Wawancara kerja merupakan suatu tindakan untuk mengetahui kemampuan seseorang atau calon karyawan dari suatu usaha sebelum orang tersebut resmi menjadi karyawan, kadang bagi sebagian orang wawancara kerja adalah suatu hal yang mengerikan karena dari wawancara tersebut yang menentukan diterima atau tidaknya seseorang menjadi pegawai dari perusahaan.

Biasanya pertanyaan wawancara kerja berhubungan dengan bagian psikolog yang meneliti sikap dan perilaku manusia, karena sikap seseorang sangatlah penting bagi perkembangan perusahaan tersebut, untuk itu banyak perusahaan yang menggunakan jasa psikolog handal untuk merekrut karyawan yang memiliki skil dan kemampuan sesuai standar.

Ada beberapa pertanyaan wawancara kerja di bank, perusahaan nasional, perusahaan swasta maupun usaha kecil menengah yang pasti sering mereka ajukan, dan tipe pertanyaan pada dasarnya sama saja, hanya cara penyampaian dan cara pengucapan kalimatnya yang berbeda, untuk itu berikut beberapa pertanyaan wawancara kerja dan juga jawabannya yang sering diajukan diberbagai perusahaan.

Tips Pertanyaan Wawancara Kerja dan Jawabannya

wawancara kerja wawancara kerja Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Wawancara Kerja
image : blogspot

Bisa ceritakan sedikit tentang diri anda?

Ini adalah pertanyaan wawancara kerja yang umum dipertanyakan, mereka akan bertanya riwayat hidup dan tentang diri kalian, jawablah sesuai kenyataan yang ada jangan terlalu panjang cukup 2 menit, ceritakan sedikit tentang riwayat pendidikan, prestasi, hobi positif, jangan menyebutkan hal yang tidak berhubungan diluar pekerjaan.

Kenapa Mendaftar di Perusahaan Kami?

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur, sebagai contoh “saya mendaftar di perusahaan ini karena saya ingin bergabung dengan tim marketing terbaik” atau “Saya ingin menjadi bagian dari perusahaan hebat dengan produk terbaik di negara ini”. Jangan pernah menjawab dengan pertanyaan jelek akan perusahaan sebelumnya.

Kenapa Mendaftar di Perusahaan Kami, Apakah Perusahaan Yang Lama Membosankan?

Jangan pernah memberikan image negatif akan perusahaan lama kalian, karena hal ini hanya sebuah pancingan, cobalah untuk meyakinkan dengan pertanyaan yang melebihkan tentang kemampuan kalian seperti “perusahaan lama saya memang baik, namun dengan prestasi yang saya miliki saya membutuhkan pengalaman baru untuk meningkatkan kemampuan saya”

Apa Motivasi Anda Untuk Pindah Kerja?

Pertanyaan wawancara kerja ini hampir sama dengan pertanyaan sebelumnya, mencoba untuk menampilkan kemampuan diri.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Cobalah untuk menjawab dengan jujur dengan memberikan jawaban positif terlebih dahulu dan jangan terlalu panjang seperti “Saya orangnya pekerja keras, positif, dan dapat bekerja sama dengan tim” jawaban ini sudah cukup.

Kemudian untuk menjawab kekurangan kalian, cobalah untuk menjelaskan dengan memasukan kelebihan didalam jawabannya, seperti “Saya terlalu senang dengan kesempurnaan, jadi saya selalu berusaha untuk bekerja lebih baik dalam hasilnya, sehingga hal ini merugikan waktu yang seharusnya digunakan untuk hal lain”. Jangan coba untuk menjawab dengan jawaban “saya agak malas” karena jawaban ini sudah pasti kalian tidak lanjut untuk diproses.

Apa Target Jangka Pendek dan Panjang Anda?

Jawab pertanyaan wawancara kerja ini dengan sedikit cepat, hal ini berhubungan dengan tujuan hidup seseorang, jawab saja target jangka pendek biasanya berhubungan dengan karir 1-3 tahun seperti “Jangka pendek saya ingin terus berkontribusi dan dapat meraih prestasi diperusahaan ini sehingga dapat naik satu level di perusahaan”. Sedangkan untuk jangka panjang diatas 5 tahun seperti “ingin menjadi manager dalam bidang yang sudah saya kuasai”.

Berapa Lama Anda Akan Ada di Perusahaan Ini?

Jawablah denga sedikit singkat dan memukau “selama saya masih bisa berkontribusi dan berprestasi menimba ilmu di perusahaan ini saya melihat diri saya bisa dalam waktu yang cukup lama di perusahaan ini”.

Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Sebelum wawancara kerja ada baiknya kalian mencari jawaban berapa standar gaji dengan posisi yang kalian minati tersebut, karena pertanyaan ini adalah pertanyaan wawancara wajib, sebutkan range sudah cukup misalkan antara sekian sampai sekian.

Apakah Ada Yang Ingin Ditanyakan?

Cobalah bertanya minimal satu pertanyaan yang bermutu karena pertanyaan ini biasanya untuk mengetahui apakah kalian memiliki kesiapan dalam melamar kerja di perusahaan tersebut.

Itulah beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan dalam wawancara kerja di bank, perusahaan nasional, swasta, dan yang lain, masih banyak lagi contoh dan variasi pertanyaan wawancara penerimaan karyawan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here