SHARE

Tanjakan Emen merupakan tempat terjadinya banyak kecelakaan. Banyak misteri tanjakan Emen yang berkembang. Hal ini menjadi Mitos mengerikan tentang jalan penuh misteri ini.

Tanjakan ini terletak di Subang, Jawa Barat. Tempat ini banyak menjadi bahan perbincangan karena banyaknya kecelakaan yang terjadi di tempat ini. Ada juga acara misteri di Televisi yang menayangkan tempat Tanjakan Maut ini.

tanjakan emen

Masyarakat banyak mengaitkan kejadian ini dengan hal mistis. Banyak kejanggalan yang terjadi di tanjakan ini mulai dari kecelakaan kecil hingga kecelakaan yang menewaskan banyak orang.

Apalagi baru baru ini sahabat gelut pasti mendengar akan berita kecelakaan yang menewaskan 27 orang. Tidak hanya itu, 18 orang juga luka berat dan ringan. Kejadian ini menjadi kecelakaan terparah di tahun 2018.

kecelakaan di tanjakan emen

Tidak hanya itu, menurut warga sekitar ternyata hampir setiap minggu ada kecelakaan di tempat tersebut. Selain jalanya yang menurun dan menikung, kewaspadaan pengendara diuji di tempat ini.

Sejarah dan Asal Usul Nama Tanjakan Emen

Ada beberapa versi yang menyebutkan sejarah dari Tanjakan Emen ini. Pertama dikutip dari kotasubang.com menyebutkan nama si emen merupakan seorang kernet bus. Ia tewas di tempat tersebut pada tahun 1969.

Suatu ketika ada bus dengan nama bunga yang mogok di tempat tersebut. Emen mencoba untuk mengganjal bus tersebut agar tidak mundur. Namun bus tetap mengglundung dan menyeret Emen hingga tewas.

Asal usul Tanjakan Emen yang ke-2 adalah Si Emen merupakan korban tabrak lari di tanjakan tersebut. Mitos menyebutkan jika korban tabrak lari tadi bukannya di tolong malah di sembunyikan di antara pepohonan sekitar.

Versi asal usul nama tanjakan yang ke-3 adalah jika Si Emen merupakan seorang sopir oplet jurusan Subang – Bandung. Pada tahun 1964 dimana oplet yang dikendarai Emen mengalami kecelakaan dan terbakar.

asal usul tanjakan emen

Cerita Tanjakan Emen yang paling mendekati fakta adalah ketika pengakuan seorang anak dari Si Emen. Ia menuturkan jika bapaknya merupakan supir oplet Subang – Bandung.

Ketika itu oplet yang dikendarainya mengalami rem blong yang kemudian menabrak tebing. Oplet tersebut terbakar dan yang selamat hanya 2 orang.

Bapak saya waktu itu tidak meninggal di sana. Saat kecelakaan ia langsung dibawa ke Rumah Sakit Ranca Badak dan kemudian meninggal. Bapak dimakamkan di daerah Jayagiri, Lembang.” Tuturnya.

Mitos Tanjakan Emen di Masyarakat

misteri tanjakan emen

Karena banyak kejadian kecelakaan yang terjadi di tempat tersebut timbulah beberapa mitos di masyarakat.

Masyarakat masih menghubungkan tanjakan ini dengan hal mistis. Ada tradisi untuk melempar rokok bagi supir yang melewati tempat tersebut. Ada juga yang menyebutkan untuk membunyikan klakson.

Selain mitos di atas ada juga yang percaya untuk membuang koin ketika melewati tersebut.

Tapi yang paling mujarab bagi mimin adalah selalu berdoa kepada Tuhan sebelum kita berkendara. Karena apapun itu mitosnya, Tuhan adalah Maha Segalanya.

Misteri Tanjakan Emen Sehingga Banyak Terjadi Kecelakaan

Misteri yang berkembang di masyarakat tidak luput dari cerita asal usul dari Tanjakan Emen itu sendiri. Masyarakat percaya jika banyaknya kecelakaan yang mengakibatkan nyawa melayang membuat tempat tersebut kental akan hal mistisnya.

Bahkan acara televisi juga menayangkan tentang misteri tanjakan emen ini. Yang belum nonton bisa lihat video di bawah ini.

Acara dua dunia itu sudah tayang sejak tahun 2013 dan saat ini masih populer.

Bahkan ada cerita di masyarakat sekitar tentang tanjakan angker ini. Saat pemerintahan Hindia Belanda ada truk yang membawa tentara Belanda yang melewati tanjakan ini. Namun truk tersebut mengalami kecelakaan.

tentara pemerintahan belanda

Saat kecelakaan tersebut para tentara mengalami luka-luka. Walau hanya luka namun mereka akhirnya ditawan dan kemudian dibunuh oleh gerilyawan.

Memang ketika kita membaca cerita ini banyak tempat yang memiliki mitos tersendiri. Hal serupa juga terjadi di Jalan Alas Roban yang banyak menyimpan misteri kecelakaan.

Di dunia ini memang kita harus percaya dengan adanya alam ghaib. Namun tidak serta merta kecelakaan di Tanjakan Emen berhubungan dengan hal ghaib. Semua tempat pasti ada mahkluk yang mendiaminya.

Apalagi jika kita lihat rute Tanjakan Maut ini memang cukup sulit. Jalan berkelok dan turunan tajam membuat banyak pengendara yang lengah kecelakaan di tempat ini.

Sebagai manusia yang beragama kita hanya wajib untuk selalu berdoa. Memohon kepada Tuhan agar selalu diberi keselamatan dan kesehatan.

Jangan lupa share ke teman kita untuk memberikan semangat bagi mimin update artike setiap hari yaaah !!

 

Sumber Referensi : liputan6.com, Tribunews.com, Jawapos

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here