SHARE

Misteri Gunung Bromo belum banyak diketahui oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan Bromo terkenal akan keindahannya. Mereka yang datang ke Bromo adalah untuk berwisata menikmati keindahan Wisata Bromo.

Wisata Bromo terletak di Kabupaten Pasuruan, Malang, Probolinggo dan Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Tempat wisata satu ini sungguh terkenal dikarenakan lokasi keindahan yang sungguh mempesona.

Namun tahukah kamu ternyata ada beberapa misteri Gunung Bromo yang terkenal di masyarakat sekitar. Mungkin dari beberapa misteri ini belum kita ketahui karena hanya berkembang di masyarakat sekitar. Salah satu yang terkenal adalah adanya pasir hisap yang menjadi kisah nyata gunung Bromo ini.

Namun sebelum kita menginjak ke misteri yang berkembang di masyarakat tetang Gunung Bromo. Mari kita simak sejarah singkat tentang Gunung Bromo.

Asal Usul dan Sejarah Gunung Bromo

Gunung bromo banyak dikaitkan dengan adanya seorang dewa yang konon dulu sering singgah di tempat tersebut. Ia adalah Dewa Brahma, salah satu dewa dalam kepercayaan umat Hindu. Dari peristiwa tersebut sehingga tempat wisata ini memiliki nama Bromo.

Bagi masyarakat sekitar, salah satunya Suku Tengger memiliki kepercayaan bawah tempat ini adalah kawasan suci. Setiap tahun ada ritual atau upacara adat yang dinamakan Yadnya Kasada atau Kasodo.

misteri gunung bromo
Kasada Bromo, salah satu ritual tahunan di Tempat Wisata Gunung Bromo

Upacara tersebut sering dilakukan pada hari ke 14 – 15 bulan Kasodo (Ke-sepuluh) menurut penanggalan jawa. Pada tanggal tersebut pula orang banyak mengunjungi tempat tersebut sebagai acara rutin Wisata Bromo.

Misteri Gunung Bromo Yang Beredar di Masyarakat

Pasti dari sahabat gelut sudah tidak sabar lagi nih untuk mendengar apa saja misteri yang terdapat di Gunung Bromo. Bagi sebagian orang ada yang percaya maupun tidak, namun setidaknya hal ini menjadi informasi jika dunia memang ada hal gaib.

Tapi dengan adanya hal tersebut tidak menyurutkan niat kita ke tempat tersebut sahabat. Karena pasti di semua tempat ada penunggunya. Oke apa saja misteri dan kisah nyata gunung bromo yang pernah berkembang di masyarakat? Berikut beritanya.

Kisah Nyata Pasir Hisap di Gunung Bromo

kisah nyata gunung bromo
Ilustrasi pasir hisap

Jika kalian pernah pergi ke Tempat Wisata Gunung Bromo, mungkin kalian tahu akan indahnya padang savana di sekitar tempat tersebut. Ternyata pernah berkembang di masyarakat jika adanya pasir hisap di beberapa titik lokai tempat tersebut.

Entah hoak atau sekedar gosip namun yang masyarakat percaya jika pasir hisab ini yang tahu hanya juru kuncinya. Namun dari sekian misteri gunung bromo yang beredar belum ada kasus akan adanya pasir hisap ini.

Cerita Hantu di Gunung Bromo

penampakan di gunung bromo
Ilustrasi penampakan

Lagi lagi cerita hantu yang bikin bulu kuduk merinding nih sahabat gelut. Jika sebelumnya kita pernah bahas cara melihat hantu di berbagai wilayah Indonesia. Kali ini kita akan bahas cerita hantu di Gunung Bromo.

Pernah ada cerita yang berkembang dimasyarakat jika dulu ada orang yang tanpa sengaja melihat penampakan mahluk halus. Juru kunci mengatakan jika hal tersebut berhubungan dengan adanya istana ghaib 18 tingkat yang berada di sekitar gunung bromo.

Misteri Istana 18 Tingkat di Gunung Bromo

tempat wisata gunung bromo

Misteri istana ghaib yang menjulang 18 tingkat ini banyak dipercaya oleh masyarakat sekitar. Jika kalian datang ke tempat wisata Bromo dan bertanya akan misteri istana ini, masyarakat sekitar pasti mengiyakan hal tersebut.

Mitos yang berkembang di masyarakat sekitar jika yang membangun tempat tersebut adalah Ki Bromo. Mitos menyebutkan jika Bromo sedang terjadi erupsi maka Ki Bromo sedang melanjutkan pembangunannya.

Namun tidak bagi warga tengger. Mereka bersyukur ketika bromo mengalami erupsi karena  tanah mereka akan semakin subur.

Misteri fenomenal yang lain adalah adanya AGAR GHAIB yang akan kita bahas di HALAMAN KE 2

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here