employee
credit : pixabay

Pernahkah diantara kita yang selalu bahagia jika membeli barang baru, atau memiliki mobil keluaran tahun ini, membeli gadget yang pada akhirnya kita kecewa karena akan ada gadget yang lebih baik lagi keluar hanya dalam waktu 3 bulan saja. Hal tersebut termasuk kepuasan materialistik yang tidak akan ada habisnya.

Ada baiknya kita menggunakan uang kita untuk hal yang abadi berguna dan memang dibutuhkan oleh kita, memberikan kenangan kepada kita dan juga untuk cerita lucu dimasa mendatang kepada anak cucu kita.

Berikut beberapa hal yang perlu anda biayai lebih dan juga 5 hal yang perlu hindarkan (lifehack),

5 Hal Pengeluaran Yang Harus Anda Kurangi

1. Elektronik

Perkembangan teknologi bagitu cepat, bahkan setiap bulan muncul teknologi terbaru. Seperti contoh gadget, gadget yang ada saat ini perkembangan lebih cepat dibandingkan dengan elektronik lainnya, jika anda menginginkan gadget terbaru kita yakini gadget tersebut akan ada yang baru beberapa bulan berikutnya yang membuat gadget lama anda terkesan kuno, semua ini tidak akan ada habisnya kecuali anda membeli sesuai kebutuhan anda.

2. Dekorasi Rumah

Akan ada model dan tema terbaru yang membuat anda tergiur untuk mempercantik rumah anda, dan jika anda selalu mengikuti model dan tema terbaru desain rumah pertahun bisa kita bayangkan berapa uang yang perlu kita keluarkan untuk hal ini, coba rubahlah dekorasi rumah anda sesuai persetujuan anggota rumah, kolaborasi antara beberapa orang akan menghasilkan rumah yang nyaman dan indah jika dipandang.

3. Mobil Dan Kendaraan Pribadi Lain

Tidak berbeda jauh dengan elektronik karena jika anda selalu mengikuti model terbaru dari mobil anda, anda hanya akan membuang banyak uang untuk hal ini, selisih antara kendaraan baru dan bekas terpaut cukup banyak, bisa kita bayangkan jika membeli mobil baru 150 juta dengan menjual mobil bekas kita 100 juta, kita harus menambah 50 juta. Dengan 50 juta kita dapat melakukan hal yang lebih berguna untuk keluarga daripada hanya untuk mengurusi mobil terbaru.

4. Fashion

Banyak majalah fashion yang menampilkan model baju terbaru, model rambut terbaru, berapa model perbulan mucul jika kita mengikuti mode terbaru, lebih bijak dalam fashion.

5. Perhiasan

Ada baiknya jika perhiasan yang kita gunakan juga sebagai alat investasi seperti emas dan yang lain, namun jika perhiasan yang kita gunakan tidak memiliki nilai jual hanya akan menjadi sampah dikemudian hari karena kemunculan model perhiasan terbaru begitu cepat yang membuat kita harus meninggalkan perhiasan lama ke perhiasan yang lebih baru.

Keluarkanlah Uang Anda Untuk 5 Hal Ini

1. Pendidikan

Seberapa penting pendidikan bagi kita? mungkin bagi yang masih muda masih belum memikirkan seberapa penting pendidikan bagi kita, namun bagi mereka yang sudah tua begitu kecewa ketika tua mereka tidak dibekali dengan pendidikan, banyak orang tua yang menempuh pendidikan baru di universitas hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Jika anda berpikir bahwa pendidikan tidak penting karena anda seorang wirausaha, anda akan merasakan pendidikan sangatlah penting jika usaha anda sudah besar dan bersaing dengan perusahaan lain yang memiliki sumber daya manusia tinggi.

Jangan ragu untuk mengelurakan uang banyak untuk pendidikan bagi kita maupun anak-anak kita, karena pendidikan akan menuntun hidup seseorang ke jalan yang benar.

2. Travelling

Pengalaman abadi dapat diambil saat kita travelling, menjelajahi dunia baru dan mendapatkan pengalaman baru, melihat keindahan sunrise dari puncak gunung, menikmati keindahan pariwisata dalam maupun luar negeri dan hal lain. Memang travelling tidak semahal membeli mobil, namun travelling memberikan arti hidup kita.

3. Musik

Musik bisa membuat dan mengubah perasaan kita, keajaiban musik dapat mengenang suatu keadaan di masa lalu, menurut penelitian musik juga dapat mencerdaskan otak kita, menyemangati hari seseorang dan juga sebagai sebuah pekerjaan bagi sebagian orang.

4. Buku

Buku adalah jendela dunia, banyak buku yang memberikan kita pengalaman maupun ilmu pengetahuan, jika kita tahu rahasia sebuah buku sebagai contoh buku biografi tokoh sukses yang telah melewati beberapa rintangan kegagalan, tokoh sukses tersebut mengalami apa yang ditulis dalam buku selama bertahun-tahun, sedangkan kita dapat mengambil pelajaran dari buku tersebut hanya dalam waktu berjam-jam.

5. Makanan

Mencoba kuliner di tempat baru sebagai bahan belajar memasak di rumah lebih penting dibanding kita harus membeli tas baru. Memasak makanan sehat untuk kebugaran tubuh, membeli buah untuk meningkatkan nutrisi keluarga lebih penting daripada kita harus membeli cat terbaru untuk rumah.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here