Menjadi salesman memang tidak mudah karena target mereka adalah menjual produk sesuai target dari perusahaan yang mereka singgahi, tidak sedikit dari mereka (salesman) yang stress dengan pekerjaannya karena tidak dapat memenuhi target dari perusahaan tersebut.

Padahal jika kita ketahui menjadi salesman hebat banyak dicari oleh perusahaan dan mereka digaji dengan nominal yang tidak rendah, memang tingkat gaji mereka setara dengan pekerjaan yang harus mereka penuhi yaitu meyakinkan konsumen untuk membeli produk mereka.

Namun apakah kalian tahu jika ada salah satu seorang salesman hebat yang sudah diakui oleh dunia internasional, ia adalah Joe Girard yang terkenal karena prestasinya dalam menjual produk perusahaan, bahkan jika diibaratkan ia dapat menjual 6 mobil dalam satu hari dimana yang lain hanya mampu menjual 1 mobil saja. Bagi kita seorang usahawan dapat mencontoh bagaimana ia dapat menjual produk perusahaan sehingga dikenal oleh dunia internasional, berikut tips yang dibagikan oleh Joe Girard dalam menjual produk perusahaan.

salesman hebat  Belajar Menjadi Salesman Hebat Seperti Joe Girard quote the elevator to success is out of order you ll have to use the stairs one step at a joe girard 51 82 84

Pisahkan Antara Masalah Pribadi dengan Pekerjaan

Apapun yang kita alami kita harus bersikap lebih profesional, menurut Joe Girard profesionalis sangan dibutuhkan oleh seorang salesman hebat, apapun masalah yang sedang kita hadapi dirumah kita harus menyingkirkan masalah tersebut dalam pekerjaan kita.

Yang dilakukan oleh Joe Girard adalah selalu merasa ceria walau kesedihan sedang melanda pada saat itu, atas kondisi tersebut konsumen akan merasa dihibur dengan suasana ceria kita, jangan sampai masalah di rumah dibawa dalam pekerjaan kita sehingga menghancurkan mood dalam pekerjaan, perubahan mood ini tentunya dapat merubah suasana saat berhubungan dengan konsumen.

Klien Adalah Raja

Prinsip seorang salesman hebat Joe Girard “klien adalah raja” harus dipengang teguh oleh semua salesman, mereka harus memperlakukan salesman seperti seorang raja, hal utama contohnya tepat waktu dalam membuat janji, kalau bisa datang lebih awal dari jam yang sudah ditetapkan.

Kedisiplinan sangatlah penting dalam jual beli, karena akan menambah keyakinan konsumen untuk membeli produk dari perusahaan tersebut, yang terpenting adalah membuat kepercayaan konsumen tentang diri kita terlebih dahulu, baru tentang produk kita.

Disiplin Mengelola Waktu

Menjadi salesman hebat harus pandai mengelola waktu, seorang salesman hebat harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin, baik untuk belajar atau mulai mencari konsumen dan belajar berbicara dari mereka.

Banyak salesman yang bersantai-santai setelah menjual 1 unit misalnya dalam satu hari, namun tidak dengan salesman dunia Joe Girard yang berusaha tepat waktu dan menggunakan waktu yang ada untuk mencari klien lainnya dan menambah pesanan konsumen.

Pentingnya Etika dengan Konsumen

Seorang salesman hebat harus pintar membaca situasi keadaan, terutama etika dalam bertemu konsumen, konsumen harus menyesuaikan setiap etika dari konsumen yang biasanya berbeda, mulai dari cara berbicara, etika makan, berpakaian dan yang lain.

Sebagai contoh jika bertemu dengan konsumen anak muda, cobalah untuk berpakaian kasual, berbicara sedikit trend yang ada, berbeda saat bertemu dengan orang tua, biasanya lebih sopan dan etika berbicara lebih halus.

Jujur dan Jelas

Memang tugas dari seorang salesman adalah menjual produk sebanyak-banyaknya untuk mencapai target perusahaan, namun tidak dipungkiri prinsip Joe Girard yang utama adalah harus menyampaikan maksud secara jelas dan juga jujur tanpa basa basi semata.

Memang kadang perusahaan menawarkan sedikit promo yang kadang menipu atau sama saja dengan penjualan biasa hanya dipoles dengan sedikit permainan pemasaran, namun hal tersebut perlu anda jelaskan secara jelas agar konsumen tidak merasa tertipu karena permainan tersebut, jika konsumen merasa tertipu hal ini akan berdampak dengan penjualan produk perusahaan tersebut pada masa selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here