SHARE

Menu buka puasa di berbagai daerah berbeda-beda mulai dari sup buah hingga kurma khas negara lain, di Indonesia untuk berbuka puasa biasanya dianjurkan untuk makanan manis terlebih dahulu sebelum menyantap makanan lainnya, hal ini berkaitan dengan aktivitas tubuh yang lebih memerlukan gula untuk energi saat perut kosong.

Bulan ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam di berbagai negara, seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa pada bulan tersebut, kebanyakan ibu rumah tangga membuat menu buka puasa yang spesial untuk keluarga mereka, selain itu biasanya pilihan menu buka puasa juga dijadikan untuk lauk saat melakukan sahur keesokan harinya.

Dijaman modern ini banyak ibu-ibu yang mulai berkarir dengan bekerja disuatu perusahaan maupun menjadi bos di perusahaanya sendiri, oleh karena itu tidak ada waktu untuk mempersiapkan manu masakan buka puasa maupun untuk sahur, berlatar belakang hal ini dan juga banyaknya orang yang mencari menu buka puasa banyak orang yang memanfaatkan moment ini menjadi bisnis untuk mendapatkan keuntungan banyak pada saat bulan ramadhan.

Hanya dengan bermodalkan meja dan berbagai makanan dan diletakkan di pinggir jalan anda sudah dapat melakukan bisnis ini, ternyata jika kita analisa bisnis ini mampu mendapatkan keuntungan yang lumayan bagi sebagian orang. Berikut beberapa menu buka puasa yang dapat anda jual dan banyak disukai oleh masyarakat.

Menu Buka Puasa Yang Banyak Disukai

menu buka puasa

Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan sunnah atau dianjurkan dimakan pertama kali saat buka puasa dalam agama Islam. Rasanya yang manis dengan khasiat yang baik bagi kesehatan ternyata banyak disukai oleh masyarakat, buah kurma mengandung antioksidan yang tinggi dan baik untuk masyarakat yang sedang berpuasa.

Sangat sayang apabila menu buka puasa yang anda jual tidak terdapat kurma di dalamnya, banyak orang pasti bertanya “apakah ada kurma di sini?”, walau hanya dalam jumlah kecil orang membeli namun semua orang pasti membutuhkan kurma untuk berbuka puasa, jika dihitung volume maka hasil yang didapat akan lebih besar.

Aneka Es Buah

Menu buka puasa yang paling disukai saat buka puasa adalah es buah, disamping rasanya yang nikmat es buah mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, apalagi saat puasa seseorang membutuhkan serat dan cairan yang lebih dalam tubuh untuk pencernaan dan proses metabolisme tubuh.

Sebagian masyarakat membayangkan menu buka puasa yang satu ini saat puasa, begitu segar dan menggoda dengan warna yang menarik dan dinginnya es membuat tenggorokan kering kita saat puasa terobati. Tidak sedikit dari penjual es buah yang tidak mampu atau kualahan melayani konsumen saat bulan puasa tiba, alhasil banyak penjual yang menyediakan meja panjang dengan ratusan bungkus es buah untuk persiapan buka puasa.

Baca Juga : Rekomendasi Ide Bisnis Modal Kecil

Kolak

Kolak merupakan salah satu menu buka puasa biasanya ada di pulau Jawa, kolak ini biasanya dibuat dari campuran santan dan gula kemudian diisi dengan aneka buah dan makanan, hampir sama dengan es buah namun memiliki rasa tradisional dan disukai oleh banyak orang.

Apalagi pada saat bulan puasa resep menu puasa ini memang menggiurkan karena rasanya yang nikmat dan membuat tenggorokan kita lebih lega, mungkin anda dapat lebih kreatif dengan memasukan aneka makanan lain dalam kolak tersebut agar lebih menarik konsumen untuk membeli.

Aneka Gorengan

Tidak dipungkiri lagi banyak orang Indonesia yang menyukai gorengan, apalagi bagi orang Jawa gorengan ditambah dengan cabai mentah yang dimakan secara bersamaan membuat rasa yang nikmat dan juga enak. Rasanya kurang jika dalam menu buka puasa anda belum ada gorengan.

Menu buka puasa ini mulai dari tempe goreng, tahu goreng, dan aneka makanan gorengan lain, walau bagi sebagian orang gorengan memiliki kandungan kolesterol yang tinggi namun rasanya membuat kita kangen jika belum menyantap masakan yang satu ini. Gorengan ini tergolong lebih menguntungkan untuk dijual, dengan bermodalkan bahan baku dan minyak goreng dan dijual dalam hitungan volume sudah dapat memberikan hasil keuntungan yang banyak.

Nasi Kotak

Menu buka puasa selanjutnya adalah nasi kotak, nasi kotak ini bisa sebagai tambahan bagi anda walau tidak dalam jumlah besar namun bagi sebagian orang tidak mau repot untuk memasak masakan dirumah terutama bagi anak kos maupun orang yang kebetulan lewat dan sedang dalam perjalanan jauh. Nasi kotak bisa anda isi dengan nasi dan aneka lauk, jangan lupa untuk menyiapkan nasi yang segar dan dengan tambahan lauk lengkap kalau bisa 4 sehat 5 sempurna, jangan pernah mencoba memberikan nasi hari kemarin untuk dijual hari ini, karena berdampak timbal balik konsumen dalam menilai lapak anda. Jika nasi kotak yang anda jual hari ini masih sisa, bisa anda sumbangkan ke masjid untuk amal jariyah, oleh karena itu untuk menyediakan nasi ini jangan terlalu banyak, kita lihat pangsa pasar terlebih dahulu sebelum menjualnya.

Baca Juga : Menghasilkan Omset Miliaran dari Barang Bekas

Itulah beberapa menu buka puasa yang dapat anda jual pada saat bulan Ramadhan, masih banyak menu lain yang menguntungkan, bagi kita terutama anak muda cobalah untuk tidak mengedepankan gengsi, walau hanya berjualan di pinggir jalan namun hasil yang didapat cukup untuk membeli baju dan uang saku saat lebaran nantinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here