indonesia

Pada jaman dahulu alun – alun digunakan untuk berkumpulnya masyarakat di kota tersebut. Sering kali juga di gunakan untuk acara keagamaan. Dan tempat ini dulu juga digunakan sebagai kemiliteran untuk berlatih dan lain sebagainya.

Sejarah alun – alun menurut Van Romondt pada tahun 1986. Mengatakan bahwa alun – alun merupakan halaman rumah yang luas untuk para penguasa. Jika pada jaman dahulu penguasanya adalah raja – raja kini penguasa tersebut bisa saja Presiden, Bupati dan lain sebagainya.

Jika jaman dahulu di gunakan untuk kemiliteran dan acara – acara tertentu. Maka sekarang sudah berbeda atau banyak perkembangan di kota – kota. Biasanya juga sering di gunakan aktifitas sehari – hari seperti berdagang atau tempat bermain.

Dalam hal tertentu juga sering digunakan untuk upacara besar atau dalam hal acara pemerintah yang melibatkan banyak orang. Ada berbagai macam sejarah alun – alun pada jaman dahulu berikut penjelasannya.

Alun – Alun Pada Zaman Hindu Budha

Asal usul alun – alun pada zaman ini terdapat di buku negara kertagama. Dalam isinya di tempat yang bernama Trowulan terdapat alun – alun. Dan yang lebih membuat asal usul ini benar benar nyata yaitu kepercayaan masyarakat pada waktu itu yaitu para petani. Yang jika sedang datang musim tanam mereka para petani harus meminta izin kepada dewi tanah.

Waktu itu masyarakat indonesia sangat percaya dengan dewa – dewa. Dan membuat tempat ini menjadi berkumpulnya masyarakat untuk upacara penyembahan. Dan akhirnya dibuatlah tanah yang berbentuk persegi dan terdapat 4 jalan untuk tempat ini. Waktu itu mereka menyebut tanah yang sakral dan kini di sebut dengan alun – alun.

asal usul alun alun

Alun Alun Di Masa Kerajaan Mataram

Pada era kerajaan Mataram alun – alun ini digunakan untuk tempat untuk menghadap sang penguasa. Contohnya saja sekarang yang masih ada tradisinya. Adalah sejarah alun alun kidul yogyakarta dan alun alun selatan yogyakarta atau lor dalam bahasa jawa untuk sebutan selatan.

Sampai sekarang pun masih ada tradisi ini dan sangat banyak menarik pengunjung wisatawan indonesia atau wisatawan manca negara. Dan terdapat banyak sekali acara – acara budaya di yogyakarta yang tentu saja sangat bagus untuk di nikmati.

Alun Alun Saat Masuknya Islam

Ketika masuknya islam di indonesia ternyata alun – alun menjadi berubah fungsi. Jika pada masa kerajaan mataram untuk tempat menghadap sang penguasa.

alun alun di kota

Maka pada saat islam masuk lapangan ini di gunakan untuk halaman masjid. Atau memperluas halaman masjid agar bisa menampung banyak jamaah. Tidak heran jika terdapat hal unik kenapa selalu ada masjid di dekat alun alun.

Dan perluasan halaman tersebut bisa menampung banyak orang ketika hari – hari besar islam yaitu salah satunya Hari Raya Idul Fitri. Dan hingga sampai saat ini pun budaya islam yang berkembang ini masih ada sampai sekarang.

Kemudian bagaimana dengan penjelasan kenapa terdapat alun – alun di setiap kota di indonesia. Ternyata ada banyak sebab kenapa pemerintah atau pada zaman dahulu dibangun halaman luas ini. Dari sisi kegunaan rata – rata hampir sama yaitu sebagai tempat berkumpul hanya saja tujuannya yang berbeda.

masjid dekat alun alun

Jika dahulu alun – alun adalah tempat yang dikenal sakral atau profan maka berbeda dengan sekarang. Kenapa dibangun tempat ini di setiap kota yaitu menurut Suwardjoko P Warpani (Perencanaan Wilayah Dan Kota). Menjelaskan bahwa alun alun merupakan tempat atau ruang terbuka untuk kota yang memiliki filosofi yang khas.

Lebih jelasnya kenapa terdapat alun alun di setiap kota yaitu untuk sarana kepentingan masyarakat pada zaman dahulu. Dan juga sudah di jelaskan karena untuk tempat berlatih sewaktu indonesia di jajah oleh berbagai negara masa itu.

Sebelum ini pun semasa kerajaan masih ada di indonesia tempat ini juga di gunakan untuk melatih prajurit. Sehingga tentu saja membutuhkan lahan yang banyak serta luas karena prajurit yang banyak pada zaman dahulu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here