Strategi pemasaran produk sering kali dilupakan oleh beberapa kalangan wirausahawan karena mereka lebih memperhatikan besarnya keuntungan daripada pemasaran, padahal teknik pemasaran yang baik akan mendapatkan keuntungan yang besar seimbang dengan perputaran dana yang ada di perusahaan tersebut.

Kebanyakan perusahaan gagal karena tidak menerapkan strategi marketing yang baik, padahal jika kita tahu dan merencanakan sedikit tentang strategi pemasaran justru akan membantu kita dalam perjalanannya menuju tujuan yang telah dibuat dari awal.

Apalagi perusahaan dengan persaingan yang ada selalu memunculkan produk dan inovasi terbaru untuk tetap melanjutkan keberlangsungan keuangan perusahaan, dengan adanya hal tersebut maka perusahaan harus memperkenalkan produk mereka ke konsumen dengan teknik strategi pemasaran produk yang baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menetapkan strategi pemasaran produk yang baik.

Strategi Pemasaran Produk yang Baik

strategi pemasaran produk strategi pemasaran produk Strategi Pemasaran Produk Dengan Tips Marketing Plan Ini strategi pemasaran produk

Mengetahui Dasar Strategi Pemasaran Produk

Dalam suatu bisnis yang perlu diperhatikan adalah tentukan strategi pemasaran produk, namun sebelum itu kita harus mengetahui dasar-dasar dalam dunia pemasaran, untuk itu seorang pengusaha harus tahu istilah 4P yang dijabarkan menjadi product, price, place,promotion.

Empat faktor di atas sangatlah diperhatikan sebelum anda menentukan strategi pemasaran produk yang baik, beberapa hal yang perlu diperhatikan lebih awal adalah :

  1. Produk, produk apa yang akan dijual harus kita tentukan sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, tentunya pilihlah produk yang unik, bermanfaat bagi konsumen dan memiliki faktor x tersendiri dibanding dengan produk lain.
  2. Price, tentukan harga yang akan ditetapkan dalam menjual produk anda, tentunya dalam penentuan harga harus dianalisa terlebih dahulu, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga diantaranya adalah harga produk lain, harga bahan, harga produksi, dll.
  3. Place, target pasar yang akan dijangkau oleh produk kita, tentukan target pasar kita yang akan menentukan ijin-ijin yang harus dipenuhi dan kualitas produk jika dilakukan pengiriman ke tempat tersebut.
  4. Promotion, menurut pendapat dari salah seorang terkaya di Indonesia promosi adalah investasi yang tak terlihat, banyak orang rela mengeluarkan biaya promosi yang begitu besar, hal ini promosi membantu konsumen untuk mengenal produk kita dan tentunya berpengaruh dengan penjualan dari produk.

Pantau Kompetitor Produk Baru Anda

Walau kita membuat produk yang tergolong baru dan belum ada pesaingnya, namun tunggulah beberapa waktu dan produk anda akan ada pesaing baru dan inilah menjadi salah satu penyebab pentingnya untuk analisa kompetitor kita dalam menetukan strategi pemasaran produk yang baik, pantau selalu produk pesaing tersebut dari segi kelebihan yang mereka punya daripada produk yang kita miliki, selalu upgrade produk kita agar lebih baik dari kompetitor, ini merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang banyak digunakan oleh beberapa perusahaan besar.

Strategi pemasaran produk tersebut juga bisa diimbangi dengan menganalisa kekurangan dari produk kompetitor, dari kekurangan tersebut kita bisa buat dalam produk kita dan menjadi kelebihan yang tak dimiliki oleh kompetitor.

Anggaran Pemasaran yang Efektif

Strategi pemasaran produk baru yang selanjutnya adalah gunakan anggaran pemasaran yang efektif, memang benar promosi maupun strategi pemasaran memerlukan biaya yang tidak sedikit, namun hal tersebut jangan sampai menjerumuskan kita untuk mengeluarkan biaya dalam hal yang salah.

Upayakan untuk menentukan strategi pemasaran produk dari segi promosi yang tepat, tepat sesuai target yang telah ditentukan, misalnya produk kita akan ditargetkan kepada anak muda, maka sumber promosi yang baik adalah sosial media misalnya, karena kebanyakan remaja sekarang sedang gandrung dengan sosial media.

Target Pasar yang Jelas

Target pasar yang jelas juga sangatlah menentukan baik atau buruknya strategi pemasaran produk yang kita pilih, sebagai contoh usia konsumen, jenis kelamin, pekerjaan dan sebagainya.

Jika target pasar yang jelas sudah kita tentukan maka untuk menetapkan strategi pemasaran produk yang baik akan mudah dilakukan, sebagai contoh jika target pemasaran kita adalah daerah yang memiliki suhu udara sedikit panas karena produk kita minuman dingin, maka pemasaran dilakukan ditempat dengan kondisi tersebut misalahnya di kota besar yang cenderung memiliki suhu tinggi, pantai, tempat wisata dan sebagainya.

Strategi Penetapan Harga

Dalam menentukan strategi pemasaran produk yang tepat kita selalu memperhatikan harga jual dari produk kita, karena selain kebutuhan konsumen akan produk kita, yang pertama dilihat selain penampilan adalah harga dari produk tersebut.

Dalam konsem strategi pemasaran produk yang baik dalam menetapkan harga produk adalah melihat penetapan harga yang dilakukan oleh kompetitor ataupun produk sejenis dari produk kita, setelah itu kita hitung dari biaya yang digunakan untuk membuat produk tersebut misalnya bahan, kemasan, karyawan, pemasaran, dan sebagainya.

Jika setelah dihitung dan ternyata biaya produksi lebih besar dari harga jual kompetitor maka kita perlu menganalisa apakah bahan atau faktor yang membuat produk kita lebih mahal dibanding produk kompetitor, dan cobalah buat lebih efisien mungkin dengan tidak mengurangi kualitas dan manfaat dari produk kita.

Kelebihan dan Manfaat dari Produk

Sebagai perusahaan kita harus memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun perlu kita pertimbangkan dalam strategi pemasaran produk yang baik suatu produk harus memiliki nilai X yang tak dimiliki oleh produk lain, nilai X disini dimaksudkan untuk kelebihan atau hal unik yang terdapat dalam produk kita, keunikan yang akan membuat konsumen berkata hanya produk kitalah yang punya.

Karena dari keunikan tersebut timbul mindset masyarakat yang akan menyebut produk serupa milik kompetitor pada masa akan datang yang mirip denga produk kita dan masyarakat akan menyebutnya dengan merk yang kita punya.

Pentingnya Membangun Nama Produk (Brand)

Brand atau merk dari suatu produk sangatlah penting, dari brand ini kita bisa menjual produk kita dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan produk pesaing kita, tentunya akan mendapatkan keuntungan yang lebih daripada produk lain, hal ini merupakan salah satu strategi pemasaran produk yang sangat efektif yaitu dengan mengenalkan brand atau merk produk kita.

Pernahkah kalian pergi ke Jawa Tengah yang menyebutkan beberapa produk dengan merk atau nama yang sudah terkenal sejak awal, sebagai contoh Honda, produk yang terkenal dengan sepeda motor ini sangatlah kental di Jawa Tengah, bahkan banyak masyarakat yang menyebut sepeda motor merk Yamaha dengan “HONDA”.

Bahkan ada salah satu merk air putih, ya sekedar air putih dengan merk terkenal di Amerika yang dapat menjual dengan harga 40 kali lipat daripada harga air putih biasa, karena mereka telah membangun sebuah nama dari awal dan mengubah mindset masyarakat tentang nama tersebut, inilah yang disebut dengan the power of brand.

Baca Juga : Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Usaha Sampingan

Itulah beberapa tips strategi pemasaran produk baru yang dapat anda terapkan dalam usaha anda, mungkin bagi sebagian pengusaha dalam menentukan strategi pemasaran produk berbeda-beda, itu semua tergantung dengan bagaimana kita memahami arah tujuan dari perusahaan yang kita jalankan.

 

Tunggu, sedang memuat. . .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here