Kencing merupakan aktifitas pengeluaran kotoran berupa cairan dari dalam tubuh, dari kencing inilah semua cairan yang membawa racun maupun zat tidak berguna dibuang, bagi kaum laki-laki kencing dilakukan dengan cara berdiri, dan untuk perempuan lazimnya dilakukan sambil jongkok.

Namun dalam agama islam pernah menyebutkan jika kencing sambil berdiri adalah salah satu yang tidak di anjurkan, seperti gelutcom kutip dari tribunnews ternyata ada bukti ilmiah bahwa kencing jongkok untuk laki-laki lebih baik daripada kencing berdiri, berikut beberapa penjelasannya.

Larangan Kencing Sambil Berdiri

kencing sambil berdiri
image : blogspot image

Dalam agama Islam ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah ra, “Rasulullah SAW tidak kencing sambil berdiri, jangan dibenarkan. Beliau tidak pernah kencing sambil berdiri.” Orang jaman dahulu masih meyakini jika kencing sambil berdiri akan menimbulkan dampak sisa cairan saat sholat, kadang setelah kita kencing dan melakukan sujud, ada sedikit tetesan yang keluar yang membuat shalat tersebut tidak sah, itulah salah satu akibat kencing beridiri.

Kencing Berdiri Menurut Ilmiah

Namun hal tersebut terbukti secara ilmiah tentang dampak kencing sambil berdiri bagi kesehatan, beberapa penyakit pada laki-laki diantaranya penyakit kanker prostat dan batu kandung kemih, berikut beberapa manfaat kencing sambil jongkok menurut penelitian secara ilmiah (tribun).

  1. Tekanan saat buang air kecil dalam keadaan jongkok akan lebih sempurna sehingga membuang semua kotoran dalam kandung kemih yang dapat mencegah terjadinya kanker prostat.
  2. Tahukah kalian jika proses pembuangan terbaik adalah saat terjadinya pembuangan air dilanjutkan pembuangan gas, hal ini dapat terjadi jika kita kencing dalam posisi jongkok, kencing dalam posisi jongkok akan membuat kita mengeluarkan sisa metabolisme tubuh dalam bentuk cairan maupun gas secara berkelanjutan.
  3. Sisa metabolisme tubuh dalam urin jika tidak terbuang semua dapat menyebabkan menumpuknya kotoran yang dapat mengakibatkan terjadinya penyakit kandung kemih dan juga lemah syahwat pada laki-laki.

Dari alasan diatas kita harus menyadari pentingnya kencing secara jongkok dan hindari membuang air kecil berdiri, karena mencegah lebih baik daripada mengobati.