SHARE

Ular makan manusia menjadi cerita populer di kalangan masyarakat Kalimantan, cerita yang paling fenomenal adalah ketika pada jaman penjajahan belanda, dimana banyak warga terutama anak-anak yang menjadi mangsa keganasan ular di Kalimantan, berikut cerita yang berkembang di masyarakat.

Ular Makan Manusia di Kalimantan

ular makan manusia
ilustrasi (source : blogspot image)

Pada masa penjajahan belanda, penduduk asli kalimantan banyak bersembunyi meninggalkan kampung halamanya untuk menghindari kekejaman pemerintahan belanda, penduduk setempat bersembunyi di hutan belantara Kalimantan, masyarakat penduduk asli kalimantan membuka tempat baru di dalam hutan belantara.

Namun hari demi hari kejadian aneh dialami oleh masyarakat tersebut, tujuan awal adalah menghindar dari ancaman belanda, ancaman lain datang menanti, satu persatu anak-anak hilang tanpa jejak, bahkan 8 anak pernah hilang sekaligus dalam satu hari. Masyarakat mulai resah akan hal itu.

Akhirnya pada suatu saat berkumpulah semua penduduk desa tersebut, mereka merencanakan untuk mengetahui siapa dibalik semua ini, mereka pun nekat mengorbankan satu anak demi menghentikan kematian yang lain. Anak tersebut diletakan ditempat biasa anak-anak hilang saat bermain, selain itu warga lain memasang perangkap dan bersembunyi di tempat lain.

Waktu semakin berlalu, tanda-tanda kedatangan monster mengerikan mulai muncul ditandai dengan riakan air yang aneh, tiba-tiba munculah mahluk besar tanpa tangan dan kaki yang melahap anak tersebut dalam sekali telan, semua wargapun menjadi saksi terjadinya ular makan manusia di hutan kalimantan tersebut. Kemudian mereka mengikuti ular itu pergi kesarangnya.

Setelah didapati sarang dari ular makan manusia tersebut, warga mulai menyerangnya dan berhasil menangkap 2 ular dewasa sebesar drum lalu memotongnya, namun masih banyak ular kecil sebesar batang kelapa yang tidak tertangkap.

Penelitian Ular Makan Manusia Di Kalimantan

ular makan manusia

Salah satu penulis sains terkenal, Nadia Drake pada tahun 2014 membuat penelitian apakah ular dapat tumbuh begitu besar di hutan kalimantan. Dari foto dan saksi masyarakat akan ular besar yang ada kalimantan ia dapat menyimpulkan beberapa fakta.

Kalimantan merupakan daerah yang memiliki hutan tropis terbesar, umur sudah mencapai 140 juta tahun yang lalu, sebelum zaman es berakhir, kalimantan pernah menyatu dengan benua laiinya, dimana spesies mahluk langka dapat pindah ke kalimantan dengan hutan tropisnya.

Namun semenjak berakhirnya zaman es, kalimantan terpisah menjadi pulau besar tersendiri yang memiliki berbagai spesies jaman dahulu yang bebas berevolusi, termasuk ular makan manusia berukuran besar. Bahkan terdapat lebih dari 150 spesies ular di hutan kalimantan. Mereka hidup di hutan, dalam tanah bahkan di atas pohon.

“Semua spesies ular ada di Kalimantan, bahkan ada spesies yang belum ditemukan” kata Sara Ruane dari American Museum of Natural History di New York

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here