Hari buruh internasional yang diperingati setiap tanggal 1 mei ternyata menyimpan sejarah yang perlu kita ketahui, pada saat hari buruh tersebut biasanya diwarnai aksi demonstrasi yang dilakukan diberbagai belahan dunia yang biasanya menuntut untuk para buruh untuk hidup lebih layak maupun menuntut peraturan baru pemerintah atas buruh.

Beberapa negara bahkan sangat kerepotan saat hari buruh ini berlangsung karena tidak sedikit dari para buruh melakukan aksi demonstrasi yang rusuh dan merusak lingkungan, namun apakah kalian tahu bagaimana sejarah hari buruh internasional yang biasa dilakukan pada tanggal 1 Mei ini? berikut beberapa penjelasaanya.

Sejarah Hari Buruh Internasional 1 Mei

hari buruh internasional may day 1 mei  Sejarah Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei md11

Sejarah hari buruh internasional 1 Mei ada beberapa versi, namun yang paling sering dibahas adalah tragedi Haymarket yang terjadi pada tahun 1886, pada saat itu terjadi aksi demonstrasi besar-besaran yang dilakukan oleh 400.000 lebih buruh yang ada di Amerika Serikat tepatnya di lapangan Haymarket, Chicago, Illinois yang menuntut pengurangan jam kerja dari banyak perusahaan yang ada di negara tersebut, aksi tersebut terjadi selama 4 hari hingga tanggal 4 Mei 1886.

Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh ribuan buruh yang diorganisir oleh federasi Buruh Amerika melakukan aksi mogok kerja dan sulit untuk diatasi, bahkan tidak sedikit dari mereka yang melakukan perusakan lingkungan dan membuat kwalahan pemerintah, pemerintah mencoba untuk menenangkan dan merundingkan hal tersebut secara baik-baik namun beberapa aksi demo masih tetap melakukan hal anarkis, karena kesal polisi Amerika Serikat yang menangani demo tersebut melakukan penembakan ke buruh yang menewaskan ratusan buruh, bahkan pemimpin aksi tersebut dihukum mati pada kemudian hari.

Tidak sampai disini, para buruh yang dilakukan penyerangan oleh pihak kepolisian juga membalas aksi penembakan tersebut dengan senjata, alhasi terjadilah aksi para buruh marah dan tetap melakukan aksi demonstrasi dengan membawa senjata.

Sejarah hari buruh tersebut sangat mengguncang dunia karena ratusan orang tak bersalah ditembak oleh oknum polisi yang seharusnya melindungi dan mengayomi masyarakat justru sebaliknya membuat mereka takut, atas kejadian tersebut dunia mengencam penembakan yang dilakukan polisi ke buruh yang melakukan aksi demonstrasi.

Kongres Sosialis Dunia yang dilakukan di Paris pada Juli 1889 menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia (may day), sejarah hari buruh yang lain juga pernah diputuskan pada saat Kongres Buruh Internasional yang dilakukan pada tahun 1886 di Jenewa yang dikuatkan oleh keputusan kongres di Paris pada tahun 1889 tersebut, pada saat kongres tersebut juga ditetapkan jam kerja standar dari perusahaan menjadi 8 jam sehari.

 

Tunggu, sedang memuat. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here