Peluang usaha kuliner di berbagai daerah banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak atau pelaku bisnis, usaha kuliner ini mulai menjamur sejak beberapa tahun terakhir, banyak pelaku lokal yang memanfaatkan peluang usaha kuliner ini sehingga banyak juga miliader baru di bidang kuliner dari Indonesia.

Tidak hanya pelaku industri luar negeri yang membuka cabang di Indonesia yang menguasai pasar kuliner Indonesia namun juga beberapa pelaku daerah muncul menjadi pelaku baru yang siap bersaing dengan mereka. Hal ini memicu pelaku usaha kuliner kecil-kecilan di daerah mereka karena memang peluang usaha kuliner merupakan bisnis yang menguntungkan.

Salah satu pengusaha kuliner lokal yang sudah berkembang pesatnya Danis Puntoadi yang merupakan pemilik CRP Group, usahanya bergerak di bidang bisnis kuliner ini sukses memanfaatkan peluang usaha kuliner yang sedang menjamur pada saat ini, pemuda lulusan Universitas Katolik Parahyangan Bandung ini dapat membawa nama CRP Group ke puncak kesuksesan dalam waktu 3 tahun, usahanya sendiri sudah mempunyai 50 cabang di 15 kota, Danis membagikan beberapa tips memanfaatkan peluang usaha kuliner agar sukses dalam persaingan di daerah, berikut beberapa tips dari Danis yang perlu kita ketahui.

Tips Sukses Memanfaatkan Peluang Usaha Kuliner

peluang usaha kuliner peluang usaha kuliner Sukses Memanfaatkan Peluang Usaha Kuliner Dengan Tips Berikut kuliner

Mengenal Konsumen Pasar Dengan Baik

Sebelum anda memanfaatkan peluang usaha kuliner di kota anda, sebaiknya kenali konsumen pasar anda dengan baik, bagaimana perilaku mereka dalam memilih tempat kuliner, menurut Danis usaha kuliner yang gagal dalam persaingan utamanya disebabkan oleh kurangnya research pemilik usaha dengan target pasar di daerah tersebut.

Konsumen merupakan salah satu aset penting dalam keberlangsungan peluang usaha kuliner tersebut, oleh karena itu untuk mengundang para konsumen datang ke tempat usaha kita harus mengenali perilaku dan kesukaan mereka, paling tidak lakukan riset ini minimal 6 bulan sebelum membuka usaha tersebut.

Sebagai contoh bagaimana para konsumen mencintai tempat makan yang banyak di kunjungi, misalnya dari segi tempat mereka suka dengan tempat yang unik atau khas Jepang misalnya, menu yang lengkap dengan harga paket yang murah, menu unik yang belum ada di tempat lain, dan berbagai hal yang dapat anda kenali dari target konsumen untuk peluang usaha kuliner anda.

Kenalkan Brand Usaha Kuliner Anda

Tidak kalah penting lagi adalah brand dari suatu usaha, menurut Danis nama dari usaha kuliner kita sangatlah penting untuk menciptakan promosi mulut ke mulut yang biasa dilakukan oleh anak muda sekarang, apalagi brand yang kuat akan mudah menarik konsumen datang ke tempat kita.

Bahkan beberapa konsumen rela datang ke tempat kuliner dengan harga yang mahal hanya karena tempat tersebut sudah memiliki brand yang kuat di masyarakat, sebagai contoh salah satu kedai kopi Starbuck yang mematok harga 1 gelas kopi mencapai 50 ribu dan memiliki banyak pelanggan, berbeda dengan warung kopi biasa yang mematok harga kopi lebih murah hanya 10 ribu karena brand mereka belum kuat.

Satu brand atau nama usaha dalam bisnis kuliner biasanya akan membawa beberapa ciri khas, misalnya kuliner dengan nama “Andi Resto” memiliki tempat yang unik, rasa enak, harga murah dan ada pemandangan yang indah cocok untuk selfie bersama. Cara inilah yang digunakan Danis dalam meraih sukses memanfaatkan peluang usaha kuliner.

Buat Manajemen yang Baik

Tips membangun bisnis kuliner ala Danis adalah menciptakan manajemen yang baik, sistem manajemen yang baik mulai dari konsumen memesan pesanan, hingga sampai ke tukang masak dan hingga pelayan mengantarkan pesanan dengan cepat akan membuat usaha anda lebih mudah dan tidak membuat konsumen menunggu lama.

Sistem manajemen dalam memanfaatkan peluang usaha kuliner ini akan mudah mengendalikan dan mengontrol bisnis anda sehingga mulai berkembang, ciptakanlah sistem yang baik mulai dari perputaran uang hingga hal secara teknis dari usaha tersebut.

Gunakan Kreatifitas Dalam Inovasi

Untuk memanfaatkan peluang usaha kuliner utama adalah selalu berinovasi menciptakan produk baru atau hal baru untuk menambah rasa nyaman dari usaha kuliner anda, sebagai contoh hal unik dari menu baru yang ditambahkan dan tidak ada di kuliner lainnya membuat orang akan selalu penasaran dan mengunjungi usaha kuliner anda.

Begitu juga tempat baru yang akan menarik mereka, sebagai contoh tempat baru untuk arena bermain anak-anak sehingga anak-anak suka ke tempat tersebut dan mengajak orang tua beserta kerabatnya.

Teknik Promosi dan Pemasaran Terkini

Tips memanfaatkan peluang usaha kuliner selanjutnya adalah selalu gunakan teknik promosi terkini yang sedang berkembang, sebagai contoh promosi media sosial dengan target konsumen lokal, anda bisa menggunakan gambar-gambar menarik dari menu anda, upload foto tersebut menjadi album dan gunakan untuk iklan di media sosial dengan target konsumen terdekat.

Anda juga bisa gunakan brosur yang disebarkan ke berbagai kalangan mulai dari sekolah hingga perpustakaan untuk menarik promo yang dilakukan setiap bulannya atau launcing produk baru yang membuat penasaran bagi konsumen.

Buat Tempat Yang Unik

Memberikan tempat yang unik dapat mengundang banyak konsumen untuk datang ke usaha kuliner anda, apalagi jaman sekarang sedang trend selfie bagi anak muda dari suatu tempat makanan, buatlah tempat yang unik jika di foto oleh mereka, berilah kesan dan ciri khas tersendiri dari usaha kuliner anda, sehingga orang lain akan tahu jika ada foto di usaha kuliner tersebut.

Promo dan Acara Wajib

Cara memanfaatkan peluang usaha kuliner yang baik selanjutnya adalah dengan mengadakan promo produk baru yang membuat orang tak bosen makan di tempat kuliner anda.

Anda juga dapat membuat acara wajib mungkin setiap 3 bulan sekali misalnya dengan acara musik lokal yang membuat banyak konsumen untuk semakin mengenal usaha kuliner anda.

Sosial dan Membaur dengan Masyarakat

Sukses membangun peluang usaha kuliner lokal tak luput dari gerakan sosial dan berbaur dengan masyarakat lokal, sebagai contoh pembangunan tempat ibadah, santunan anak yatim di daerah tersebut membuat masyarakat sekitar lebih peduli dan mendukung usaha kuliner anda.

Anda juga bisa membuka jasa pesan antar untuk daerah terdekat agar para konsumen lebih mudah mendapatkan menu masakan yang anda punyai tanpa harus bersusah payah datang ke tempat kuliner anda.

Beberapa pengusaha besar di dunia selalu mengedepankan kepentingan sosial untuk menumbuhkan bisnis mereka, sebagai contoh Bill Gates yang membangun yayasan bernama Bill & Melinda Gates Foundation yang menjumbang lebih dari $34 Miliar untuk kegiatan sosial, mungkin diantara kita akan berfikir jika uang tersebut akan menguras banyak kekayaan yang dimiliki oleh Bill Gates, namun pada kenyataannya kekayaan dari salah satu orang terkaya di dunia ini justru semakin naik tanpa batas. Hal ini patut kita contoh dalam mengembangkan bisnis yang kita punya, apapun itu bisnis kita.

Itulah beberapa tips dari Danis Puntoadi dalam memanfaatkan peluang usaha kuliner lokal untuk menjadi bisnis utama kita, mungkin kedepan tips lain seiring dengan perkembangan jaman yang semakin maju.

 

 

 

Tunggu, sedang memuat. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here