orang tua dan anak

Cara membuat anak lebih baik adalah tanggung jawab dari orang tua sebagai guru abadi untuk anak, orang tua tidak menyerah untuk mendidik anak hingga anak tersebut menjadi baik, berbagai cara membuat anak cerdas dan pandai dilakukan oleh orang tua mulai dari menyekolahkan anaknya hingga menambah pelajaran di luar studinya.

Semua orang tua menginginkan anak yang baik, hormat dengan orang tua dan disiplin dalam hidup, karena masa depan anak tergantung dari tangan orang tua, untuk itu bagaimana cara membuat anak lebih disiplin? Simak tips berikut ini.

Cara Membuat Anak Disiplin Dimulai Dari Kedisiplinan Orang Tua

cara menjadi disiplin
image : pixabay

Cara membuat anak lebih disiplin dimulai dari tindakan dan contoh dari orang tua, orang tua yang menginginkan anaknya disiplin, ia harus mendisiplinkan diri, apalagi bagi masyarakat yang percaya hukum alam bahwa anak adalah cerminan dari orang tua, untuk itu jika kalian ingin memiliki anak yang baik, maka cara membuat anak baik adalah membaikan perilaku sendiri.

Jangan Tegur Ketika Salah, Namun Berilah Solusi Yang Benar Ketika Salah

cara membuat anak
image : pixabay

Orang tua janganlah menegur anaknya dengan kata jelek, cobalah ubah kata atau kalimat teguran kalian, sebagai contoh “Kamu ini bodoh, cuma 4 kali 5 saja tidak tahu !!” cobalah ubah menjadi “Wah hampir benar, coba sini ibu ajarkan bagaimana cara menghitung 4 kali 5”.

Seorang anak akan down dan sulit untuk belajar kembali jika dalam tekanan dan teguran, untuk itu cara membuat anak lebih semangat dalam belajar adalah diberi motivasi dan sedikit pujian, ingat, perkataan orang tua adalah doa dan tujuan untuk anak-anaknya.

Atur Waktunya Dengan Hadiah Jika Dapat Melaksanakan Dengan Baik

bagaimana cara membuat anak
image : blogspot

Cara membuat anak lebih disiplin dan pandai adalah dengan mengatur waktunya, memang anak akan terasa marah jika diharuskan berhenti saat senang bermain dengan kawannya, namun sebuah hadiah akan merubah hal tersebut, hadiah ini akan mendorong si anak lebih giat dalam mematuhi jadwal waktu dari orang tua.

Janganlah Membandingkan Anak Dengan Anak Lain

kebiasaan-orang-indonesia
image : log.viva.co.id

Cobalah lihat diri kita sendiri, bagaimana perasaan kita jika kita dibandingkan dengan orang lain, pasti akan merasa kecewa dan putus asa, begitu juga dengan anak kecil, anak kecil akan lebih kesal jika dibandingkan dengan temannya yang lebih, sebagai contoh ketika ia tidak pandai matematika kemudian kalian membandingkannya dengan anak lain, yang hanya akan anak dapatkan adalah semakin buruk dalam matematikanya.

Ajaklah Anak Untuk Menabung

anak untuk menabung
image : pixabay

Dengan mengajarkan anak menabung maka anak akan terbiasa dengan proses perputaran uang, dengan kebiasaan ini ia akan lebih memahami arti dan pentingnya uang dalam hidup kita.

Ingat, Jika Sudah Menjadi Kebiasaan Maka Akan Sulit Untuk Dihilangkan

makan
image : pixabay

Jika semua cara membuat anak lebih disiplin sudah kalian terapkan, maka semua tindakan yang dilakukan terus menerus akan menghasilkan kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, untuk itu mari bangun kebiasaan baik si anak sejak dini, untuk menjadikan anak lebih baik dalam hidupnya.

Semoga tips bagaimana cara membuat anak menjadi lebih disiplin, pandai dan baik budi pekerti di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here