SHARE

Kerajinan tangan dari barang bekas salah satu peluang usaha yang menggunakan modal sedikit dan mengurangi barang bekas yang tidak terpakai, peluang usaha yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat karena selain dapat memanfaatkan barang bekas yang biasanya dibuang namun dapat menghasilkan uang, bahkan bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan.

Cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas tergantung dari kreatifitas seseorang, semakin unik barang yang mereka ciptakan semakin mahal pula harga jualnya, tidak sedikit dari tokoh sukses di Indonesia bahkan mancanegara yang berhasil menjadi pebisnis sukses hanya karena kerajinan tangan dari barang bekas tersebut.

Sebagian besar hasil karya barang bekas tersebut biasa digunakan sebagai hiasan, barang pembantu, tempat makanan minuman dan sebagainya, kadang seseorang tidak melihat hasil indah dari sebuah benda bekas yang tidak kita kira, alhasil kerajinan tangan dari barang bekas tersebut dapat memukau konsumen sehingga ingin membelinya. Untuk itu berikut beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang sudah populer di Indonesia.

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol biasanya terbuat dari plastik yang sulit terurai oleh tanah, jika botol itu sendiri tidak di daur ulang maka akan menyebabkan pencemaran lingkungan yang merugikan manusia, mungkin anda sudah sering mendengar bagaimana akibat jika alam kita terkontaminasi dengan botol bekas yang dibuang sembarangan dan efeknya bagi alam kita.

kerajinan tangan dari barang bekas

Ternyata botol bekas yang biasa kita buang ini dapat menjadi kerajinan tangan dari barang bekas yang menghasilkan banyak uang, selain botol bekas mudah untuk kita dapatkan ia juga dapat menjadi tempat atau kerajinan yang kokoh misalnya untuk vas bunga, untuk pernak pernik hiasan rumah, untuk mainan anak dan sebagainya.

kerajinan tangan

Apalagi sekarang Indonesia sudah mulai populer dengan lampu hias yang terbuat dari selang plastik, yang ternyata menghasilkan warna yang indah dan banyak disukai oleh banyak orang.

mainan anak dari barang bekas

Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Kerajinan tangan selanjutnya adalah kerajinan dari kardus bekas yang sudah populer sejak jaman dahulu, kardus atau kertas memang banyak kita temukan di dalam rumah dan kadang menjadi benda yang tidak berguna dan kebanyakan orang akan membuangnya, hanya dengan sedikit kreatifitas kita dapat membuat kerajinan tangan dari barang bekas menjadi bisnis dengan omset yang tinggi.

kerajinan tangan dari barang bekas

Bahkan banyak dari berbagai negara mengadakan lomba untuk karya seni dan kreatifitas membuat kerajinan tangan dari barang bekas dan benda unik lainnya, tidak sedikit pula masyarakat yang antusias mengikuti acara ini karena hadiahnya yang besar dan juga kadang mendapatkan ide untuk menciptakan bisnis baru yang dapat menghasilkan uang dan menjadi ladang bisnis bagi masyarakat sekitar.

kerajinan tangan

Membuat replika suatu tokoh, monster, robot dan sebagainya dapat dengan mudah kita buat dari karton maupun kardus ini selain barangnya yang ringan juga mudah ditemukan di sekitar kita, selain itu juga bisa kita buat hiasan untuk rumah kita atau lampion yang indah.

kerajinan tangan

Keranjinan Tangan dari Sisa Perca

Bahan sisa jahitan yang sering dibuang oleh penjahit ternyata bisa dipakai sebagi barang unik yang tidak kita kira, sebagai contoh tempat hp, boneka, hiasan baju dan sebagainya, potongan jahitan yang biasanya banyak dibuang ini bisa menjadi sumber penghasilan dengan membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

kerajinan tangan dari kain perca

Memang tergolong tanpa modal hanya butuh kreatifitas seseorang, namun usaha ini memang begitu menjanjikan bagi sebagian kalangan, hanya dari kain sisa potongan baju atau bahan jahitan bisa menjadi barang unik yang banyak disukai oleh konsumen.

Bunga Dari Sedotan dan Plastik Bekas

Satu lagi hasil karya dari barang tak mudah di urai oleh tanah satu ini, yaitu bunga cantik yang membuat orang pertama kali melihat akan terpukau, selain memanfaatkan baran bekas yang sering dibuang, bunga ini banyak digunakan untuk hiasan ruangan sehingga memberikan kesan lebih indah dari sebelumnya.

kerajinan tangan

Itulah beberapa contoh kerajinan tangan dari barang bekas yang sudah familiar dan mudah kita temukan disekitar kita, mungkin kalian bisa menemukan ide lain yang lebih unik dari biasanya orang buat sehingga dapat mengikat minat masyarakat luas.

Cara Memasarkan Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas

Setelah kalian menemukan ide untuk membuat kerajinan tangan tersebut barulah kita teliti apakah kerajinan tersebut disukai oleh banyak orang sebelum kita jual ke masyarakat. Cobalah ambil beberapa contoh orang untuk menilai bagaimana hasil karya yang telah anda buat.

kerajinan tangan dari barang bekas

Jika memang sudah tepat dan yakin untuk dijual, maka baru kita lakukan penjualan, untuk memasarkan kerajinan tangan yang kita buat kita bisa menggunakan beberapa teknik pemasaran yang sedang booming pada saat itu, sebagai contoh sekarang sedang jamannya sosial media, kita bisa memasarkan produk kita di sosial media tersebut. Berikut beberapa trik pemasaran yang dapat anda lakukan.

  • Jual hasil karya anda ke berbagai toko online yang sudah populer dimasyarakat, misalnya tokopedia maupun bukalapak, beberapa situs tersebut banyak masyarakat yang mencoba menjual hasil karya mereka untuk dijual secara luas, kita tahu sendiri pasar online adalah pasar yang luas yang dapat dilihat oleh jutaan orang diseluruh dunia, sehingga peluang besar masyarakat akan mudah menemukan produk kita, atau juga bisa anda membuat website sendiri jika memiliki dana yang lebih dan kemampuan di bidang tersebut.
  • Bantu pemasaran kerajinan tangan dari barang bekas¬†anda dengan sosial media yang sedang populer misalnya facebook, jangan lupa untuk menyertakan testimoni pelanggan melalui facebook atau sosial media lainnya.
  • Buat sistem reseller dan dropship untuk membantu orang lain memasarkan produk anda, walau anda mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit, namun volumen penjualan akan lebih besar.
  • Inovasi produk baru dan kreatif merupakan kunci kesuksesan di bidang ini, jangan lupa untuk menciptakan produk yang indah dan juga berguna bagi konsumen yang kita target.

Itulah beberapa kiat pemasaran produk kerajinan tangan dari barang bekas yang bisa kita praktekan di rumah walau sebagai sampingan namun peluang usaha ini sangatlah menjanjikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here