Cara meningkatkan produktifitas kerja adalah dengan mencotoh orang Jerman, pada saat Eropa mengalami krisis besar-besaran yang menolong ternyata negara Jerman, rata-rata jam kerja di Jerman adalah 7 jam sehari dan 24 hari untuk cuti, sangatlah berbeda dengan Indonesia yang hanya 8 jam kerja sehari dan waktu cuti 13 hari. Kenapa Jerman bisa menjadi negara maju dari segi Ekonomi?

Dengan kerja jam yang pendek tersebut masyarakat di Jerman tetap digaji tinggi dan tentunya diberi gaji tambahan untuk berlibur, enak juga kan? Kenapa di negara Jerman mendapat perlakuan tersebut, mari kita simak fakta berikut ini.

Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja Ala Jerman

cara meningkatkan produktifitas kerja  Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja Ala Jerman etos 2Bkerja 2Bbangsa 2Bjerman

Jam Kerja Fokus Bekerja

Bagi orang Jerman jam kerja adalah fokus untuk bekerja, tidak ada waktu untuk yang lain seperti facebook-an, chating dan pekerjaan yang mengganggu laiinya, atas aturan ini banyak orang Jerman yang penting menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu kemudian boleh pulang, di Jerman banyak perusahaan yang tidak memiliki aturan ketat antara jam kerja, yang penting berangkat kemudian menyelesaikan tugas dan boleh pulang.

To The Point

Cara meningkatkan produktifitas kerja selanjutnya adalah perbedaan antara negara lain dengan jerman yaitu dari cara berbicara, masyarakat di Jerman tidak suka basa basi, lebih suka bicara secara langsung topik yang ingin disampaikan.

Memisahkan Masalah Pribadi dan Pekerjaan Dengan Seimbang

Menurut survey di Jerman masyarakat disana tidak suka hang out atau ngopi bareng setelah pulang kerja, mereka lebih baik pulang atau mengerjakan hal keluarga di rumah. Masyarakat di Jerman lebih produktif kerja kemudian pulang untuk istirahat dengan keluarga.

Hari Libur Yang Banyak

Orang Jerman mendapatkan 24 hari untuk cuti dalam setahun, selain itu disana hari sabtu dan minggu adalah hari libur, ditambah lagi dengan gaji tambahan untuk liburan, karena hal inilah banyak orang Jerman yang tidak terlalu stress dalam pekerjaan karena dimanjakan dengan liburan panjang.

Jarang Rapat

Di Jerman suatu perusahaan akan melakukan rapat hanya satu bulan sekali bahkan dalam satu bulan tidak ada rapat, yang ada hanya tatap empat mata secara langsung antara bos dan karyawan, tidak ada adat basa basi dengan sapa menyapa, mereka banyak menggunakan waktu luang untuk menyelesaikan tugas yang akan datang, karena hal inilah mereka lebih produktif.

Tidak Takut Kehilangan Pekerjaan

Berbeda dengan negara lain yang masyarakatnya harus bersusah payah melamar kerja dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya, pemerintah Jerman sudah memanjakan masyarakatnya dengan pekerjaan yang luas, banyak sekali perusahaan yang menetapkan sistem rumah gratis untuk karyawannya sehingga mereka tidak memikirkan tagihan bulanan dan hanya fokus untuk bekerja.

Kualitas Lebih Diperhatikan Daripada Kuantitas

Banyak sekali kita jumpai produk premium dari Jerman di Indonesia ini mulai dari otomotif hingga elektronik dan fashion, dan dari beberapa produk tersebut terkenal akan kualitasnya, karena masyarakat di Jerman lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas sehingga produk-nya memiliki nilai jual yang tinggi.

Dari contoh di atas kita bisa belajar bagaimana cara meningkatkan produktifitas kerja kita dalam sehari-hari, memang kita tidak bisa meninggalkan semua adat yang ada di daerah kita, namun bisa kita ambil dan kita padukan dengan adat yang kita punya.

 

 

Tunggu, sedang memuat. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here