Memulai usaha bisnis studio musik dengan modal kecil – Bingung mau berbisnis tapi masih bingung mau bisnis apa? mungkin usaha studio musik ini bisa menjadi pilihan buat anda. apalagi bagi anda yang mempunyai hobi di bidang musik.

Sudah menjadi dambaan setiap orang mempunyai bisnis yang sesaui dengan bakat dan minat. Bisnis studio musik ini contohnya yang cocok bagi anda yang hobi di bidang musik.

Lalu bagaiman memulai bisnis studio musik ini agar berjalan denggan lancar dan meminimalisir kegagalan?? Oke gelut.com akan berbagi tips bagaimana cara memulai bisnis studio ini, simak beberapa ulasan di bawah ini.

Pertama kita analisis tentang gambaran kasar tentang bsinis ini, Bagi anda yang belum familiar dengan bidang ini mungkin perlu tahu terlebih dahulu tentang garis besar bisnis ini.

Studio musik adalah tempat yang biasa di gunakan untuk latihan bermain musik dan biasanya adalah para pemain band pemula yang sering rajin berkunjung ke studio musik.

karean mungkin band yang sudah terkenal sudah memakai studio sendiri sebagai tempat untuk mereka latihan.

Kembali ke topik,, owh iya bisnis studio musik merupakan bisnis yang mempunyai prospek yang cukup bagus apabila di lakukan dengan ulet dan teliti. usaha ini juga cocok di lakukan di derah perkotaan maupun pedesaan. Karena orang yang suka musik tidak hanya ada di perkotaan, tak sedikit orang pedesaan mempunyai hobi musik.

untuk menjalankan bisnis ini yang perlu anda siapkan tentunya modal uang dan juga modal ilmu yang tak kalah pentingnya.

Bagi anda yang belum tahu menahu tentang bisnis ini tenang saja, anda bisa belajar disini bagaiman sih cara mengoptimalkan bisnis studio musik dengan modal kecil tapi bisa untuk besar. Simak 6 ulasan berikut ini :

bisnis studio musik bisnis studio musik Ini Tips Memulai Usaha Bisnis Studio Musik Dengan Modal Kecil woman hand smartphone desk

Peluang Usaha Studio Musik Dengan Modal Kecil Untung besar

1. Perhatikan Lokasi Studio Musik

Untuk melakukan bisnis ini anda bisa memulai dengan memanfaatkan sebagian kecil ruangan di rumah anda. Hanya dengan ruangan berukuran 5 x 3 meter sudah cukup untuk memulai bisnis ini.

Dengan begitu, anda sudah sedikit menghemat modal usaha dengan tidak menyewa ruko atau yang lainya.

Namun kami sarankan untuk memilih lokasi – lokasi yang strategis seperti loaksi yang dekat dengan sekolahan ataupun universitas. Selain lokasi strategis tersebut anda juga harus memperhatikan fasilitas penunjang lainya seperti ruang tunggu yang nyaman, tempat parkir yang cukup dan sebagainya.

2. Spesifikasi Perlengkapan Alat Musik Untuk Studio Anda

Hal penting berikutnya yang harus anda perhatikan adalah spesifikasi alat musik yang akan anda gunakan. Ada tiga pilihan yang bisa anda pilih dalam membeli alat musik yaitu alat musik lokal(biasa) , berlisensi atau original.

Jangan terburu-buru dalam membeli alat musik, akan lebih baik anda sesuaikan dulu dengan budget yang anda miliki.

Untuk membeli perlengkapan alat musik dengan spesifikasi bias / lokal di perlukan budget uang sekitar 30 jutaan, untuk alat musik yang berlisensi di butuhkan budget sekitar 50 jutaan, sedangkan untuk membeli alat musik yang original di butuhkan modal yang cukup besar yaitu sekitar 100 jutaan.

Nah setelah anda tahu tentang budget di atas kini saatnya anda menentukan pilihan berdasarkan kemampuan anda.

3. Target Pasar Bagi Studio Musik Anda

Setelah mengetahui berapa budget yang harus anda siapkan, tentunya berdasarkan kemampuan ya. Kini saatnya anda riset tentan target konsumen anda.

Lihatlah sekiatar anda, siapa sih yang akan menggunakan studio musik milik anda. Jika di daerah tersebut kiranya yang akan menyewa adalah band-band yang masih amtiran atau dalam artian orang-orang pemula yang sedang belajar musik kami sarankan anda untuk menggunakan alat musik dengan spesifikiaksi biasa saja yaitu cukup dengan modal sekitar 30 juta.

Atau jika di daerah tersebut banyak band-band yang sudah mahir dan mempunyai nama, saya sarankan untuk alat musik dengan spesifikasi lisensi hingga original.

4. Pengaturan Ruangan

Nah ini nih salah satu bagian yang juga sangat penting karena terkait dengan kenyamanan konsumen. Cukup banyak yang harus anda lakukan dalam mendesain ruangan agar terasa nyaman.

Sangat di rekomendasikan dalam membuat ruang untuk sutdio musik dengan bentuk yang memanjang, diusahakan untuk menghindari ruangan berbentuk persegi atau kubus. sebagai contoh anda bisa membuat ruangan dengan ukuran panjang 6 meter, lebar 4 meter dan tinggi cukup 3 meter.

kenapa sih tidak di rekomendasikan membuat rungan dengan bentuk persegi ataupun kubus?? karena ruangan yang memilki unkuran tinggi, lebar dan panjang yang sama akan menimbulkan suara yang kurang sempurna.

Setelah mempersiapkan ukuran ruangan, kini selanjutnya anda harus mempersiapkan perlengkapan guna keperluan pengedap suara, agar suara yang di hasilkan tidak sampai ke luar ruangan.

Selain perlengkapan peredam suara, jangan sampai anda lewatkan untuk menggunakan bass trap di setiap sudut ruangan yang ada. Nah untuk ukuran bas trap sendiri minimal 120×80 cm yang bisa anda gunakan untuk permodul dan juga di isi rigid fiberglass di setiap modulnya.

Pada umumnya rigid fiberglass mempunyai warna kuning sperti halnya dacron. Selain itu janan lupa untuk menggunakan diffusor / pemecah suara di semua permukaan tembok studio. Dan juga hindari 2 permukaan yang saling berhadapan secara langsung.

5. Sistem Manajemen Studio

dalam menjalankan semua bisnis tentunya di butuhkan sistem manajemen yang baik tak terkeculai dengan bisnis studio musik ini. Dan yang paling utama untuk di perhatikan adalah manajemen keuangan, karena keuangan bagain paling vital dalam suatu bisnis. Manajemen keuanan ini biasanya bersangkutan dengan pembiayaan studio musik seperti halnya cadanan senar gitar dan stick. Jangan di lewatkan juga manaje kebutuhan oprasional yang lain seperti biaya listrik, air, perawatan dan sebagainya.

6. Promosikan Bisnis Studio Musik Anda

Dalam menjalankan bisnis promosi merupakan hal yang wajib di lakukan demi mebuat brand anda menjadi terkenal dan profit pun meningkat. Media promosi pun banyak yang bisa anda pilih dari ofline maupun online.

Peluang bisnis studio musik bisnis studio musik Ini Tips Memulai Usaha Bisnis Studio Musik Dengan Modal Kecil Video in business

Dari ofline anda bisa memasang baner di pinggir jalan, menyebar brosur dan lain sebagainya. sedangakn untuk online anda bisa dengan memasang iklan di facebook ads ataupun adwords.

Ttambahan dari kami, kalau bisa di buatkan website, karena website adalah satu satu media promosi yang terbilang murah. Jangan lupa juga buat akaun sosila media seperti facebook, instagaram, twitter dan sebagainya.

Kami saranakn dalam awal memperknalkan studio musik anda, buatlah promo-promo menarik untuk menarik pelanggan. Dan yang paling penting tawrkanlah ke konsumen produk jasa yang berkualitas dan pelayanan yang ramah.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Produk Dengan Tips Marketing Plan Ini

Mungkin cukup sekian artikel tentang panduan bagaimana memulai bisnis studio musik modal kecil yang bisa anda coba. Save artikel ini dengan cara membagikan artikel ini di sosial media yang anda punya. mungkin juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here