Candi Borobudur merupakan sebuah candi Budha yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah, candi ini merupakan candi budha terbesar di dunia, memang banyak tempat wisata peninggalan jaman dahulu di Indonesia dan setiap tempat ini menyimpan keindahan yang luar biasa, setiap tahunnya jutaan pengunjung datang ke tempat ini untuk menikmati keindahannya.

Memang banyak misteri dunia yang belum terpecahkan di dunia ini ( baca : Misteri Dunia Yang Belum Terpecahkan Sampai Saat Ini ) salah satunya Sejarah Candi Borobudur yang masih menjadi misteri sampai saat ini, mungkin bagi kalian bertanya-tanya bagaimana orang jaman dahulu bisa membangun candi sebesar dan semegah itu dengan alat ala kadarnya, mari kita simak beberapa artikel berikut.

Sejarah Berdirinya Candi Borobudur

sejarah candi borobudur candi borobudur Sejarah dan Misteri Wisata Candi Borobudur candi borobudur sejarah1Candi borobudur dibangun oleh penganut Budha mahayana pada tahun 800 Masehi yang merupakan candi Budha terbesar di dunia, candi ini dibangun pada masa wangsa Syailendra.

Beberapa bukti pembangunannya tertulis di kaki tertutup Karmawibhangga yang ditulis menggunakan aksara yang banyak digunakan pada abad ke 8. Diperkirakan pembangunan candi ini memerlukan waktu 75-100 tahun.

Sebelum ditemukan candi ini terkubur secara terlantar oleh pasir vulkanik gunung berapi yang ditumbuhi pepohonan, sehingga sebelum ditemukan candi borobudur terlihat seperti bukit yang pada akhirnya ditemukan kembali pada masa pemerintahan Britania (Inggris) pada kurun 1811 hingga 1816.

Dulu candi ini sempat ditinggalkan oleh umat budha sebagai tempat ziarah dengan penyebab yang belum diketahui, hingga akhirnya situs ini di resmikan oleh UNESCO dan kembali menjadi tempat ziarah oleh umat Budha.

Baca Juga : Kura-kura terbesar dan tertua di dunia

Misteri Candi Borobudur

borobudur candi borobudur Sejarah dan Misteri Wisata Candi Borobudur ccandi borobudur

Pembangunan pada saat itu masih tergolong sangan misterius karena pada abad ke 8 manusia belum mengenal arsitektur semegah candi borobudur, hal inilah yang banyak menimbulkan pertanyaan dari tim peneliti.

Jika kita lihat dari atas penampakan dari Candi Borobudur juga memiliki bentuk piramida yang sempurna, bentuk dari punden Borobudur tidak ada yang menyamai di dunia ini, banyak penelitian datang untuk meneliti bagaimana cara pembangunan yang sebenarnya.

Ada sebuah penemuan unik disekitar Candi Borobudur yaitu sebuah sumur yang sudah berumur tua dan memiliki air asin di dalamnya, hal ini banyak menimbulkan pertanyaan darimana asal dari air tersebut sedangkan letak dari Candi Borobudur sendiri jauh dari lautan. Para tim peneliti ada yang menyimpulkan jika dulu kala ada sebuah danau disekitar Candi ini.

Danau ini juga pernah di ungkapkan dalam lukisan oleh seorang pelukis dan juga ahli arsitektur Budha W.O.J. Nieuwnkamp yang menceritakan jika Borobudur dibangun ditengah danau purba yang lenyap akibat letusan gunung berapi.

Jika benar Candi Borobudur dibangung di tengah danau lalu bagai mana cara membangunnya dan teknologi apa yang mereka pakai? hal ini tentu saja menjadi misteri candi borobudur tersembunyi hingga saat ini.

Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman?

misteri candi borobudur nabi sulaiman candi borobudur Sejarah dan Misteri Wisata Candi Borobudur asal 2Busul 2Bpenemuan 2Bcandi 2Bborobudur

Candi borobudur peninggalan Nabi Sulaiman merupakan judul pembicaraan yang pernah hangat di Indonesia, seorang penulis bernama KH Fahmi Basya membuat buku yang berisi tentang Candi Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman.

Ia menuturkan bukti bukti jika Candi Borobudur merupakan peninggalan Nabi Sulaiman dengan mencocokan dengan apa yang disebutkan dalam Al Qur’an, dalam bukunya ia menuturkan jika bangunan Model ‘Arsy yang disebutkan dalam Al Qur’an ternyata konstruksinya hanya dimiliki oleh Borobudur di bumi ini.

Namun dari semua yang ia tuturkan dalam bukunya juga belum mendapat persetujuan dari banyak tim peneliti namun tetap menimbulkan banyak misteri lebih dalam tentang Candi Borobudur ini.

Sumber : wikipedia, liputan6, tribunews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here