misteri patung pancoran

Patung Pancoran atau Patung Dirgantara ternyata menyimpan sedikit misteri yaitu misteri arah menghadap patung pancoran. Misteri ini banyak dibicarakan oleh kalangan anak muda pada saat ini. Bagi #sahabatgelut pasti banyak bertanya kenapa patung pancoran menghadap seperti pada saat ini?

Patung pancoran sendiri memiliki tinggi 11 meter ditambah 27 meter kaki patung. Tahukah #sahabatgelut jika patung ini dirancang oleh seorang pemahat patung asal Yogyakarta. Ia adalah Edhi Sunarso, dimana atas permintaan dari Bung Karno patung ini menghabiskan biaya sekitar 12 juta.

Namun #sahabatgelut apakah tahu ternyata patung ini menyimpan banyak teka teki tersembunyi lho.

Misteri Arah Patung Pancoran (Patung Dirgantara)

misteri arah patung pancoran

Menurut beberapa cerita patung ini menunjuk ke suatu tempat, dimana Bung Karno menyimpan harta karun. Ada juga yang mengatakan jika patung ini menghadap ke Pelabuhan S. Kelapa.

Ada tidak ini dari #sahabatgelut yang suka dengan teori konspirasi? banyak pecinta teori konspirasi yang mengatakan jika patung ini menyimpan banyak misteri dan teka teki.

Mulai dari bentuk tugu patung yang melengkung hingga arah acungan tangan dari patung pancoran itu sendiri. Namun ternyata ada jawaban yang sedikit realistis dari semua teka teki di atas.

Seperti yang dilansir dari jakarta.go.id (17/9/15). Patung tersebut menunjuk pada arah utara dimana tempat tersebut adalah Bandara Internasional Kemayoran. Bandar Udara tersebut merupakan bandara kelas Internasional yang dimiliki oleh Jakarta.

Nama Patung Dirgantara

patung dirgantara

Selain merujuk pada arah dari patung tersebut. Nama patung Dirgantara juga diambil karena letak posisi dari patung ini berdiri. Yaitu berada di depan Wisma Aldiron Dirgantara.

Dulu kala Wisma Aldiron Dirgantara ini merupakan salah satu Markas Besar TNI Angkatan Udara.

Selain itu Lokasi patung ini berdiri juga sangatlah bagus karena menggambarkan selamat datang untuk kedatangan dari Bandar Udara Halim Perdanakusuma.

Arti Sesungguhnya Patung Pancoran

Patung pancoran sendiri memiliki makna yang menunjukan keperkasaan Bangsa Indonesia di bidang Dirgantara. Lambang patung tersebut menggambarkan Bangsa Indonesia jujur, berani dan penuh dengan semangat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here