Mengelola-Keuangan

Selama bulan Ramadhan, pengeluaran kita sering tidak terkendali di tambah dengan naiknya harga kebutuhan pokok.  Bagi kamu yang anak perantauan ataupun sudah berkeluarga pasti mengerti dengan hal tersebut,  maka dari itu bagimanakah menyiasati keangan anda agar tidak jebol selam bulan puasa?

Berikut Tips Mengelola Keuangan di Bulan Puasa

Ubah Pola Pikir

Ubahlah pola pikir kamu, kamu tidak perlu mengkonsumsi makanan yang berlebihan atau lebih enak daripada biasanya ketika berbuka puasa. Pada hakikatnya menjalankan ibadah puasa merupakan media belajar untuk memahami keadaan saudara saudara kita yang kurang mampu dan untuk mengekang hawa nafsu. Oleh karena itu akan lebih baiknya kamu berbuka dengan menu yang sederhana.

Berbuka puasa bersama

Ketika bulan ramadhan tiba pastinya udangan untuk berbuka  puasa bersama tidak lah sedikit, yang menjadi masalah adalah ketika begitu banyak udangan yang harus di hadiri membuat pengeluaran keuangan menjadi membengkak. Memang gak ada salahnya menjalin silaturohim bersama teman ataupun kerabat, akan tetapi jika keuangan kamu terbatas pilihlah undangan yang sekiranya bermanfaat unutk kamu hadiri dan usahakan tempat berbuka puasa di adakan di tempat yang sederhana.

Sisihkan Uang Kamu Untuk Beramal

Ketika semua kebutuhan pokok sudah tercukupi ada baiknya sisihkan sebagian uang kamu untuk beramala. Kita sudah mengetahui bahwa beramal pada hakikatnya tidak mengurangi harta kita malah justru menambah uang kita. Apalagi selama bulan ramadhan amal ibadah kita akan dilipat gandakan.

Budget untuk berbuka puasa

Selain buka dengan menu yang sederhan , budget untuk berbuka puasa juga harus anda kelola. Dimulai dari perkirakan akan ada berapa acara buka bersama  yang harus kita hadiri, selanjutnya tinggal kita tentukan bujet untuk buka puasa selain buka bersama. Apabila uang kamu tidak cukup maka kurangilah acara buaka bersama.

Planing Lebaran

Meskipun masih  bulan puasa, akan lebih baik memperkirakan kebutuhan di saat lebaran nanti. Pasalnya kebutuhan ketika lebaran pasti akan lebih banyak. Tidak ada salahnya kamu mengolah keuangan yang kamu miliki dari saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here