SHARE

Sahabat gelut kenal dengan Danau Toba? Pasti kenal dengan danau terbesar di Indonesia dan cukup terkenal di kanca Internasional ini.

Danau ini terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Merupakan salah satu danau terbesar di Asia Tenggara dimana ditengahnya terdapat sebuah pulau bernama pulau Samosir.

Asal Mula Danau Toba

danau toba

Danau Toba adalah sebuah danau yang terbentuk oleh ledakan gunung berapi super besar pada 73.000 – 75.000 tahun yang lalu. Letusan ini yang mengakibatkan kematian masal dari beberapa mahluk hidup.

Beberapa tim peneliti telah menemukan adanya DNA yang menyebutkan bahwa akibat dari letusan gunung tersebut. Hampir mengurangi 40 persen populasi dan merubah iklim yang ada di bumi ini.

Letusan inilah yang sedang diteliti oleh banyak ilmuan yang mengakibatkan perubahan iklim dunia saat ini. Menurut hasil penelitian sekitar 50 hingga 100 ribu tahun yang lalu manusia sempat terancam punah oleh letusan Gunung Toba.

Abu letusan ini konon menutupi hampir sebagian Bumi sehingga cahaya matahari tidak bisa menuju ke Bumi hampir 6 tahun lamanya. Suhu bumi pada saat itu turun hingga 2 derajat Celsius. Hal ini diperkirakan terjadi pada zaman es (Ice Age).

Dari letusan tersebut pula terbentuklah sebuah danau yang kita kenal dengan tempat wisata Danau Toba. Semasa kecil kita pasti pernah diceritakan tempat ini salah satunya yang paling terkenal dengan adanya pulau samosir.

Cerita Rakyat dan Legenda Danau Toba

Namun jika dibandingkan dengan cerita rakyat tentang legenda Danau Toba memang berbeda dengan penelitian yang ada. Cerita danau toba menyebutkan seperti berikut ini.

Pada zaman dahulu hiduplah seorang yang beranama Toba, Toba hidup di lembah subur. Lembah subur tersebut digunakan untuk bercocok tanam. Selain itu disekitarnya juga dialiri oleh banyak sungai yang penuh dengan ikan. 

dongeng danau toba

Pada suatu sore ia memancing di sungai. Namun tidak seekor ikanpun ia dapatkan, hal ini sungguh aneh karena biasanya ikanya sungguh banyak. 

Karena putus asa ia kemudian menarik kailnya dan tiba-tiba kail tersebut disambar ikan yang cukup besar. Setelah ikan tersebut ditarik kemudian dibawanya kerumah untuk dimakan nanti malam.

cerita rakyat danau toba

Ketika sampai dirumah tiba-tiba ikan yang tadi ditangkap berubah menjadi kepingan emas. Tidak hanya itu, terdapat seorang wanita di dalam kamar toba yang sedang menyisir rambut.

Wanita tersebut sungguh cantik hingga membuat Toba jatuh hati padanya. Ia menjelaskan jika kepingan emas tadi adalah sisiknya. 

cerita rakyat

Karena tergoda oleh kecantikannya membuat Toba melamar gadis tersebut. Namun wanita tadi memberikan syarat agar bersumpah tidak menyebarkan asal usul si wanita tadi. Toba pun menyetujuinya, akhirnya mereka berdua hidup bersama.

Setahun kemudian mereka dikaruniai anak laki-laki yang diberi nama Samosir. Hari beranjak dewasa Samosir pun sering disuruh oleh ibunya.

Hingga suatu hari Samosir disuruh oleh ibunya untuk mengirimkan nasi ke ladang ayahnya. Ditengah jalan saat mengantar nasi sebagian makanan ayahnya ia makan. 

Setelah sampai di ladang ayahnya sudah menunggu lama dengan rasa lapar yang begitu besar. Namun ayahnya kaget ketika membuka kiriman ibunya tinggal sedikit. Ayahnya memarahi Samosir, apalagi Samosir mengatakan jika ia memakan sebagian makanannya.

Karena saking marahnya si ayah langsung membentak Samosir dengan mengatakan “Dasar Anak Ikan”. Kata-kata ini terdengar oleh ibunya.

asal usul danau toba

Toba melanggar sumpah janji yang sudah di isyaratkan oleh wanita tadi. Karena hal ini sang ibu pun marah kemudian menyuruh anaknya untuk mencari tempat yang tinggi untuk berlindung. Wanita tadi menghempaskan tubuhnya ke sungai dan terjadilah banjir bandang besar.

Air tersebut membuat genangan yang sangat besar dan terbentuklah Danau Toba. Juga pulau yang digunakan untuk berlindung si-anak tadi dinamakan pulau Samosir di tengah danau Toba. 

Itulah legenda Danau Toba yang sering kita dengan waktu kecil. Berasa kembali ke masa kecil ya? hehe. Ada cerita rakyat yang lain lho bisa baca juga Legenda Sangkuriang Jawa Barat, jika memang anda suka cerita rakyat.

Tidak hanya cerita dan legenda itu saja, ternyata juga terdapat misteri Danau Toba yang berkembang di masyarakat. Misteri mengerikan mulai dari tangisan misterius hingga penampakan Ikan Mas super besar.

Misteri ini akan dibahas di halaman ke-2.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here