Lubang Buaya salah satu tempat penuh sejarah dimana tempat ini merupakan bukti nyata perjuangan para pahlawan Indonesia. Tempat wisata Lubang Buaya ini menjadi tempat sejarah dan museum yang banyak dikunjungi.

Tempat ini merupakan saksi sejarah pembuangan para korban G30SPKI yang terletak di Kelurahan Lubang Buaya, Kec. Cipayung, Jakarta Timur. Tempat ini dulunya merupakan tempat pelatihan milik Partai Komunis Indonesia.

Pasti dari #sahabatgelut disini jika mendengar tempat ini maka dibenak pikiran yang muncul adalah keangkeran sumur. Sumur bekas jasad para korban Gerakan 30 Sepetember 1965.

Masih penasaran dengan tragedi tersebut? bisa simak video di bawah ini. Hati-hati video di bawah ini tanpa sensor lho.

Tempat Wisata Penuh Sejarah

Jika #sahabatgelut mengunjungi tempat ini pasti langsung disuguhi dengan pemandangan tujuh pahlawan revolusi. Dimana di atasnya terdapat patung garuda yang besar. Jika melihat video di atas pasti kita akan merasa sedih atas penyiksaan keji PKI.

sejarah lubang buaya

Ketujuh jenderal tersebut adalah J. Ahmad Yani, J. Siswandono Parman, J. Suprapto, J. Sutoyo Siswomiharjo, J. MT Haryono, J. Donald Ifak Panjaitan, dan Kapten Pierre Andreas Tendean.

Jenazah dari Jendral di atas sudah dipindah ke Taman Makam Pahlawan yang terletak di Kalibata, Jakarta Selatan.

Ada kata kata di bawah patung yang menarik nih #sahabatgelut yaitu terdapat kalimat :

Waspada….dan mawas diri, agar peristiwa sematjam ini tidak terulang lagi

Sumur Lubang Buaya

Menjadi perhatian utama adalah sumur dari tempat ini #sahabatgelut. Ketika kalian datang ke tempat ini pasti akan melihat sumur kecil yang dihiasi lampu merah menyala ke atas.

sumur lubang buaya

Isi dari lubang buaya tersebut memang dihiasi dengan lampu merah untuk menandakan ke-ngerian tempat ini. Bagaimana tidak, beberapa jenazah jenderal di atas dimasukan kedalam sumur dengan ukuran di atas.

Kedalaman Lubang Buaya ini berkisar 13 meter, diameternya sendiri hanya cukup untuk badan satu orang saja. Jadi jika jenderal di atas dikubur dalam sumur ini maka posisinya bertumpuk tindih.

Suasana Wisata Lubang Buaya

Selain itu di dalam museum ini juga terdapat beberapa rumah dan patung-patung yang menggambarkan penyerangan dari PKI. Patung-patung ini memperagakan kekejian dari PKI saat menganiaya para jenderal.

kisah mistis lubang buaya

Selain itu juga terdapat cerita dan foto dari pembantaian tersebut. Yang paling menakutkan menurut Gelut Medok adalah foto saat pengangkatan jenazah yang juga ditampilkan di museum tersebut.

Kunjungan yang sering dilakukan adalah para siswa dari penjuru nusantara untuk datang di sini. Hal ini dimaksudkan untuk edukasi para pelajar Indonesia dalam mengenang peristiwa G30SPKI.

Kisah Mistis Lubang Buaya

Kisah mistis lubang buaya ini sempat banyak muncul di berbagai media dan masyarakat. Salah satunya yang paling terkenal adalah jeritan yang muncul dari sumur.

Seperti yang dikutip dari yukepo.com pernah ramai diperbincangkan dimana salah seorang pria warga sekitar pernah merasakan kisah horor di tempat ini. Pria tersebut sedang duduk di sekitar sumur tiba-tiba terdengar suara jeritan minta tolong. Saat mendekati sumur suara tersebut semakin menghilang.

Juga pernah terjadi yang diliput oleh beberapa media nih #sahabatgelut dimana ada seorang wisatawan yang tiba-tiba berteriak misterius. Katanya ia melihat sosok tentara dengan wajah yang rusak dekat dengan lokasi tersebut.

Pernah juga diadakan acara uji nyali atau hal yang berhubungan dengan dunia ghaib di tempat ini. Namun kerasukan dan kesaksian para saksi sungguh menghebohkan, bisa cari tuh di youtube tentang uji nyali di tempat ini.

Yang lebih aneh lagi adalah aroma yang berubah dalam hitungan detik. Dalam waktu-waktu tertentu penjaga museum ini sering mendapatkan laporan dari wisatawan jika dalam waktu tertentu aroma berubah aneh dan dalam waktu singkat.

Itulah beberapa kesaksian tentang kisah mistis dari tempat wisata sejarah Lubang Buaya. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa share ke teman ya #sahabatgelut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here